Connect with us

Lenovo Legion Y720 Review

lenovo-y720-cover-review

News

Lenovo Legion Y720 Review

INIGAME.ID – Menunjukkan keseriusannya untuk merambah segmen gaming laptop, perusahaan komputer asal Tiongkok, Lenovo, telah meluncurkan lini produk Legion yang terdiri dari beberapa produk unggulan dengan spesifikasi tinggi untuk menemani para gamers.

Setelah beberapa minggu lalu INIGAME membahas mengenai gaming desktop Lenovo Legion Y720 Cube, pada kesempatan kali ini, giliran Lenovo Legion Y720 gaming notebook yang akan dikulik lebih dalam mengenai kemampuan dan performanya.

Lenovo-Y720-Intro-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review

Legion Y720 sendiri merupakan gaming notebook yang diarahkan bagi kelas menengah ke atas dengan spesifikasinya yang dipenuhi dengan komponen keluaran terbaru. Lalu, kira-kira seperti apa performa yang dihadirkan? Berikut pembahasan selengkapnya.

Unboxing

Tidak seperti Legion Y720 Cube yang hadir dengan kotak berwarna cerah, Lenovo Legion Y720 hadir dengan kotak berwarna hitam dengan tulisan Legion di bagian depannya, tanpa adanya gambar penampakan untuk notebook ini sendiri.

Lenovo-Y720-Unboxing-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review – Unboxing

Kotaknya sendiri terkesan sangat minim informasi. Satu-satunya hal yang dapat dipelajari melalui kotaknya ini ada pada salah satu sisi sampingnya, di mana terdapat label berisi informasi spesifikasi internal yang diusung oleh notebook ini.

Ketika dibuka, gamers dapat langsung melihat unit notebook-nya sendiri yang dibungkus oleh kain hitam. Di bawahnya terdapat kartu garansi dan perangkat charger.

Lenovo-Y720-Unboxing-3-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review – Unboxing

Desain, Tampilan, dan Bobot

Telah memiliki pengalaman merilis gaming notebook sejak beberapa tahun lalu, Lenovo telah banyak bereksperimen dalam merancang desain dan tampilan lini produknya. Oleh karena itu, Legion Y720 tampaknya memiliki desain yang mengusung aspek-aspek terbaik dari berbagai produknya terdahulu.

Lenovo-Y720-Tampilan-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review

Saat pertama kali dilihat, Legion Y720 langsung menunjukkan kesan gagah dan garang dengan kombinasi warna hitam dengan sedikit sentuhan warna merah pada bagian speaker-nya di posisi depan. Tidak hanya itu, logo Legion berbentuk huruf Y yang terpampang di bagian belakang layar menemani tulisan Lenovo juga kini menjadi pembeda notebook ini dibandingkan seri terdahulunya.

Lenovo-Y720-dimension-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review – Logo Y

Mengusung kombinasi bahan aluminium di sisi luar dengan lapisan doff di sisi dalam, membuat notebook ini tidak hanya terlihat mahal, tetapi juga nyaman untuk sekadar disentuh.

Di bagian depan, selain terdapat speaker, Lenovo juga memasang ventilasi untuk pembuangan panas. Desainnya terbilang minimalis, tapi sangat ampuh untuk membuang udara panas ke arah depan sehingga udara panas sama sekali tidak akan mengganggu para gamers ketika menggunakannya sepanjang permainan.

Di bagian dalam, gamers dapat melihat keyboard dan touchpad yang ditemani dengan speaker dan tombol power berwarna merah.

Lenovo-Y720-inside-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review – Bagian dalam

Dari desain dan tampilannya saja, sepertinya siapapun dapat menebak bahwa notebook ini memiliki bobot yang cukup menantang. Dan pada kenyataannya, hal ini benar adanya. Dengan dimensi 38 x 27,7 x 2,9 cm, Lenovo Legion Y720 memiliki bobot sekitar 3,2 kg.

Spesifikasi Internal

Seperti yang sempat disebutkan di awal tadi, Lenovo Legion Y720 memiliki spesifikasi teknis yang terbilang mentereng karena hadir dengan komponen keluaran terbaru.

