Connect with us

Lenovo Legion Y520 Review

Lenovo-Y520-cover-INIGAME

Notebook

Lenovo Legion Y520 Review

Lenovo Legion Y520 Review

INIGAME.ID – Baru-baru ini Lenovo secara besar-besaran menunjukkan tajinya di dalam industri gaming dengan meluncurkan beberapa produk unggulannya dengan julukan Legion.

Selain menghadirkan Legion Y720 gaming notebook dan Legion Y720 Cube gaming desktop, Lenovo juga memperkenalkan satu produk Legion lain yang tidak kalah menarik untuk dijadikan alternatif.

Adalah Legion Y520, gaming notebook yang memiliki spesifikasi keluaran terbaru dan dijual dengan harga kompetitif, sehingga sangat cocok untuk menjadi pertimbangan para gamers dengan budget terbatas yang ingin memiliki mesin gaming berkualitas.

Lenovo-Y520-intro-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y520 Review

Lalu, kira-kira seperti apa performa yang mampu dihasilkannya? Setelah mencoba menggunakannya selama beberapa waktu, berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Unboxing

Lenovo memberikan proteksi yang sama kepada Legion Y520 seperti layaknya pada Legion Y720. Hadir dengan kotak tebal berwarna hitam dan hanya dihiasi tulisan Legion tanpa adanya gambar penampakan unitnya sendiri, packaging notebook ini terlihat sangat sederhana. 

Satu-satunya informasi mengenai notebook ini adalah spesifikasi detail Legion Y520 yang ditulis di salah satu sisi sampingnya.

Ketika dibuka, gamers dapat langsung melihat unit notebook-nya sendiri yang dibungkus oleh busa dan kain hitam. Di bawahnya terdapat kartu garansi, perangkat charger, dan DVD Rom untuk kebutuhan membaca DVD.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Jika dibandingkan dengan Legion Y720, Legion Y520 memiliki tampang yang jauh lebih kalem. Salah satu yang langsung menjadi pembeda adalah ketiadaan logo Y di bagian belakang monitor notebook ini. Bagian casing monitor yang berlapis tekstur karbon ini hanya dilengkapi dengan logo Lenovo di sisi atasnya.

Bagi gamers yang belum tahu, logo Y berwarna merah seakan sudah menjadi identitas Lenovo dalam meluncurkan lini gaming mereka.

Dua produk Lenovo Legion lain, yaitu Legion Y720 dan Legion Y720 Cube hadir dengan logo ini.

Tidak hanya mengabsenkan logonya saja, Lenovo juga menghilangkan sentuhan warna merah pada bagian ventilasi dan speaker-nya di bagian depan, menyisakan hanya warna hitam di sana.

Lenovo-Y520-front-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y520 Review

Meskipun begitu, gamers tidak perlu kecewa dengan penampilan luar notebook ini yang memang terlihat serba hitam.

Pasalnya, ketika dibuka, kesan sebagai gaming notebook langsung terpancar, mulai dari lapisan doff, desain speaker hingga layout, warna, dan desain keyboard-nya. Lebih lengkap mengenai speaker dan keyboard akan dibahas di poin berikutnya.

Jika dilihat secara menyeluruh, Legion Y520 memang “kalah gaming” dibandingkan Legion Y520. Akan tetapi, saat dinyalakan, notebook ini terkesan mulai menunjukkan bahwa ia memiliki banyak kemampuan yang tersimpan di dalamnya.

Legion Y520 memiliki dimensi yang sedikit lebih ramping dan bobot yang sedikit lebih ringan dibanding Legion Y720. Dengan dimensi 38 x 26,5 x 2,58 cm, notebook ini memiliki bobot sekitar 2,8 kg.

Spesifikasi Internal

Bicara tentang dapur pacu di dalamnya, Lenovo Legion Y520 memiliki spesifikasi teknis yang berada di kelas menengah, berada di bawah Legion Y720.

Untuk menjalankan kinerja komputasi, pada unit yang INIGAME terima, notebook ini dibekali dengan prosesor Intel i7 – 7700 HQ 2,8 Ghz dengan RAM sebesar 8 GB (maksimal 16 GB).

Sementara untuk menangani kebutuhan visual, Legion Y520 dipersenjatai dengan Nvidia GeForce GTX 1050 yang memiliki kapasitas VRAM sebesar 4 GB.

Beralih ke kapasitas penyimpanan, notebook ini dilengkapi dengan 1 HDD berkapasitas 1 TB.

