Connect with us

Qualcomm Siap Tantang Intel dan AMD (bahkan Nvidia) di Sektor PC

qualcomm chip 3d

News

Qualcomm Siap Tantang Intel dan AMD (bahkan Nvidia) di Sektor PC

INIGAME.ID – Selama bertahun-tahun, sektor PC merupakan sebuah arena bertanding yang selalu mempertemukan dua rival, siapa lagi kalau bukan Intel dan AMD.

Akan tetapi, dalam waktu dekat ini, kedua brand ini akan mendapatkan satu kompetitor baru, yaitu Qualcomm.

Bagi orang yang masih awam, mungkin selama ini hanya pernah mendengar nama Qualcomm di perangkat smartphone atau tablet saja.

Kini dengan berbekal teknologi ARM di dalam prosesor Snapdragon 835, Qualcomm siap untuk melayani para pengguna perangkat Windows 10.

Keberhasilan ini sedikit banyak juga hadir dari kemampuan Windows 10 yang memiliki jangkauan ke semua lini produk dalam satu ekosistem, mulai dari PC, hingga smartphone.

Cristiano Amon selaku Executive Vice President Qualcomm Technologies mengatakan bahwa dengan masuknya teknologi Qualcomm ke dalam ekosistem Windows 10 membuat para vendor hardware berbasis Windows dapat mengembangkan produk terbarunya menggunakan komponen yang dapat menghubungkan segalanya.

qualcomm ads

Qualcomm Snapdragon

Beberapa nama besar seperti ASUS, HP, dan Lenovo kabarnya telah setuju untuk mengembangkan perangkat fanless (tanpa kipas) Windows 10 berbasis teknologi Qualcomm ini.

BACA JUGA:   INI 11 Istilah Grafis Game PC yang Wajib Gamers Ketahui

Lalu, jika mau membicarakan fakta dan data, kira-kira seberapa jauh kemampuan Snapdragon 835 dalam menghadirkan performa yang apik, terlebih untuk kebutuhan gaming?

Snapdragon 835 menggabungkan kinerja CPU Kyro 280 dengan GPU Andreno 540. Fokus ke segi grafis, Andreno 540 menghadirkan performa yang 25% lebih cepat dibanding pendahulunya Andreno 530. Clock speed keduanya juga terpaut cukup jauh, yaitu 710MHz berbanding 624MHz.

BACA JUGA:   Sedikit Mengintip 3 Prosesor Terbaru AMD - A10-7860K, A6-7470K, dan X4 845

Andreno 530 juga diklaim mampu menghadirkan kualitas visual yang mentereng hingga menyajikan 360 video beresolusi 4K secara real time.

Kembali lagi meskipun belum ada omongan langsung mengenai rencana pemakaian komponen Qualcomm terbaru ini untuk perangkat gaming, berdasarkan data yang diambil dari GPU GFLOPS, Andreno 540 mampu mencetak angka 567 GFLOPS.

BACA JUGA:   Mengintip Prosesor Nvidia Tegra, Rahasia Dapur Nintendo Switch

Sebagai perbandingan, angka tersebut lebih besar di banding Intel HD Graphics 630, tapi masih sekitar 1/3 kecepatan Nvidia GTX 1050 atau AMD RX 460.

Meskipun masih terpaut jauh dengan GPU kelas atas ini, langkah ini sepertinya tetap perlu untuk diantisipasi oleh para brand populer seperti Intel, AMD, dan NVIDIA. Karena yang namanya teknologi, tidak ada yang bisa 100% menebaknya.

Thanks to Qualcomm



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in News

To Top