Untuk kinerja komputasi, pada unit yang INIGAME terima, notebook ini dibekali dengan prosesor Intel i7 – 7700 HQ 2,8 Ghz dengan RAM sebesar 16 GB (2 x 8 GB).

lenovo legion y720 review specs cpu

Lenovo Legion Y720 Review Specs CPU

Sementara untuk menangani kebutuhan visual, Legion Y720 dipersenjatai dengan Nvidia GeForce GTX 1060 yang memiliki kapasitas VRAM sebesar 6 GB.

lenovo legion y720 review specs gpu

Lenovo Legion Y720 Review Specs GPU

Beralih ke kapasitas penyimpanan, notebook ini dilengkapi dengan 1 HDD berkapasitas 2 TB dengan 1 unit SSD berkapasitas 256 GB.

lenovo legion y720 review specs others

Lenovo Legion Y720 Review Specs Others

Monitor

Lenovo Legion Y720 dibekali dengan monitor IPS LED anti glare seluas 15,6 inci yang memiliki resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Dengan mengadopsi monitor IPS, Legion Y720 memiliki tingkat kontras warna yang lebih baik dibandingkan monitor biasa.

Lenovo-Y720-display-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review – Monitor

Tidak hanya itu, penampang monitor yang dilapisi dengan lapisan anti glare juga membuatnya cukup nyaman dilihat meskipun di area outdoor sekalipun karena tidak mudah memantulkan cahaya dari lingkungan sekitar.

Di bagian atas monitor, gamers juga dapat menemukan kamera 1280 x 720 piksel yang dapat merekam hingga kecepatan frame rate 30 FPS.

Keyboard dan Touchpad

Masuk ke bagian input-nya sendiri, bagian keyboard yang dimiliki oleh notebook ini memiliki desain yang terbilang cukup standar untuk keyboard notebook pada umumnya. Jika dibandingkan dengan beberapa notebook seri Y sebelumnya seperti Y700 atau Y70-70 Touch, Legion Y720 memiliki keycaps yang 15% lebih besar dan travel distance setiap keys juga dibuat lebih jauh untuk menambahkan kenyamanan dalam mengetik dan bermain.

Lenovo-Y720-backlight-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review – Keyboard dan Touchpad

Di sisi lain, Lenovo membuat keyboard di notebook ini terlihat lebih cantik—karena pada seri ini, terdapat fitur RGB backlight yang dapat diatur dalam aplikasi bawaan Lenovo Nerve Sense.

Sementara untuk bagian touchpad-nya juga tidak ada yang terlalu spesial dan terkesan cukup standar. Performanya sendiri terasa cukup baik dan akurat. Satu hal yang pasti, touchpad yang memiliki ukuran 10,2 x 6,7 cm ini memiliki fitur palm rejection yang terbilang sangat baik sehingga dapat meminimalisir pergerakan pointer secara tidak sengaja.

Audio

Lenovo tampaknya sama sekali tidak ingin berkompromi dari segi kualitas audio. Lenovo Legion Y720 dipersenjatai dengan dua buah speaker besutan JBL yang terpasang di bagian depan notebook dan depan monitor.

Lenovo-Y720-speaker-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review – Audio

Lebih dari itu, di bagian bawah, gamers juga dapat menemukan sebuah subwoofer besar yang didukung oleh teknologi Dolby Atmos. Dan bagi gamers yang belum tahu, Legion Y720 menjadi notebook pertama yang mengusung teknologi Dolby Atmos untuk kebutuhan audionya.

Berbekal kedua perangkat audio ini, hasil audio yang dihasilkan oleh Legion Y720 memang terasa sangat jernih dan bertenaga. Bahkan ketika volume dipaksakan hingga maksimal sekalipun, suara sama sekali tidak terkesan pecah.

Tidak hanya dari segi hardware, kualitas audio dapat dimaksimalkan menggunakan software Dolby Atmos yang menyimpan beberapa template untuk kebutuhan tertentu, seperti bermain game, menonton film, hingga mendengarkan musik.

Konektivitas

Untuk kebutuhan konektivitas, Legion Y720 dibekali dengan 1x USB 3.0 port, 1x LAN port, dan 1x Audio jack combo yang menemani power port dan Kensington Lock di sisi kiri.

Lenovo-Y720-port-left-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review – Sisi kiri

Sementara di sisi kanan, gamers dapat menemukan 2x USB 3.0 ports, 1x USB Type-C port, 1x Thunderbolt port, dan 1x HDMI port.

