Connect with us

INIGAME

Zowie Vital Audio System Review

zowie-vital-audio-system-cover-2-review

News

Zowie Vital Audio System Review

Zowie Vital Audio System Review

INIGAME.ID – Zowie dikenal sebagai brand yang menghadirkan berbagai perlengkapan untuk para atlet eSports, mulai dari yang biasa, hingga produk yang tidak lazim gamers temui di brand lain.

Salah satunya adalah sebuah Zowie Vital Audio System yang merupakan sebuah sound card dengan fasilitas lengkap namun tetap dibuat simpel dengan desain kompak.

zowie-vital-audio-system-tampak-1-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System – Tampilan atas

Lalu, seperti apa performa audio yang dihasilkan olehnya? Berikut adalah pembahasan mengenai Zowie Vital Audio System selengkapnya.

Unboxing

Senada dengan packaging yang dihadirkan oleh setiap produk Zowie lainnya, Zowie Vital disajikan di dalam kotak yang minimalis dan sederhana dengan warna hitam dan sedikit kesan merah untuk logo dan nama produknya.

zowie-vital-audio-system-tampak-box-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System – Kotak

Kotaknya sendiri memang tidak terlalu besar, tapi cukup tebal dan terasa kuat untuk menjaga perangkat yang disimpan di dalamnya.

zowie-vital-audio-system-tampak-6-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System

Ketika dibuka, gamers akan langsung menemukan sound card-nya. Lalu di bawahnya terdapat buku manual, kabel USB, dan sebuah kantong kain untuk membungkusnya.

Tampilan, Desain, dan Bobot

Zowie Vital Audio System mengusung bentuk yang sangat sederhana dan kompak, sehingga gamers dijamin tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakannya.

BACA JUGA:   ZOWIE EXPERIENCE TOUR Sukses Digelar BenQ Indonesia

Cukup mencolok kabel USB di sisi depan dan memasang audio jack 3,5mm untuk mic dan headset di sisi belakang, gamers sudah bisa menikmati kualitas suara yang ditawarkan oleh Zowie Vital.

zowie-vital-audio-system-tampak-depan-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System – Sisi depan

Tidak lupa juga terdapat audio jack out khusus untuk speaker yang tersedia juga di sisi depan sound card ini.

zowie-vital-audio-system-tampak-belakang-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System – Sisi belakang

Sisi atasnya dilapisi dengan lapisan akrilik yang responsif dengan sentuhan tangan. Di sisi sampingnya dilindungi dengan bahan plastik.

zowie-vital-audio-system-tampak-bawah-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System – Sisi bawah

Sementara di sisi bawahnya, Zowie mengenakan alas karet yang tentunya bertujuan agar sound card tidak mudah bergeser saat digunakan.

Tombol

Zowie Vital sama sekali tidak memiliki tombol fisik apapun. Melainkan tombol softkeys seperti yang gamers temukan di smartphone zaman sekarang. Softkeys ini hanya akan terlihat saat sound card ini disambungkan.

zowie-vital-audio-system-tampak-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System – Softkeys

Terdapat 10 buah softkeys yang terdiri dari tombol Volume, Mic, Treble, Bass, Plus, Minus, Speaker, Headset, Mute, dan Lock.

Tombol yang sedang aktif akan berwarna lebih cerah dibanding tombol yang sedang tidak aktif. Zowie benar-benar berhasil menghadirkan hal yang sangat sederhana dan mudah untuk dimengerti.

BACA JUGA:   Daftarkan Tim CS:GO Kalian untuk Mewakili Indonesia di eXTREMESLAND Zowie Asia 2016

Pengalaman Pemakaian

Serupa dengan beragam produk yang dihadirkan oleh Zowie, Vital Audio System juga hadir secara independen tanpa memerlukan driver atau software apapun untuk menjalankannya.

zowie-vital-audio-system-tampak-3-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System

Masuk ke dalam pengalaman dalam menggunakannya sendiri, Zowie Vital dapat dikatakan cukup sukses dalam memberikan impresi baik untuk perbaikan kualitas suara yang dihasilkan.

