Connect with us

Cooler Master Masterkeys Lite L Combo Review

cooler master masterkeys lite l combo review

Peripheral

Cooler Master Masterkeys Lite L Combo Review

INIGAME.ID – Ranah keyboard gaming terlihat menjanjikan sehingga jumlah pihak yang bermain di ranah ini bisa dikatakan demikian besar. Salah satunya adalah Cooler Master, vendor yang populer karena komponen PC-nya.

Selain bermain di chassispower supply, dan cooling system, perusahaan ini juga memiliki lini produk peripheral-nya sendiri.

Salah satunya adalah Masterkey Lite L Combo, sebuah keyboard gaming yang dilengkapi dengan mouse dalam paket penjualannya.

cooler-master-masterkeys-lite-l-combo-keyboard-review

Desain, Tampilan, dan Bobot

Saat pertama kali melihatnya keyboard Masterkeys Lite L memiliki bentuk layaknya papan hitam berbahan matte yang biasa saja.

Cooler Master tampaknya mengejar desain yang kompak dan sederhana melalui layout berukuran 439 x 129 x 41 mm ini.

Bagian bawahnya pun terlihat sederhana tanpa adanya guratan apapun selain logo Cooler Master di tengah dan sepasang hight adjustment feet yang memiliki dua varian pengaturan tinggi

cooler-master-masterkeys-lite-l-combo-keyboard-back-review

Ketika dinyalakan, keyboard dengan bobot sekitar 970 gram ini terlihat cukup menawan dengan backlight yang “tumpah”. Lampu tidak terpasang di masing-masing keys, melainkan di bawah pemukaan keys yang dilapisi dengan bahan plastik tembus cahaya.

cooler-master-masterkeys-lite-l-combo-tombol-close-up-review

Sementara untuk mouse-nya, Cooler Master menghadirkan mouse untuk tangan kanan yang terlihat cukup simpel.

BACA JUGA:   HP GK300 Mechanical Keyboard Review

cooler-master-masterkeys-lite-l-combo-mouse-review

Meskipun begitu, mouse yang dihiasi dengan backlight RGB di beberapa bagiannya ini dilengkapi dengan switch Omron, serta memiliki fitur berupa tombol back dan next di sisi kiri serta tombol pengaturan DPI di bagian tengah.

cooler-master-masterkeys-lite-l-combo-mouse-back-review

Switch dan Keycaps

Cooler Master menyematkan nama teknologi Mem-chanical Switch untuk keyboard-nya ini. Teknologi ini diklaim memiliki kombinasi antara kesan lunak di membrane switch dan kesan tactile yang ditemukan di mechanical switch.

cooler-master-masterkeys-lite-l-combo-switch-review

Sementara untuk keycaps-nya terlihat standar dengan desain cekung seperti layaknya keyboard pada umumnya.

Macro & Tombol Lainnya

cooler-master-masterkeys-lite-l-combo-tombol-fnreview

Seperti yang telah disampaikan di awal tadi, keyboard ini tampil secukupnya saja, yang berarti tidak disertai dengan macro untuk menjalankan fungsi tertentu.

Absennya tombol macro memang cukup disayangkan. Akan tetapi, Cooler Master berusaha untuk menghadirkan hal lain melalui fungsi sekunder yang dapat diakses dengan menggunakan tombol Fn—mulai dari tombol media, pengaturan mode dan warna backlight, hingga Windows key lock.

Kabel

cooler-master-masterkeys-lite-l-combo-cable-review

Keyboard Cooler Master Masterkeys Lite L ini memiliki kabel yang terbilang standar, dengan panjang 1,8 meter tanpa adanya lapisan braided.

Sama dengan keyboard-nya, kabel yang dimiliki oleh mouse-nya juga standar tanpa adanya lapisan braided.

Pengalaman Pemakaian

Saat menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari mengetik, hingga bermain game, keyboard yang dibekali dengan Mem-chanical Switch ini sebenarnya terasa cukup nyaman digunakan.

BACA JUGA:   Cooler Master Tunjuk Nusantara Jaya Teknologi (NJT) Sebagai Distributor Resmi di Indonesia

Sesuai dengan apa yang dikatakan di promosinya, kesan empuk yang dihadirkan oleh membrane switch memang mendominasi, sementara tactile feedback muncul di sepersekian detik terakhir saat jari melepas keys.

Secara sederhananya, switch di keyboard ini sebenarnya sama seperti keyboard yang menggunakan membrane switch, hanya saja terkesan lebih membal dan lebih berisik.

Desain keycaps yang standar membuat keyboard ini aman dari faktor yang membuat jari mengalami kesalahan ketik maupun saat mengetik cepat.

Saat digunakan untuk bermain game, keyboard ini terasa sangat responsif dan memuaskan. Kekurangannya mungkin kembali lagi hanya ketiadaan tombol dan fungsi macro di keyboard ini.

Saat melihat desainnya, INIGAME sempat berpikir kekurangan keyboard ini ada pada absennya palm rest di sisi bawah.

Akan tetapi saat menggunakannya, ternyata ketiadaan komponen ini tidak begitu terasa.

Hal ini disebabkan karena sudut kemiringan yang dihasilkan oleh hight adjustment feet terasa sangat pas—sehingga tanpa palm rest pun, telapak hingga pergelangan tangan dapat beristirahat nyaman di meja—atau permukaan manapun keyboard ini diletakkan.

BACA JUGA:   Cooler Master Hadirkan AMD Socket AM4 Upgrade Kit untuk AMD Ryzen

cooler-master-masterkeys-lite-l-combo-mouse-keyboard-review

Masuk ke penggunaan mouse-nya, INIGAME melihat mouse ini cukup baik untuk menemani kebutuhan pekerjaan.

Akan tetapi, saat digunakan untuk bermain game, desain yang diusungnya terasa kurang nyaman di genggaman tangan.

Belum lagi posisi tombol back dan next yang sangat mudah terpencet oleh ibu jari, sehingga terkadang dapat mengacaukan permainan di saat-saat tertentu.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Cooler Master Masterkeys Lite L Combo bisa dikatakan hadir sebagai salah satu pemain yang cukup layak dipertimbangkan di kelas keyboard gaming kelas menengah.

Hadir dengan desain yang sederhana, tapi tetap menawan dengan warna backlight RGB, serta berusaha menjadi jembatan antara keyboard membrane dengan keyboard mechanical melalui performanya yang cukup baik, membuat keyboard ini cukup menarik untuk dilirik bagi gamers yang sekadar perlu alat untuk bermain game.

Dan dengan harganya yang dipatok mulai Rp850.000,- sudah lengkap dengan mouse di dalamnya, Cooler Master Masterkeys Lite L Combo terlihat menjanjikan untuk bersaing dengan beberapa keyboard gaming lainnya di ranah entry gaming.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]

More in Peripheral

To Top