Connect with us

MSI GS73VR Stealth Pro Review

MSI-GS73VR-stealth-pro-cover-1-review

Notebook

MSI GS73VR Stealth Pro Review

MSI GS73VR Stealth Pro Review

INIGAME.ID – MSI dikenal sebagai brand yang menghadirkan jajaran gaming laptop dengan body bongsor melalui seri GE, GT, GP, dan GL. Meskipun begitu, perusahaan ini juga memiliki lini gaming laptop dengan seri GS, yang hadir dengan desain tipis untuk para gamers yang mengutamakan mobilitas.

MSI-GS73VR-stealth-pro-1-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Salah satunya yang akan dibahas kali ini adalah MSI GS73VR Stealth Pro, di mana pada varian unit ini sudah dibekali dengan VGA terbaru Nvidia GTX 1060 GDDR 5.

Seperti apa kira-kira performanya? Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Seperti yang telah dibahas di awal tadi, hal yang paling menarik perhatian dari laptop ini adalah desain dan bentuknya yang tipis, yaitu 1,9 cm. Keunggulan ini tentunya akan menjadi poin positif bagi para gamers yang gemar untuk membawa mesin gaming ini berpergian.

MSI-GS73VR-stealth-pro-2-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Meskipun memangkasnya dari segi ukuran, dari segi penampilan, GS73VR masih menunjukkan jati dirinya sebagai sebuah produk premium dari MSI dengan lapisan casing dari bahan aluminium berwarna hitam. Bahkan di beberapa bagian sisinya, MSI masih menyematkan guratan-guratan tegas untuk menambah kesan gahar.

Di sisi depan keyboard-nya, gamers juga dapat menemukan beberapa lampu indikator untuk sleep, hard disknum lockcaps lockbluetoothwifi, dan baterai.

Di bagian belakang monitor, terdapat logo MSI yang dapat menyala ketika laptop ini diaktifkan. Sementara di bagian bawah, GS73VR terkesan bersih dengan hanya menghadirkan kaki-kaki karet dan ventilasi udara saja.

MSI-GS73VR-stealth-pro-3-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Dari segi ukuran penampangnya, laptop ini memiliki dimensi 41,18 cm x 28,49 cm dengan bobot 2,39 kg.

Sedikit beralih dari unit laptop-nya sendiri, dalam paket penjualannya, MSI juga menyertakan sebuah ransel khusus yang kuat, kokoh, dan banyak ruang penyimpanan. Dengan begini, tentunya gamers tidak akan perlu repot-repot mencari tas ransel di luaran sana yang cocok untuk membawa GS73VR berpergian.

Spesifikasi Internal

Untuk menjalankan kebutuhan komputerisasi, MSI GS73VR dibekali dengan prosesor Intel Core i7 6700 HQ Quadcore @2,6GHz dan RAM sebesar 16 GB (maks 32 GB).

MSI-GS73VR-stealth-pro-13-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Sementara untuk menangani kebutuhan grafis, laptop ini diperkuat dengan Nvidia GTX 1060 dengan VRAM 6 GB GDDR 5. Terdapat juga VGA Intel HD Graphics 530 yang digunakan untuk menjalankan kebutuhan grafis ringan.

Dan untuk kapasitas penyimpanan, GS73VR dibekali dengan SSD M.2 128 GB untuk penyimpanan sistem dan HDD 1 TB untuk penyimpanan data.

Monitor

MSI GS73VR dibekali dengan monitor 17,3 inci yang memiliki resolusi 4K 3840 x 2160 piksel. Merupakan panel IPS, monitor laptop ini mampu menghadirkan kualitas warna yang baik dan akurat. Tidak hanya itu, untuk memaksimalkan tampilan warnanya, MSI juga membenamkan pengaturan 100% Adobe RGB dalam software MSI True Color.

MSI-GS73VR-stealth-pro-4-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Dan seperti yang telah disampaikan tadi, MSI menyematkan software MSI True Color yang berfungsi untuk memaksimalkan tampilan warna monitor sesuai dengan kebutuhan. Contohnya seperti mode Gamer yang memiliki nuansa warna lebih hangat dibanding mode Office, mode Anti-Blue yang meminimalisir sinar biru agar mata tidak cepat lelah, dan beberapa mode lainnya.

