Connect with us

HP G200 Gaming Mouse Review

hp-g200-gaming-mouse-review-cover

Peripheral

HP G200 Gaming Mouse Review

INIGAME.ID – Selain meluncurkan mechanical keyboardbrand populer asal Amerika, HP juga memperkenalkan beberapa gaming mouse terbarunya. Terdapat beberapa seri yang dihadirkan oleh HP di Indonesia, dan pada kesempatan kali ini, INIGAME mendapatkan kesempatan untuk membahas HP G200gaming mouse seri tertinggi dari HP.

hp-g200-gaming-mouse-review-(7)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review

Lalu, kira-kira mampukah gaming mouse besutan HP ini menghadirkan pengalaman yang memuaskan saat digunakan untuk bermain game? Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Unboxing

Seperti yang juga diterapkan pada GK300 mechanical keyboard, G200 gaming mouse juga dibungkus oleh kotak yang sederhana dengan aksen warna biru dan putih. Bahannya cukup tipis dan tidak ada elemen gambar yang terlalu mencolok seperti kotak perangkat gaming besutan brand lain.

hp-g200-gaming-mouse-review-(1)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Kotak

Gamers dapat melihat penampakan mouse ini dari atas dan samping yang digambarkan di sisi depan dan belakang kotak. Di sisi samping dan belakang, gamers dapat menemukan informasi teknis yang cukup lengkap untuk mouse ini.

hp-g200-gaming-mouse-review-(2)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Unboxing

hp-g200-gaming-mouse-review-(3)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Unboxing

Ketika dibuka, gamers akan dapat langsung melihat unit mouse-nya sendiri yang dilindungi oleh dudukan dan penutup berbahan mika bening. Selain unit mouse-nya sendiri, terdapat juga buku manual dan petunjuk garansi untuk HP G200.

Desain, Tampilan, dan Bobot

HP G200 langsung menghadirkan nuansa gaming yang kental hanya dari bentuk dan desainnya saja. Merupakan sebuah mouse yang ditujukan khusus untuk penggunaan tangan kanan, G200 hadir dengan lekukan yang lebih cekung di sisi kirinya. Sementara di sisi kanannya, terdapat sedikit lekukan landai yang dapat digunakan sebagai sandaran untuk jari manis.

hp-g200-gaming-mouse-review-(4)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Tampak Belakang

Dari segi material, mouse ini dilapisi dengan kombinasi bahan plastik doff dan glossy di sisi atasnya, serta sedikit sentuhan tekstur di kedua sisi sampingnya.

Di bagian belakang dan dasar mouse ini, terdapat logo HP dan lapisan plastik berwarna putih susu yang berpendar dengan beragam warna.

hp-g200-gaming-mouse-review-(5)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Tampak Bawah

Kombinasi antara bentuk ergonomis dengan bahan yang digunakan membuat G200 sangat nyaman untuk digenggam, maupun diangkat. Dan dari desain memanjang yang diusungnya, mouse ini akan sangat cocok digunakan dengan gaya genggam palm grip.

Dari segi fisiknya, HP G200 memiliki ukuran sekitar 13 x 8,1 x 43 cm dengan bobot sekitar 158 gram sudah termasuk dengan kabelnya.

Tombol dan Scroll Wheel

HP G200 dilengkapi dengan 6 buah tombol yang terdiri dari klik kanan dan kiri, dua tombol ibu jari di sisi kiri mouse, tombol DPI, hingga scroll wheel yang dapat diklik.

hp-g200-gaming-mouse-review

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Tampak Atas

Mouse ini mengusung metode plug-and-play yang artinya langsung dapat digunakan tanpa menggunakan driver atau software apapun. Di sisi negatifnya adalah, seperti pada keyboard GK300, mouse G200 juga tidak dapat diubah fungsi tombolnya sesuai kebutuhan.

HP mengklaim bahwa mouse ini menggunakan switch besutan Omron yang memiliki ketahanan hingga 10 juta kali klik, sehingga gamers tidak perlu meragukan lagi masalah ketahanannya.

hp-g200-gaming-mouse-review-(12)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Saat Digenggam

Masuk ke scroll wheel-nya, HP menyematkan scroll wheel berbahan karet dengan ulir yang dihiasi dengan sepasang strip LED. Strip LED ini memang tidak menyala mengikuti warna LED di logo HP, melainkan menyala sesuai dengan DPI stop yang sedang digunakan.