Seperti yang selalu tim INIGAME lakukan dalam mengulas tentang headset, pengujian dilakukan melalui tiga percobaan, yaitu percobaan dalam mendengarkan musik, menonton film, dan tentunya bermain game.

zowie-vital-audio-system-tampak-7-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System

Ketika digunakan untuk mendengarkan lagu, Zowie Vital dengan sangat baik dapat meningkatkan kualitas keseluruhan musik, terutama pada kontras antara suara manusia dengan musik di background-nya.

Bahkan dalam performa musik yang menggunakan banyak instrumen seperti contohnya video konser V.K. yang menjadi percobaan kemarin, setiap instrumennya terdengar dengan jelas, hingga gamers dapat membedakan antara satu instrumen dengan yang lain.

zowie-vital-audio-system-tampak-8-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System – Sofkeys

Perbaikan kontras suara juga menjadi hal yang sangat dirasakan ketika Zowie Vital digunakan untuk menonton film. Dialog dan perkataan antar karakter terasa lebih jelas dengan sound card ini.

BACA JUGA:   BenQ dan Zowie Resmi Jadi Sponsor Utama Turnamen CS:GO Terbesar di Asia Pasifik

Tidak hanya itu, efek ledakan yang umumnya menggunakan elemen bass juga terasa lebih bertenaga. Terutama jika gamers menaikkan tingkat level bass pada level tertinggi.

Masuk ke dalam pengalaman bermain game, Zowie Vital Audio System sayangnya terasa kurang menunjukkan peningkatan audio yang signifikan.

Hal-hal kecil seperti langkah kaki dan detail ambience memang terdengar lebih jelas, akan tetapi bagi gamers yang tidak terlalu memperdulikan hal-hal yang terlalu detail, sepertinya tidak akan terlalu menyadari perbedaan audio yang dihasilkan oleh sound card ini.

zowie-vital-audio-system-bass-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System – Bass

Beralih dari fungsinya untuk mengeluarkan suara, saat digunakan untuk mengambil suara menggunakan jack mikrofon, kejelasan suara yang ditangkap terasa sedikit meningkat, tapi kembali lagi, tidak terasa begitu signifikan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, di satu sisi, Zowie Vital Audio System sebenarnya bisa dikatakan merupakan sebuah aksesoris pelengkap saja untuk kebutuhan bermain game. Karena jika gamers tidak menggunakannya pun, sebenarnya tidak berarti gamers akan bermain buruk.

Akan tetapi, di sisi lain, bagi beberapa orang, kualitas audio yang jelas dan bertenaga mungkin merupakan hal yang penting. Sehingga, Zowie Vital bisa dikatakan sebagai salah satu perangkat wajib bagi kalangan tertentu.

Pasalnya, Zowie tidak sembarangan dalam membuat sound card satu ini. Tidak hanya dari segi desain yang dibuat sesimpel mungkin untuk mencegah kebingungan saat menggunakannya, dari segi teknologi, audio yang “dibersihkan” olehnya juga layak diacungi jempol.

zowie-vital-audio-system-tampak-4-review

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie Vital Audio System

Dan tidak hanya untuk para gamers, INIGAME melihat juga bahwa Zowie Vital Audio System juga layak untuk dimiliki oleh kalangan atau pekerja yang berada di sektor audio, sepeti sound designerfilm editor, atau bahkan music composer.

Zowie Vital Audio System merupakan salah satu produk terbaru dari Zowie yang dihadirkan di Indonesia bersamaan dengan Zowie FK1+ gaming mouse. Hanya saja, perlu diakui untuk mendapatkan sound card ini, gamers perlu mengeluarkan kocek yang cukup dalam, yaitu sekitar Rp2.680.000,-.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in News

To Top