Connect with us

Zowie EC1-A & EC2-A Review

mouse-zowie-ec1-a-ec2-a-cover-review

Peripheral

Zowie EC1-A & EC2-A Review

INIGAME.ID – Setelah beberapa waktu lalu membahas mengenai dua seri Zowie, ZA dan FK, kini saatnya seri Zowie EC yang akan dibahas lebih mendalam, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Berbeda dengan seri ZA dan FK, Zowie EC memiliki desain yang dikhususkan untuk penggunaan tangan kanan. Hal ini juga berakibat pada absennya dua tombol di sisi kanan mouse ini.

Meskipun modelnya berbeda, dari segi tampilan, Zowie EC tetap menggunakan material yang kurang lebih sama, yaitu plastik berwarna hitam polos dengan logo Zowie berwarna merah.

zowie ec1 a ec2 a upside look

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie EC1 A & EC2 A – Upside Look

Zowie EC1-A memiliki dimensi dan bobot yang lebih besar dengan EC2-A dengan 128mm x 69mm x 43mm dan 97gr berbanding 120mm x 64mm x 40mm dan 93gr.

Tombol dan Sroll Wheel

zowie ec1 a ec2 a upside looks

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie EC1 A & EC2 A – Upside Look

Dengan absennya kedua tombol di sisi kanan, mouse Zowie seri EC memiliki 5 tombol di seluruh bagiannya.

BACA JUGA:   Zowie G-SR & PTF-X Review

Dan berbeda dengan seri FK dan ZA, Zowie seri EC memiliki scroll wheel yang terbuat dari karet berwarna putih susu dan dapat mengeluarkan cahaya berwarna.

Kabel

zowie ec1 a ec2 a cable

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie EC1 A & EC2 A – Cable

Sama seperti mouse seri lain dari Zowie, seri EC juga memiliki kabel yang standar sepanjang 2m dan tidak dilapisi oleh rajutan braided.

Sensor

Mouse Zowie EC dilengkapi dengan sensor dengan rentang 400 – 3200 DPI yang dapat diatur melalui 4 stop (400, 800, 1600, dan 3200 DPI) dan diaktifkan melalui tombol DPI di bawah mouse.

Fitur Tambahan

Setipe dengan mouse Zowie yang lain, seri EC juga masih merupakan mouse yang sama sekali tidak ribet dalam penggunaannya.

Tidak ada aplikasi khusus yang diperlukan dan setiap tombolnya juga sudah memiliki fungsi yang tetap tanpa bisa diganti-ganti.

zowie ec1 a ec2 a left side look

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie EC1 A & EC2 A – Left Side Look

Pengaturan yang tersedia hanyalah pergantian report rate yang harus dilakukan secara “manual” di awal sebelum mouse ini dihubungkan ke PC atau laptop.

Untuk melakukannya, sambil mencolok kabel USB ke PC atau laptopgamers harus menekan tombol forward untuk menggunakan report rate 500Hz, tombol back untuk menggunakan report rate 1000Hz, atau keduanya secara bersamaan untuk menggunakan report rate 125Hz.

zowie ec1 a ec2 a right side look

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie EC1 A & EC2 A – Right Side Look

Panduan lengkap mengenai pengaturan kedua fungsi ini dapat gamers baca di website Zowie.

BACA JUGA:   Zowie FK1+ Review

Performa dan Pengujian

Saat menggunakannya selama beberapa jam pertama, seri EC sudah jelas menunjukkan kelebihannya dari segi kenyamanan berkat desainnya yang dikhususkan untuk penggunakan tangan kanan.

Di luar desainnya yang memang sangat ergonomis, kesederhanaan fitur yang ditawarkan oleh mouse Zowie—tidak terkecuali untuk seri EC ini—membuatnya menjadi sebuah perangkat on-the-go tanpa perlu pengaturan yang kompleks.

BACA JUGA:   BenQ Zowie Indonesia Kirim Team NXL> untuk Grand Final Zowie Asia eXTREMESLAND 2016

Meskipun begitu, di lain sisi, keterbatasan yang ditemui seperti pengaturan DPI dan report rate yang sudah tetap tanpa bisa diganti-ganti mungkin menjadi sebuah kekurangan bagi gamers kalangan tertentu yang suka mengutak-atik perangkat mereka.

zowie ec1 a ec2 a under look

INIGAME STOCK IMAGE: Zowie EC1 A & EC2 A – Under Look

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Zowie seri EC merupakan mouse favorit tim INIGAME dari beberapa seri lain yang tersedia di pasar.

Alasannya hanya satu, desainnya yang sangat nyaman karena memang dikhususkan untuk penggunaan tangan kanan (seluruh tim INIGAME menggunakan tangan kanan untuk memegang mouse).

Dan seperti layaknya seri lainnya, Zowie EC memiliki segala hal yang dibutuhkan jika gamers mencari sebuah mouse untuk digunakan dalam aktivitas gaming, khususnya bagi pro player.

Selain memiliki penampilan dan desain produk yang sederhana dan ramah di telapak tangan, Zowie EC juga fokus pada tujuannya untuk menemani para gamers tanpa menghadirkan berbagai macam pengaturan yang kompleks.

Bagi para gamers yang tidak mau ambil pusing akan penampilan atau bonus fitur di sebuah mouse gaming, sepertinya layak untuk mempertimbangkan Zowie EC sebagai senjata mereka.

Zowie EC1-A dan EC2-A sudah dirilis di Indonesia dan gamers bisa membelinya di INIGAME Store dengan harga mulai Rp880.000,-.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in Peripheral

To Top