Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire Review
Connect with us

Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire Review

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-cover-review

News

Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire Review

INIGAME.ID – Setelah beberapa waktu lalu INIGAME membahas mengenai gaming keyboard Corsair K55 RGB, kali ini giliran kakaknya, Corsair K65 RGB Rapidfire, yang hadir di kantor INIGAME.

Merupakan sebuah mechanical keyboard, K65 RGB Rapidfire juga merupakan produk yang spesial karena merupakan varian dari K65 RGB yang dibekali dengan Cherry MX Speed Switch.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-1-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Bagi yang belum tahu, Corsair menjadi vendor yang berhak mendapat kontrak eksklusif selama 1 tahun untuk menggunakan switch ini. Itu artinya, gamers tidak akan dapat merasakan performa switch ini di keyboard keluaran vendor lain selama satu tahun pertama.

Dan seperti biasa, setelah mencobanya selama beberapa waktu, berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Corsair K65 RGB merupakan mechanical keyboard dengan layout tenkeyless. Saat pertama kali melihatnya, kesan compact sudah sangat jelas tergambar di sini. Tidak hanya dari bobotnya yang cukup berat jika dibandingkan dengan dimensinya, saat diketuk menggunakan jari pun, tidak terdengar kesan kosong di sisi manapun.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-2-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Tampilan atas

Hadir dengan lapisan warna hitam baik di bagian penampang atasnya yang berbahan aluminium, maupun bagian samping dan bawahnya yang berbahan plastik, keyboard ini juga tampil sangat elegan dan terkesan premium.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-8-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Tampilan depan

Warna hitam legam ini juga membuat keyboard ini sangat tampil gemilang ketika dinyalakan backlight RGB-nya.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-led-3-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-led--review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

K65 RGB juga hadir dengan satu USB 2.0 port di sisi depan bagi para gamers yang ingin mencolok mouse atau sekadar melakukan charging. Salah satu fitur yang tentunya disenangi oleh para gamers.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-usb-port-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Konektor USB

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-usb-port-2-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Mengintip ke bagian bawah, tidak ada banyak hal yang dapat ditemukan di sini selain kaki karet untuk menjaga kestabilannya dan sepasang kaki tambahan di sisi atas untuk menaikkan kemiringan keyboard.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-5-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Tampilan bawah

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-6-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Kaki-kaki penyangga

Hal terakhir yang tidak pernah dilupakan oleh Corsair adalah palm rest dengan permukaan berbahan matte yang dapat dipasang-lepas. Meskipun mengejar bentuk yang kompak, Corsair seolah tidak pernah melupakan sektor kenyamanan untuk melayani para gamers-nya.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-palm-rest-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Palm rest

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-palm-rest-2-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Palm rest

Untuk data teknisnya, Corsair K65 RGB memiliki dimensi sekitar 35,6 cm x 16,6 cm x 3,7 cm dan bobot sekitar 1 kg sudah lengkap dengan kabelnya.

BACA JUGA:   Corsair Harpoon RGB Review

Keycaps

Corsair K65 RGB menggunakan desain floating keys yang tandanya setiap keys terpasang di atas panel atas keyboard, bukan di dalamnya.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-3-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Masuk ke dalam keycaps-nya sendiri, keyboard ini dibekali dengan desain keycaps dengan permukaan halus dan berbentuk cekung seperti keycaps pada umumnya. Satu-satunya keycaps yang berbeda adalah key spasi yang memiliki permukaan bertekstur layaknya pelat bordes.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-space-bar-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Spasi

Dan meskipun berusaha untuk tampil dengan sangat compact seperti pada tenkeyless keyboard pada umumnya, jarak antar keys pada keyboard ini terbilang pas dan tidak terlalu rapat.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-keys-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – WASD

Dalam paket penjualannya, gamers akan mendapatkan keycaps pengganti untuk keys WASD dan QERDF yang memiliki permukaan bertekstur pelat bordes. Tampaknya ini hadiah tambahan dari Corsair untuk para gamers pecinta FPS dan MOBA.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-keycaps-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Keys

Switch

Seperti yang telah diungkapkan di awal tadi, INIGAME beruntung mendapatkan varian dari K65 RGB Rapidfire yang dipersenjatai dengan Cherry MX Speed Switch.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-switch-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Cherry MX Speed

Sekadar informasi, Cherry MX Speed merupakan mechanical switch yang menekankan kepada kecepatan untuk mengetik. Pasalnya, switch ini memiliki actuation point (jarak yang diperlukan untuk mengaktifkan/ menekan sebuah tombol/ key) yang lebih pendek daripada mechanical switch lain pada umumnya, yaitu 1,2 mm berbanding 2 mm.

BACA JUGA:   Hydro Series H60 (2018), Versi Liquid Cooling Terbaru dari CORSAIR

Dari segi bunyi yang dihasilkan, keyboard ini bisa dikatakan mirip dengan Cherry MX Red atau Brown yang tidak terlalu berisik. Bagi para gamers yang terbiasa untuk tidak melakukan bottom out (menekan keys sampai habis) dalam mengetik, sepertinya switch ini akan menjadi teman yang cocok untuk menemani aktivitas kalian.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-12-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Menurut data yang dirilis di website Corsair, K65 RGB dilengkapi dengan fitur 100% Anti Ghosting, yang membuatnya dapat merespon seluruh tombol jika ditekan bersamaan.

Macro & Tombol Lainnya

Corsair K65 RGB memang tidak menyediakan tombol khusus untuk diisi dengan fungsi macro, akan tetapi gamers tetap dapat mengutak-atik fungsi setiap keys menggunakan software Corsair Utility Engine.