Lenovo-Y720-port-right-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review – Sisi kanan

Performa dan Baterai

Merupakan sebuah gaming notebook dengan spesifikasi mentereng tentu membuat para gamers tidak lagi perlu khawatir untuk menjalankan berbagai game kelas atas.

Dalam menguji notebook ini, selain mencobanya untuk bermain game, INIGAME menggunakan beberapa aplikasi benchmark seperti 3D Mark dan Unigine dengan pengaturan Ultra. Lebih dari itu, ketahanan baterai hingga tingkat panas yang dihasilkan ketika notebook ini sedang bekerja juga menjadi hal yang tidak terlupakan untuk diuji.

Ketika digunakan untuk bermain, INIGAME mencoba menggunakan game Overwatch untuk menguji kemampuan notebook ini. Hasilnya, dalam pengaturan Ultra (pengaturan yang direkomendasikan), game dapat berjalan dengan mulus mencapai 58-65 FPS dengan status suhu sebagai berikut.

lenovo legion y720 review openhardwaremonitor

Lenovo Legion Y720 Review OpenHardwareMonitor

Sementara dari segi pengujian benchmark, berikut adalah hasilnya.

lenovo legion y720 review fire strike

Lenovo Legion Y720 Review Fire Strike

Lenovo Legion Y720 Review Fire Strike Extreme

Lenovo Legion Y720 Review Fire Strike Extreme

lenovo legion y720 review time spy

Lenovo Legion Y720 Review Time Sy

Untuk kemampuan baterai yang dihadirkan, Lenovo Legion Y720 mampu bertahan sekitar 2,5 jam pada kondisi penggunaan maksimal (aplikasi benchmark berjalan dengan tingkat kecerahan monitor maksimal).

lenovo legion y720 review battery

Lenovo Legion Y720 Review Battery

Sementara pada kondisi idlenotebook ini mampu bertahan sekitar 5 jam.

Lenovo Nerve Sense

Tidak hanya menghadirkan segala hal yang maksimal melalui bentuk fisiknya, Lenovo pun tidak lupa memperhatikan pentingnya dukungan software. Lenovo Legion Y720 dilengkapi dengan aplikasi Lenovo Nerve Sense.

lenovo legion y720 review lenovo nerve sense

Lenovo Legion Y720 Review Lenovo Nerve Sense

Melalui aplikasi ini, gamers dapat menjalankan berbagai fitur menarik. Mulai dari mengatur tampilan warna backlight, mengaktifkan fitur Extreme Cooling yang dapat meningkatkan kecepatan kipas untuk membuang udara panas dengan lebih cepat, hingga fitur Network Priority untuk memprioritaskan jaringan internet dalam kebutuhan bermain game.

lenovo legion y720 review lenovo nerve sense extreme cooling

Lenovo Legion Y720 Review Lenovo Nerve Sense Extreme Cooling

lenovo legion y720 review lenovo nerve sense backlight

Lenovo Legion Y720 Review Lenovo Nerve Sense Backlight

Kesimpulan

Lenovo Legion Y720 tampaknya sangat cocok untuk menjadi senjata utama Lenovo untuk mendobrak segmen gaming notebook di kelas menengah ke atas. Komitmen untuk menghadirkan pengalaman terbaik dalam bermain game dengan jelas dibuktikan oleh Lenovo melalui seluruh aspek di dalam notebook ini.

lenovo-y720-keycaps-inigame

INIGAME STOCK IMAGE: Lenovo Legion Y720 Review

Di samping bentuk dan bobotnya yang terbilang cukup besar dan berat, notebook ini menghadirkan segala kelebihan yang diharapkan oleh para gamers. Mulai dari desain yang gagah, spesifikasi komponen berkelas yang dimuat di dalamnya, fitur audio yang jernih, hingga aplikasi yang mampu memaksimalkan performa dari notebook ini.

Dengan begitu, tidak berlebihan rasanya jika Legion Y720 dinilai dapat menjadi rekan bermain game yang sangat tangguh untuk menghadapi berbagai game yang disodorkan kepadanya.

Lenovo Legion Y720 telah dirilis di Indonesia dengan harga mulai Rp25.499.000,-.

Comments

More in News

To Top