Dari segi penampang fisiknya, monitor ini didukung dengan engsel yang kuat dan solid sehingga sama sekali tidak memberikan kesan ringkih saat dibuka tutup.

MSI-GS73VR-stealth-pro-5a-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Di bagian atas monitor ini, terdapat sebuah webcam HD (720p) dan mic untuk kebutuhan streaming dan multimedia lainnya.

Keyboard dan Touchpad

Seperti pada laptop keluaran MSI yang lainnya, GS73VR dibekali dengan keyboard besutan dari SteelSeries. Merupakan sebuah full sized keyboard yang dilengkapi dengan numpad, keyboard ini juga terlihat bergaya dengan font style khas MSI dan backlight RGB yang tentunya dapat diatur konfigurasi warnanya melalui software MSI Dragon Center.

MSI-GS73VR-stealth-pro-6a-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Meskipun masih terdapat area yang luas di penampang keyboard-nya, MSI tidak menyematkan tombol untuk kebutuhan macro atau tombol multimedia lainnya.

Di sisi kanan atas keyboard, hanya terdapat satu tombol untuk menyalakan dan mematikan laptop ini. Meskipun tombol untuk fan boost harus absen di seri laptop MSI ini, gamers masih tetap dapat mengatur kecepatan kipas melalui software MSI Dragon Center tadi.

MSI-GS73VR-stealth-pro-7a-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Touchpad di laptop ini tampil minimalis dengan frame berwarna merah metalik di sekelilingnya yang terkesan menyala jika terkena cahaya. Performanya terasa sangat memuaskan karena keterbacaannya yang akurat dan hadirnya multitouch. Menariknya lagi, touchpad di GS73VR memiliki fitur palm rejection yang terbilang jauh lebih baik dibandingkan laptop MSI lainnya.

Audio

Masuk ke audio, MSI GS73VR dibekali dengan teknologi Nahimic 2 yang diklaim mampu menghadirkan efek suara 360 derajat untuk dapat memanjakan telinga gamers dalam bermain game.

Melalui software Nahimic, gamers dapat melakukan berbagai macam pengaturan audio mulai dari kekuatan basstreble, hingga tingkat kejernihan suara yang dikeluarkan. Bahkan gamers juga dapat mengaktifkan Sound Tracker untuk mengetahui arah sumber suara di dalam game.

MSI-GS73VR-stealth-pro-8-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Laptop ini dibekali dengan speaker yang terletak di sisi atas dan depan keyboard. Suara yang dihasilkan melalui speaker-nya ini terdengar cukup baik dalam pengaturan volume standar, akan tetapi, saat berada dalam volume maksimal, suara terasa cukup pecah dan cempreng sehingga kurang nyaman didengarkan.

Konektivitas

Di sisi kiri, gamers dapat menemui Kensington Lock, RJ45-LAN port untuk internet, 1x SD card reader, 3x USB 3.0 port, dan 2x 3.5 mm audio jack.

MSI-GS73VR-stealth-pro-9-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Sementara di sisi kanan, terdapat power portmini display port, HDMI port, 1x USB type-C port, dan 1x USB 2.0 port.

MSI-GS73VR-stealth-pro-10-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Performa dan Baterai

Masuk ke tahap pengujian performa dan ketahanan baterai, MSI GS73VR mampu menghadirkan impresi yang baik dalam hampir setiap aktivitas yang dikerjakannya. Memiliki RAM berkapasitas 16 GB, pekerjaan standar seperti mengetik atau menonton video hingga pekerjaan berat seperti bermain game dan melakukan editing dapat diselesaikan dengan mudah tanpa adanya hambatan yang berarti.

Laptop ini dibekali dengan software MSI Dragon Center yang dapat mengubah pengaturan performa. Terdapat 4 performa yang tersedia, yaitu Sport untuk performa terkuat, Comfort untuk yang lebih ringan, Eco untuk kondisi hemat baterai, dan Power Option untuk pengaturan lainnya.

Ketika menggunakan mode Sport untuk bermain game yang membutuhkan kemampuan grafis tinggi seperti Overwatch dan Rise of the Tomb Raider, laptop ini dengan mudah dapat melibasnya dengan frame rate mencapai 110 FPS.

MSI-GS73VR-stealth-pro-30-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

MSI-GS73VR-stealth-pro-11-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Meskipun begitu, pada mode ini, GS73VR akan mengeluarkan suara kipas yang cukup kencang dan suhu di keyboard yang cukup hangat sebagai kompensasi untuk performa yang ditampilkan.

