Connect with us

Zowie FK1 & FK2 Review

zowie fk1 fk2

Peripheral

Zowie FK1 & FK2 Review

INIGAME.ID – Setelah mencoba menggunakan mouse Zowie ZA, kali ini giliran saudara jauhnya yaitu seri FK yang masuk ke dalam pengujian.

Seri FK sebenarnya memiliki tiga varian, yaitu FK1, FK1+ dan FK2. Akan tetapi, INIGAME hanya mendapat kesempatan mencoba varian FK1 (berukuran sedang) dan FK2 (berukuran kecil) saja.

Secara sekilas, kedua jenis ini memang tidak terlalu terlihat perbedaannya. Akan tetapi, pada kenyataannya, terdapat hal yang cukup berpengaruh saat penggunaannya. Dan berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Sama seperti Zowie seri ZA, dari segi desain, mouse Zowie seri FK memiliki bentuk ambidextrous yang artinya dapat digunakan baik untuk tangan kanan maupun tangan kiri.

Mouse ini juga dilapisi dengan material plastik berwarna hitam dengan sedikit kesan merah yang terlihat dari logo-nya.

zowie fk1 fk2 upside look

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie FK1 & FK2 – Upside Look

Sedikit berbeda dengan seri ZA yang memiliki bentuk yang terbilang tinggi di bagian belakangnya, Zowie FK memiliki bentuk yang lebih rendah dan puncaknya berada di bagian tengah.

zowie fk1 & fk2 right side

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie FK1 & FK2 – Right Side Look

Zowie seri FK1 memiliki dimensi yang lebih besar dibanding FK2—di mana FK1 memiliki ukuran sekitar 128 x 67 x 37mm dengan bobot sekitar 90gr, berbanding FK2 yang memiliki ukuran sekitar 124 x 64 x 36mm dengan bobot sekitar 85gr.

BACA JUGA:   BenQ ZOWIE Resmikan Kehadiran Monitor Game eSports XL254 dan XL2735

Tombol dan Sroll Wheel

Mouse Zowie seri FK memiliki 7 tombol di seluruh bagiannya. Akan tetapi, hanya 5 tombol saja yang dapat diaktifkan.

Sama seperti tipe ZA, meskipun terdapat dua tombol yang terletak di masing-masing sisi samping, pada saat penggunaannya, tombol di samping hanya dapat diaktifkan hanya satu sisi saja.

zowie fk1 fk2 buttons

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie FK1 & FK2 – Buttons

Zowie seri FK memiliki scroll wheel yang terbilang standar, baik secara tampilan, maupun fungsinya. Dan scroll wheel-nya ini masih belum dilengkapi dengan klik kanan dan kiri, melainkan hanya klik aktivasi standar saja.

Kabel

zowie fk1 fk2 cable

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie FK1 & FK2 – Cable

Sama seperti mouse seri lain dari Zowie, seri FK memiliki kabel yang standar sepanjang 2m dan tidak dilapisi oleh rajutan braided.

Sensor

Mouse Zowie FK dilengkapi dengan sensor dengan rentang 400 – 3200 DPI yang dapat diatur melalui 4 stop (400, 800, 1600, dan 3200 DPI) dan diaktifkan melalui tombol DPI di bawah mouse.

Fitur Tambahan

Zowie FK sejatinya merupakan mouse yang cukup sederhana dan tidak memiliki fitur yang berlebihan. Seperti seri yang lainnya, gamers tidak akan memerlukan aplikasi apapun untuk melakukan pengaturan di mouse Zowie ini.

BACA JUGA:   Zowie ZA11, ZA12, & ZA13 Review

Meskipun begitu, mouse ini juga tidak semata-mata sesederhana itu, terdapat beberapa fitur pengaturan yang terdiri dari pengubahan fungsi untuk tangan kiri dan kanan, serta report rate yang harus dilakukan secara “manual” di awal sebelum mouse ini dihubungkan ke PC atau laptop.

Sebagai contohnya, jika gamers ingin menggunakan mouse ini dengan tangan kiri (mengaktifkan kedua tombol di sisi kanan), maka gamers harus menekan klik kiri dan klik scroll wheel di saat bersamaan, sambil mencolok USB ke PC atau laptop.

Panduan lengkap mengenai pengaturan kedua fungsi ini dapat gamers baca di website Zowie.

Performa dan Pengujian

Dari segi performa, tidak berbeda jauh dengan seri ZA, di seri FK ini, gamers hanya akan disuguhi pada fungsi utama sebuah mouse yang ditujukan untuk para pro player.

Hal ini menjadi alasan yang membuat mouse ini tidak memiliki fitur kustomisasi fungsi untuk tombolnya.

zowie fk1 fk2 left side look

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie FK1 & FK2 – Left Side Look

Meskipun tidak memiliki fungsi yang berbelit-belit, fitur lain seperti pergantian untuk penggunaan tangan kanan/ kiri dan fungsi report rate terasa sangat manual untuk digunakan. Gamers dapat melihat informasi mengenai langkah-langkah pengaturan ini melalui website Zowie.

zowie fk1 fk2 under look

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie FK1 & FK2 – Under Look

Sementara untuk pengalaman dalam bermain, mouse Zowie FK terasa sangat nyaman digunakan baik untuk gaya genggam palm grip maupun claw grip. Posisi tombol di sisi samping juga terasa pas dan mudah untuk dijangkau.

BACA JUGA:   Zowie XL2540 & XL2735, Monitor Gaming dengan Teknologi Eksklusif

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Zowie seri FK memiliki segala hal yang dibutuhkan jika gamers mencari sebuah mouse untuk digunakan dalam aktivitas gaming, khususnya bagi pro player.

Tidak hanya dengan desain produk dan penampilan yang sederhana dan ergonomis di tangan, Zowie ni juga memangkas segala fitur tambahan lain yang berpotensi menjadikan seri FK sebagai mouse yang ribet.

Dan seperti tipikal mouse Zowie lainnya, kehadiran perbedaan ukuran juga merupakan sebuah pendekatan yang menarik untuk menjangkau berbagai bentuk telapak tangan.

Zowie FK1 dan FK2 sudah beredar di Indonesia, dijual mulai dari harga Rp880.000,- dan gamers bisa mendapatkannya di INIGAME Store.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in Peripheral

To Top