Connect with us

HP GK300 Mechanical Keyboard Review

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review

Peripheral

HP GK300 Mechanical Keyboard Review

HP GK300 Mechanical Keyboard Review

INIGAME.ID Industri gaming yang semakin seksi, membuat semakin banyak vendor-vendor komputer menerjunkan dirinya ke sektor ini melalui berbagai jalur. Salah satu contohnya adalah perusahaan asal Amerika, HP yang diam-diam meluncurkan lini produknya untuk sektor gaming.

Tidak butuh waktu lama untuk lini produk ini masuk ke Indonesia. Beberapa waktu lalu, INIGAME telah mendapatkan beberapa unit dan jenis gaming peripheral besutan HP yang bahkan sudah mulai dipasarkan di dalam negeri.

Bagi para gamers yang mengikuti perkembangannya, mungkin menduga bahwa produk yang dibahas di sini adalah Omen, lini gaming besutan HP. Akan tetapi, yang akan dibahas di sini bukanlah perangkat Omen, melainkan perangkat gaming “standar” yang langsung diluncurkan oleh HP.

Perangkat yang akan dibahas kali ini adalah HP GK300 mechanical keyboardKeyboard ini digadang merupakan seri tertinggi yang dihadirkan HP di Indonesia. Seperti apa performanya? Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Unboxing

Publik mungkin mengenal HP sebagai brand komputer konvensional yang hanya bermain di ranah office atau multimedia. Kini, saat masuk ke lini gaming, kesan profesional ini masih tergambar jelas dari penampakan kotak pembungkusnya yang terlihat sederhana dengan warna biru dan putih tanpa dipenuhi dengan ornamen-ornamen yang melimpah—seperti yang ditemui pada kotak peripheral brand lain.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(1)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review

Di bagian atas dan bawah kotaknya, gamers dapat melihat gambar penampakan keyboard yang dilengkapi dengan beberapa informasi mengenai fitur yang dimiliki olehnya.

Ketika kotaknya dibuka, gamers akan langsung dapat melihat penampakan unit keyboard-nya yang dilapisi dengan lembaran polyfoam dan sepasang styrofoam untuk menjaganya dari benturan.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(2)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Unboxing

Terdapat juga buku manual yang berisi informasi mengenai cara pengoperasian keyboard ini lengkap dengan fungsi-fungsi yang dapat diakses melalui kombinasi tombolnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Ketika pertama kali melihat unit keyboard-nya, gamers akan dapat langsung melihat bahwa GK300 merupakan keyboard berukuran jumbo dengan layout full size. Tidak hanya itu, bertolak belakang dengan kotaknya yang didesain secara sederhana, unit keyboard ini justru dihiasi dengan bagian dan sudut-sudut tajam yang membuatnya terlihat gahar.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(3)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Penampakan Atas

Tekstur-tekstur ini disematkan di sekujur sisi kanan dan kiri bagian atas maupun bagian bawah keyboard ini. Bicara tentang bagian bawah keyboard-nya, gamers juga akan menemukan lima buah lapisan karet untuk menjaganya stabil di atas meja, dan sepasang kaki penopang yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemiringan keyboard.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(8)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Penampakan Bawah

Tidak hanya dari segi tampilan, HP juga berusaha mengejar kenyamanan para penggunanya dalam melakukan aktivitas mengetik melalui kehadiran palm rest berukuran kecil yang mungkin akan berguna bagi beberapa orang.

HP GK300 dilengkapi dengan backlight LED mencapai 16 juta warna dan dapat diatur efeknya langsung melalui kombinasi tombol di keyboard ini. Di sisi kanan atas, gamers juga dapat menemukan beberapa lampu indikator untuk fungsi umum seperti Caps Lock, Num Lock, Scroll Lock, dan Windows Lock.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(4)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Penampakan Atas

Bicara tentang keyboard-nya sendiri, HP GK300 memiliki dua varian dengan warna berbeda, yaitu hitam dan putih-emas. Dan dari segi fisiknya, keyboard ini memiliki dimensi sekitar 48,6 x 18 x 4,3 cm dan bobot sekitar 1,4 kg.

Keycaps

Beralih ke keycaps-nya, HP menghadirkan keycaps dengan desain dan jarak yang standar dan terasa nyaman untuk digunakan dalam mengetik. Desain tulisan yang disematkan di atasnya juga terlihat besar dan sangat jelas.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(9)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Keycaps

Tidak ada oranamen maupun lekukan berlebihan yang disematkan dalam keycaps-nya ini. Sehingga tidak akan ada hambatan saat keyboard ini digunakan baik untuk kebutuhan bermain game maupun mengetik.

Switch

HP GK300 dilengkapi dengan Gateron Blue mechanical switch yang dirancang untuk kebutuhan mengetik. Bagi yang belum tahu, switch ini terkesan berisik, akan tetapi performanya terbilang sangat memuaskan.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(5)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Switch

Satu hal menarik lain adalah, ketika keycaps-nya dibuka, gamers akan menemukan lapisan membrane yang membungkus mechanical switch ini. Selain berguna untuk membuat switch menjadi sedikit lebih empuk, kehadiran membrane berwarna putih susu ini juga membuat backlight keyboard ini terlihat berpendar secara lebih merata.

Macro & Tombol Lainnya

Meskipun mengusung bentuk yang terbilang sangat bongsor, sayangnya keyboard ini tidak dibekali dengan tombol yang dikhususkan untuk macro.

