Connect with us

MSI GT72 Dominator Pro Heroes of the Storm Review

MSI GT72 Dominator Pro Heroes of the Storm

Notebook

MSI GT72 Dominator Pro Heroes of the Storm Review

INIGAME.ID – Seperti yang gamers ketahui, MSI GT72 dikenal sebagai salah satu lini produk gaming laptop kelas atas yang dimiliki oleh MSI. Dan GT72 Dominator Pro Heroes of the Storm Limited Edition merupakan versi spesialnya yang diproduksi secara terbatas dengan tambahan atribut desain dari game keluaran Blizzard ini. Lalu, apa saja perbedaannya? Berikut pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Perbedaan paling mencolok tentu terletak pada sentuhan tema Heroes of the Storm yang dipasang di bagian belakang layar dan area palm rest-nya. Sementara untuk desain body-nya sendiri tidak banyak perbedaan dengan seri GT72 sebelumnya.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-open-back

Mengusung dimensi 42,8cm x 29,4cm x 4,8cm dengan bobot sekitar 3,78 kg, laptop ini masuk ke dalam kategori laptop jumbo yang mungkin agak kurang praktis untuk dibawa sering berpergian.

Spesifikasi Internal

Unit yang kami review ini merupakan laptop yang memiliki prosesor Intel i7-6820HK yang memiliki kecepatan clock 2,7 GHz sampai maksimal 3,6 GHz yang dilengkapi dengan RAM 2 x 8 GB. Terdapat 4 slots untuk RAM, sehingga gamers bisa menambahkan kapasitas RAM hingga 64 GB.

Untuk kualitas visual, GT72 Dominator Pro Heroes of the Storm menggunakan Nvidia GeFroce GTX 980M 8GB GDDR5. Sementara untuk kapasitas penyimpanan, laptop ini memiliki hard disk 5400 RPM dengan kapasitas 1 TB dan SSD 256GB.

Monitor

Laptop ini menggunakan monitor berukuran 17,3 inci dengan resolusi 1920 x 1080 berlapiskan non-glossy wide viewing IPS panel dengan refresh rate 75Hz yang menjamin kehalusan gambar dibanding monitor pada umumnya (60Hz).

msi-gt72-heroes-of-the-storm-monitor

Selain itu, Monitor ini juga didukung oleh teknologi NVIDIA G-Sync yang berfungsi untuk mengeleminasi adanya tearing pada visual game. Monitor ini memiliki viewing angle yang cukup lebar dan cahaya yang dihasilkan tidak membuat mata cepat lelah sehingga sangat baik untuk digunakan bermain dengan jangka waktu panjang.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-true-color

Didukung oleh teknologi True Color Technology, monitor ini memiliki fitur untuk pengaturan kalibrasi warna. Secara default, True Color technology memiliki enam mode preset yang masih bisa diatur lagi untuk disesuaikan dengan kebutuhan gamers.

Keyboard dan Touchpad

Keyboard GT72 Dominator Pro Heroes of the Storm Limited Edition dibuat dengan Silver Lining Printing Technology yang tidak hanya meningkatkan keindahan dari efek lampu RGB pada keyboard ini, tapi juga mengubah kesan saat setiap kali ditekan.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-keyboard

Silver Lining Printing Technology juga memiliki dinding semi transparan yang mampu menghasilkan warna LED yang menarik. Keyboard GT72 edisi spesial ini memiliki jarak tekan (travel distance) yang lebih jauh dan permukaan keycaps yang lebih lebar dibanding keyboard GT72 Dominator Pro biasa.

Travel distance yang lebih panjang ini juga membuat letak tuts keyboard ini menjadi lebih tinggi dari sebelumnya, membuat udara panas yang dihasilkan oleh VGA dan prosesor yang ada di bawahnya menjadi hampir tidak terasa.

Bagi yang gemar bergaya, gamers bisa mengeksplorasi efek RGB lighting melalui aplikasi SteelSeries Engine 3. Terdapat empat efek yang bisa gamers gunakan seperti breathingwavenormal/ dual, dan audio di mana lampu akan berdetak mengikuti ketukan lagu yang sedang dimainkan.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-keyboard-backlight

Touchpad pada GT72 Dominator Pro Heroes of the Storm terletak di posisi yang agak di sebelah kiri, memiliki permukaan yang berbahan doff yang dan areanya hanya dibatasi oleh lampu RGB LED.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-above

Saat digunakan, touchpad-nya ini terasa agak kesat dan kurang lancar. Meskipun mendukung fitur multi gesture, untuk menggunakannya, gamers perlu sedikit menekan jari agar input-nya bisa terbaca.