Sementara saat menggunakan mode Comfort, laptop ini hanya dapat mencapai angka 80 FPS untuk kedua game tadi. Dan untuk mode Eco, rata-rata frame rate yang dicapai hanya mentok di kisaran 45 FPS saja.

MSI-GS73VR-stealth-pro-14-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

MSI-GS73VR-stealth-pro-15-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Tidak hanya digunakan untuk bekerja dan bermain game, INIGAME juga melakukan pengetesan performa GS73VR menggunakan benchmarking software seperti Unigine dan 3D Mark. Pengetesan benchmarking ini dilakukan dengan menggunakan mode Sport agar mendapatkan hasil maksimal yang dapat dicapai oleh laptop ini. Dan berikut adalah hasilnya.

MSI-GS73VR-stealth-pro-17-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review –  Valley Sport HD

MSI-GS73VR-stealth-pro-18-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review – Valley Sport 4K

MSI-GS73VR-stealth-pro-19-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review – Heaven Sport HD

MSI-GS73VR-stealth-pro-20-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review – Heaven Sport 4K

MSI-GS73VR-stealth-pro-21-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review – Time Spy Ultra Sport HD

MSI-GS73VR-stealth-pro-22-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review – Time Spy Ultra Sport 4K

MSI-GS73VR-stealth-pro-23-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review – Fire Strike Ultra Sport HD

MSI-GS73VR-stealth-pro-24-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review – Fire Strike Ultra Sport 4K

Dalam pengujian baterai, MSI GS73VR menunjukkan ketahanan yang cukup standar layaknya gaming laptop pada umumnya. Saat didiamkan dalam kondisi idlelaptop ini mampu bertahan selama sekitar 3 jam. Lalu saat menggunakannya untuk melakukan pekerjaan ringan seperti mengetik dan mendengarkan lagu, laptop ini mampu bertahan selama hampir 2 jam.

MSI-GS73VR-stealth-pro-12-review

INIGAME STOCK IMAGE : MSI GS73VR Stealth Pro Review

Sementara saat digunakan untuk melakukan pekerjaan berat, laptop ini mampu bertahan selama sekitar 1 jam 15 menit saja.

Pengujian baterai tadi dilakukan menggunakan mode Eco dan tidak dapat dilakukan untuk mode Comfort dan Sport, karena kedua konfigurasi ini hanya dapat digunakan ketika laptop dihubungkan ke sumber listrik.

Kesimpulan

MSI GS73VR bisa dikatakan sebagai sebuah gaming laptop yang sangat ideal untuk para gamers yang menginginkan kekuatan di dalam keringkasan. Meskipun hadir dengan bentuk yang tipis, MSI seperti tidak melupakan semua aspek kekuatan sebuah mesin gaming di dalam seri laptop-nya ini.

Beberapa fitur fisik memang perlu dipangkas seperti ketiadaan kipas jumbo dan fitur fan boost-nya, hingga absennya subwoofer yang membuat kualitas audio speaker terasa kurang macho.

Akan tetapi, beberapa hal lain seperti akses konektivitas yang tersedia lengkap di kedua sisinya, hingga hal sederhana seperti logo MSI yang masih dibuat menyala menjadi bukti nyata bahwa MSI tetap tidak berniat untuk menurunkan kualitas semata-mata karena alasan volume produk yang tipis dan terbatas.

Bicara tentang kemudahan dan kepraktisan, GS73VR jelas akan mencuri perhatian banyak orang dari dimensinya yang tipis. Bobotnya pun terbilang standar untuk sebuah laptop berukuran 17 inci. Belum lagi, MSI juga menyertakan sebuah tas ransel sebagai dukungan dari mereka untuk para gamers yang ingin membawa mesin gaming ini kemana-mana.

MSI GS73VR Stealth Pro sudah tersedia di Indonesia dan dijual dengan kisaran harga Rp33 juta. Tertarik untuk menimangnya, gamers?

Comments

comments

Hi! I'm Vincent Suryaputra, COO & Co-founder of INIGAME. I love anything about games, science, and mythical stories. You can reach me on [email protected] and follow my Twitter @vincsurya

More in Notebook

Advertisement

Trending



Advertisement

To Top