Sementara untuk tombol lainnya, Corsair menyematkan tombol volumebacklight, dan Windows Lock di bagian atas. Sementara itu, tombol play & pausestopback, dan forward fungsinya dibenamkan di keys F9 sampai F12 yang dapat diaktifkan menggunakan key Fn.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-volume-button-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Volume

Di sisi depan, di samping USB port, terdapat sebuah switch dengan tulisan BIOS. Switch ini berfungsi untuk mengubah report rate keyboard ini, antara 1, 2, 4, dan 8 milidetik.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-bios-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Kabel

Memiliki USB port membuat keyboard ini memerlukan tenaga ekstra. Hal ini menyebabkan kabel 2 meter yang disematkan di K65 RGB menjadi lebih gemuk dibanding kabel keyboard lain.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-cable-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Kabel

Bahkan, ujung dari kabel yang dilapisi dengan rajutan (braided) ini diakhiri dengan dua buah USB port male.

Pengalaman Pemakaian

Corsair K65 RGB Rapidfire benar-benar berhasil mencuri perhatian sejak INIGAME melakukan tahap pengamatan detail di berbagai aspek komponennya. Dan impresi yang sama pun tim INIGAME rasakan ketika mencoba menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:   Armaggeddon MKA-3C Review

Saat digunakan untuk mengetik, performa Cherry MX Speed Switch sangat layak untuk diacungi jempol. Tidak hanya cepat, aktivitas mengetik menggunakan K65 RGB Rapidfire bisa dikatakan terasa menyenangkan.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-9-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Akan tetapi, seperti yang telah diungkapkan tadi, perasaan ini sepertinya hanya akan terjadi bagi para gamers yang berjari ringan, atau bisa dikatakan tidak melakukan bottom out saat mengetik.

Bagi para gamers yang gemar mengetik dengan “tenaga” dan selalu melakukan bottom out, kemungkinan besar akan sedikit sulit atau setidaknya merasa kurang nyaman dalam mengetik menggunakan switch ini.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-11-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Pasalnya, karena actuation point yang lebih pendek, jari yang lebih bertenaga seringkali akan merasakan kesan “buntu” yang terlalu cepat. Lebih dari itu, pendeknya actuation point juga terkadang menyebabkan kesalahan ketik lebih sering terjadi.

Sedikit berbeda dengan mengetik, saat digunakan untuk bermain game, Corsair K65 RGB Rapidfire dengan Cherry MX Speed terasa sangat sempurna. Meskipun begitu, kembali lagi, kesan sempurna ini baru dapat dirasakan dengan maksimal ketika digunakan untuk memainkan game fast pace seperti DotA, Starcraft, dan Overwatch.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-14-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Dari segi kenyamanan, K65 RGB juga terasa ramah dengan tangan. Selama sekitar seminggu, keyboard ini telah menemani aktivitas mengetik selama sekitar 4-5 jam setiap harinya, dan sama sekali tidak ada rasa lelah yang berarti, thanks to palm rest yang sangat mengerti kebutuhan tangan penggunanya.

Tidak lupa juga, INIGAME mencoba menggunakan keycaps pengganti yang dilengkapi dengan tekstur.

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire -Secara langsung, tentu dapat dilihat keycaps ini membuat jari tidak mudah selip. Akan tetapi, pemilihan tekstur pelat bordes ternyata memberikan kesan menyenangkan lain setiap kali jari menekannya.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-16-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Kekurangan dari keyboard ini hanya satu, yaitu kehadiran USB port. Memang benar, di awal tadi disebutkan bahwa fitur ini umumnya ditunggu oleh para gamers karena menghadirkan keringkasan terutama dalam pemakaian mouse.

Akan tetapi, di sisi lain, jika dipikirkan lebih lanjut, hadirnya fitur ini membuat Corsair mau tidak mau menggunakan kabel besar yang diakhiri dengan dua konektor USB.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-10-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire – Saat dibawa

Untuk sebuah keyboard tenkeyless yang mengutamakan keringkasan dan mobilitas, kehadiran kabel yang besar ini terasa kurang senada karena membuatnya menjadi cukup merepotkan untuk dibawa kemana-mana. Belum lagi kabel ini tidak bisa dilepas dari body-nya.

Akan tetapi, semua ini kembali lagi kepada para gamers. Hal mana yang lebih menjadi prioritas, keringkasan saat dipakai bermain, atau keringkasan saat dibawa kemana-mana.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Corsair K65 RGB Rapidfire bisa dikatakan sebagai salah satu mechanical keyboard tenkeyless yang dapat dengan mudah menggoda hati para gamers.

Tidak hanya dibekali dengan build quality yang kokoh dan terlihat mewah, dari segi performa dan kenyamanannya pun, keyboard ini patut diacungi jempol.

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-4-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

corsair-k65-rgb-keyboard-rapidfire-7-review

INIGAME STOCK IMAGE : Corsair K65 RGB Keyboard Rapidfire

Belum lagi dengan kehadiran Cherry MX Speed Switch, keyboard ini langsung memiliki nilai tambah tersendiri terutama bagi para gamers bertangan ringan dan mengaku dirinya sebagai pecinta kecepatan.

Terlepas dari segi keringkasannya untuk dibawa berpergian, keyboard ini hampir tidak memiliki kekurangan dari segi apapun. Desain produk yang keren, warna backlight RGB, fitur macro, dan tombol multimedia, semuanya disajikan dengan maksimal untuk melayani para gamers.

Bagi gamers yang tertarik, dapat membelinya dengan harga mulai Rp1.950.000,- di INIGAME Store.

More in News

MUST READ

To Top