Tidak hanya itu, seluruh tombol di keyboard ini juga tidak dapat diprogram sehingga mungkin akan menjadi sebuah kekurangan yang cukup berarti bagi para gamers.

Selain untuk mengetik, tombol-tombol di keyboard ini dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur kustomisasi efek backlight yang memiliki cukup banyak variasi, serta fungsi multimedia yang dapat diakses menggunakan kombinasi antara tombol Fn dengan F1-F7.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(6)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Tombol

Secara spesifik cukup disayangkan HP tidak menyertakan lambang multimedia dalam tombol F1-F7, sehingga menyulitkan para pengguna yang ingin mengakses fungsi multimedia dalam keyboard ini.

Kabel

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(10)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Kabel

HP GK300 dilengkapi dengan kabel USB dengan panjang 180 cm. Kabel ini juga telah dilengkapi dengan lembaran velcro sehingga memudahkan para gamers untuk menggulung kabelnya dengan rapi.

Pengalaman Pemakaian

Saat pertama kali melihat, menyentuh, dan mengangkatnya, satu hal yang bisa langsung dipastikan dari keyboard ini adalah, GK300 bukan untuk para gamers yang gemar berpergian.

Ukurannya yang demikian besar dan bobotnya yang terbilang berat, membuat keyboard ini lebih cocok untuk sekadar “dibeli, diletakkan di atas meja, dan jangan pernah dipindah-pindah lagi”.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(7)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review

Dari sisi positifnya, karena dimensi yang besar dan bobot yang berat ini, kita semua dapat langsung menilai bahwa keyboard ini terlihat sangat kokoh dan tangguh.

Sayangnya saat coba diketuk di bagian bawahnya, terdapat sedikit kesan “kosong” di dalam keyboard ini yang membuatnya kurang terasa solid.

 

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(12)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Saat Dibuka

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(11)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Saat Dibuka

Ketika coba dibongkar, memang ternyata dimensi besar dari GK300 ini sebagian besar disumbangkan dari casing-nya saja. Komponen utama keyboard-nya sendiri sebenarnya cukup solid dan kecil dengan hanya memiliki dimensi sekitar 43 x 12 x 3 cm. Jikalau HP menggunakan casing yang lebih padat, tentu dimensi keseluruhan dari keyboard ini bisa dipangkas menjadi lebih ramping.

Masuk ke dalam pengalaman pemakaiannya, HP GK300 dengan sangat baik berhasil menghadirkan pengalaman mengetik yang memuaskan. Tidak hanya karena kekokohannya body-nya yang mampu membuatnya berdiri stabil di atas meja, dari segi sudut kemiringan pun, keyboard ini dirancang dengan sangat pas.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(13)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Saat Mengetik

Sayangnya, desain palm rest yang dihadirkan oleh HP untuk keyboard ini terasa sangat tanggung. Belum lagi sisi bagian ujung palm rest yang dibuat sangat curam sehingga membuatnya sama sekali tidak mampu menjadi sandaran yang baik untuk telapak tangan.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(14)

INIGAME STOCK IMAGE: HP GK300 Mechanical Keyboard Review

Tampil maksimal saat digunakan untuk mengetik, hal yang sebaliknya justru ditemukan saat HP GK300 digunakan dalam aktivitas bermain game. Kehadiran Gateron Blue mechanical switch sayangnya membuat keyboard ini sedikit sulit untuk digunakan. Gateron Blue switch yang memiliki sifat berat dalam penekanannya, membuat pergerakan jari sedikit banyak akan tertahan sehingga berujung pada pengurangan kecepatan dan kelelahan jari dalam bermain dalam waktu yang lama.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, HP GK300 merupakan sebuah mechanical keyboard yang sebenarnya memiliki potensi cukup baik untuk ikut bermain di dalam industri gaming di Indonesia. Menghadirkan keyboard dengan desain gahar dan berani, serta fitur dan built quality yang baik, membuat keyboard ini layak untuk dilirik bagi para gamers pemula.

hp-gk300-mechanical-keyboard-cover-review.jpg-(15)

INIGAME STOCK IMAGE : HP GK300 Mechanical Keyboard Review – Dua Warna

Memang tidak dapat dipungkiri, bobotnya yang terkesan bongsor, absennya fitur macro, dan tidak adanya dukungan software menimbulkan keraguan apakah layak keyboard ini masuk ke dalam kategori gaming keyboard.

Dan tidak hanya itu, informasi detail mengenai keyboard ini pun terkesan sangat minim. Bahkan di website HP sekalipun (sampai review ini diterbitkan), tidak ada informasi yang jelas mengenai keyboard GK300 ini. Kurangnya informasi ini menjadi salah satu kendala lain yang dapat mempengaruhi kepercayaan para gamers terhadap sebuah perangkat gaming.

Di luar hal itu, kehadiran HP GK300 dan beberapa perangkat gaming HP lainnya memang merupakan sebuah hal yang cukup unik. Tidak ada launching, tidak ada kabar ini dan itu, HP langsung meluncurkan dan menjual produk ini begitu saja. Dan menariknya, satu unit mechanical keyboard HP GK300 ini dijual di kisaran harga Rp660.000,- saja. Angka yang sangat miring untuk sebuah produk mechanical keyboard dengan fitur RGB backlight di dalamnya.

Continue Reading

TRENDING NOW



To Top