Sensor

HP G200 dilengkapi dengan sensor optik dengan rentang antara 500 hingga 4000 DPI yang terbagi menjadi 6 DPI stop.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, DPI stop yang sedang digunakan akan terlihat melalui warna strip LED pada scroll wheel. Warna merah menandakan 500 DPI, hijau 1000 DPI, biru 1500 DPI, ungu 2000 DPI, kuning 3000 DPI, dan biru muda 4000 DPI.

hp-g200-gaming-mouse-review-(11)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Tombol Klik dan Scroll Wheel

Satu hal yang cukup disayangkan, karena tidak adanya software untuk perangkat ini, DPI stop yang sudah tersimpan secara langsung dari pengaturan pabrik ini tidak dapat diubah lagi.

Kabel

hp-g200-gaming-mouse-review-(13)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Kabel

Mouse ini dilengkapi dengan kabel USB berlapis karet dengan panjang sekitar 180 cm. HP juga menambahkan pengikat velcro pada kabelnya ini untuk mempermudah para gamers untuk menggulung kabel.

Fitur Tambahan

Karena merupakan mouse yang mengusung metode plug-and-play, tidak ada lagi kejutan-kejutan lain atau fitur tambahan apapun yang dihadirkan oleh mouse ini.

Tidak ada pengaturan kustomisasi untuk DPI, pengaturan efek LED, maupun pengaturan kalibrasi, HP G200 langsung dapat digunakan segera setelah mouse ini dihubungkan ke komputer/ laptop.

Performa dan Pengujian

Masuk ke dalam performa dan pengujiannya, HP G200 sejatinya merupakan mouse yang sangat nyaman untuk digunakan, terlebih bagi para gamers yang sudah terbiasa dengan mouse khusus tangan kanan.

Dari segi bentuk dan desain produknya, mouse ini dapat dengan sangat mudah dicengkram dan dipindah bahkan dalam waktu yang cepat.

hp-g200-gaming-mouse-review-(9)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Saat Digenggam

Masih berbicara tentang desainnya. salah satu hal menarik yang perlu diperhatikan adalah lekukan yang terdapat di sisi kanan mouse ini. Seperti yang telah disampaikan tadi, HP menambahkan sedikit lekukan di bagian sisi kanan yang dapat digunakan sebagai dudukan jari manis. Hal ini tentunya membuat posisi tangan terasa jauh lebih nyaman bahkan ketika mouse ini digunakan dalam waktu berjam-jam.

Tidak hanya dari bentuk body-nya saja, dari segi penempatan dan posisi tombol juga semuanya dengan mudah dapat diakses.

hp-g200-gaming-mouse-review-(10)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review – Tombol Ibu Jari

Sedikit membahas lebih jauh mengenai tombolnya sendiri, tombol klik kiri dan kanan terasa memiliki actuation point yang cukup dalam. Bagi beberapa orang, hal ini dapat membuat aktivitas rapid clicking sedikit terhambat karena jari memerlukan jarak yang lebih jauh untuk menekan tombol klik.

Ketika digunakan dalam aktivitas bermain game, mouse ini terasa lebih cocok digunakan untuk game FPS karena bobotnya yang terbilang sedikit di atas rata-rata. Performa sensornya sendiri terbilang baik, responsif, dan akurat sehingga gamers tidak akan menemukan kesulitan saat menggunakannya dalam bermain.

Kesimpulan

Menilai dari segala aspek yang dihadirkan olehnya, HP G200 sebenarnya cukup layak untuk dilirik sebagai salah satu pemain baru yang memiliki potensi.

Memang, tidak bisa dipungkiri, beragam kekurangan seperti absennya fitur kustomisasi tombol dan DPI stop menjadi beberapa hal yang cukup disayangkan untuk sebuah gaming mouse. Akan tetapi, HP berusaha membayarnya dengan menghadirkan performa sensor dan desain produk yang dirancang sedemikian rupa untuk menyajikan kenyamanan genggaman tangan dalam bermain.

hp-g200-gaming-mouse-review-(8)

INIGAME STOCK IMAGE: HP G200 Gaming Mouse Review

Lebih dari itu, meskipun hadir dengan fitur yang sebenarnya terbilang sangat standar, HP menebusnya dengan harga jual yang terbilang sangat menggoda. Satu unit HP G200 dibanderol di kisaran harga hanya Rp230.000,- saja. Tentu angka ini akan sangat menggiurkan bagi para gamers pemula, atau pengguna yang membutuhkan sebuah mouse murah dengan tampilan yang gagah.

Mouse ini sepertinya akan menjadi pemain kuat dalam kelas menengah ke bawah. Belum lagi, nama HP sebagai vendor komputer ternama tentunya dengan sangat mudah dapat menggeser gaming mouse besutan vendor lain yang tidak terkenal namanya.

Comments

More in Peripheral

To Top