Audio

Audio pada laptop ini dirancang oleh Dynaudio dengan 2 speakers berada di atas monitor dekat layar dan 1 subwoofer berada di bawah laptop. Selain menggunakan speaker dari Dynaudio, MSI juga mlengkapi arsenal audionya dengan menggunakan Nahimic Audio Enhancer yang berfungsi untuk meningkatkan kulitas audio dan juga membuat preset mode audio yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-nahimic

Saat dicoba, speaker laptop ini terasa lebih bertenaga ketika Nahimic Audio Enhancer aktif. Tetapi ketika fitur ini dimatikan, suara yang dihasilkan sama sekali berbeda. Tergolong sangat lemah dan tidak memiliki kedalaman.

Konektivitas

Di sisi kiri, terdapat 4 ports USB 3.0, SD (XC/HC) Card Reader, dan 4 jacks 3,5mm yang terdiri dari Mic In, Headphone Out, Line In, dan Line Out (7.1 analog + S/PDIF).

msi-gt72-heroes-of-the-storm-left

Sisi kanan laptop ini terkesan jauh lebih bersih dengan hanya terdapat 2 ports USB 3.0 dan Blu-Ray BD-RE Drive.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-right

Pada sisi belakang, terdapat Mini Display Port (v1.2), USB Type-C “Super Port”, HDMI (v1.4), Gigabit Ethernet LAN Port, Kensington Lock, dan DC Power Adapter. Pada bagian inipun, terdapat dua exhausts raksasa tempat dua blower fans membuang panas dari laptop ini.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-back

Untuk sistem wireless, laptop ini menggunakan Killer Doubleshot Wi-Fi 802.11ac/n and Gigabit Ethernet with Killer Shield dan dilengkapi dengan Killer Network Manager untuk menjaga agar tidak terjadi fluktuasi besar pada ping dalam game.

Performa dan Baterai

Saat dites kemampuannya, laptop ini mampu melibas beberapa game kelas atas seperti Just Cause 3, GTA V, dan World of Warships dengan rata-rata kecepatan frame rate 48 hingga 72 fps.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-just-cause-3

msi-gt72-heroes-of-the-storm-wow

msi-gt72-heroes-of-the-storm-gta-v

Tidak hanya itu, untuk performa dari aplikasi benchmark seperti 3D Mark, GT72 Dominator Pro Heroes of the Storm mampu memperoleh nilai tinggi, berkat spesifikasi tinggi untuk komponen internalnya.

msi-gt72-heroes-of-the-storm-3dmark-FSU

msi-gt72-heroes-of-the-storm-3dmark-FSE

msi-gt72-heroes-of-the-storm-3dmark-FS

msi-gt72-heroes-of-the-storm-3dmark-SD

Saat diuji dalam mode idle, laptop ini mampu bertahan dalam jangka waktu sekitar 4 jam. Sementara saat digunakan untuk bermain secara terus-menerus, baterainya hanya mampu bertahan dalam waktu sekitar 1 jam 15 menit.

Kesimpulan

Sebagai salah satu laptop kelas atas, GT72 Dominator Pro Heroes of the Storm mampu menjawab ekspektasi banyak pihak terhadapnya. Selain itu, sebagai versi limited edition, laptop ini bisa menjadi barang koleksi bagi mereka yang menggemari game Heroes of the Storm.

Dari segi performanya, gamers tentu tidak perlu meragukan kemampuannya lagi. Meskipun begitu, sama seperti GT72 Dominator Pro versi biasa, laptop ini memiliki kendala dari segi ukuran dan bobotnya yang terbilang besar. Menjadikannya tidak cocok untuk digunakan oleh para gamers yang sering bepergian kemana-mana.

Sayangnya, laptop ini tidak dijual secara bebas di Indonesia. Meskipun begitu, bagi gamers yang ingin memiliki varian spesial ini dapat memesannya terlebih dahulu.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]
Continue Reading
You may also like...

More in Notebook

MUST READ

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!