Monitor

Lenovo Legion Y520 dibekali dengan monitor IPS LED anti glare seluas 15,6 inci yang memiliki resolusi full HD 1920 x 1080 piksel.

Mengadopsi monitor IPS membuat Legion Y520 memiliki tingkat kontras warna yang lebih baik dibandingkan monitor biasa.

Dan karena memiliki lapisan anti glare yang dapat meminimalisir pantulan cahaya ke mata, para gamers tidak perlu khawatir untuk menggunakan notebook ini di area outdoor sekalipun.

Di bagian atas monitor, Lenovo tidak lupa menyematkan kamera 1280 x 720 piksel yang dapat merekam hingga kecepatan frame rate 30 FPS.

Keyboard dan Touchpad

Melanjutkan bahasan yang sempat disinggung di awal tadi, Legion Y520 memiliki desain keyboard dan touchpad yang terbilang sangat menarik.

Setidaknya kedua bagian ini mampu memberikan kesan gahar seperti apa yang hampir selalu para gamers inginkan untuk notebook-nya.

Lenovo-Y520-keyboard-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y520 Review

Legion Y520 dibekali dengan backlight merah pada keyboard-nya. Warna merah ini memancar dengan sangat kontras melalui keycaps-nya yang memiliki desain dan bentuk unik khas Lenovo.

Menariknya, Lenovo menghadirkan desain yang berbeda pada tombol “langganan” para gamers, yaitu W, A, S, D, dengan menambah border berwarna merah di sekelilingnya.

Saat digunakan untuk mengetik dan bermain, keyboard ini terasa sangat memuaskan dan nyaman. Beberapa fungsi tertentu seperti volumebrightness, hingga Windows Lock bisa ditemukan pada fungsi alternatif di tombol F1-F12.

Tidak hanya keyboard-nya, touchpad yang dihadirkan oleh notebook ini juga terlihat menarik perhatian.

Bahkan menurut INIGAME, touchpad pada Legion Y520 terlihat jauh lebih menarik dibanding Legion Y720, setidaknya dari segi desain yang hadir dengan potongan miring.

Lenovo-Y520-touch-pad-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y520 Review

Dari segi fungsinya sendiri, touchpad ini terasa cukup standar. Fungsi-fungsi multitouch untuk zoom dan scroll juga dapat berjalan dengan baik tanpa ada kekurangan yang berarti.

Audio

Masuk ke segi audio, Legion Y520 hadir dengan teknologi Harman Audio yang bertanggung jawab untuk kualitas speaker-nya. Sementara dari segi software Lenovo menggunakan Dolby Premium yang telah dikustomisasi secara khusus.

Lebih jauh membahas mengenai speaker-nya sendiri, desain yang dihadirkan terbilang unik karena dibuat menghadap ke tiga sisi. Kualitas suara yang dihasilkan pun terdengar sangat memuaskan. Pasalnya, meskipun Legion Y520 tidak hadir dengan subwoofer, suara yang dikeluarkan oleh speaker terasa sangat bertenaga.

Lenovo-Y520-speaker-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y520 Review

Tidak hanya itu, saat digunakan menggunakan pengaturan volume maksimal, suara yang dihasilkan sama sekali tidak terdengar pecah atau cempreng.

Konektivitas

Untuk kebutuhan konektivitas, Legion Y520 dibekali dengan 1x USB 3.0 port, 1x LAN port, dan 1x Audio jack combo yang menemani power port dan Kensington Lock di sisi kiri.

Sementara di sisi kanan, gamers dapat menemukan 2x USB 3.0 ports, 1x USB Type-C port, 1x Mini SD Card Reader, dan 1x HDMI port.

Performa dan Baterai

Setelah melihat berbagai informasi mengenai fitur-fitur yang dihadirkan olehnya, pengujian yang sebenarnya baur dimulai ketika notebook ini digunakan untuk mengerjakan beberapa hal seperti nonton film, menjalankan benchmark, hingga bermain game.

Aktivitas biasa seperti mengetik, browsing, mendengarkan lagu, dan menonton tentu hanya menjadi beberapa tugas kecil yang dengan sangat mudah bisa disajikan secara maksimal dengan notebook ini.

Lenovo-Y520-use-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y520 Review

Seperti yang disampaikan pada poin audio tadi, kualitas suara yang dihadirkan oleh speaker Legion Y520 terdengar sangat memuaskan.

Oleh karena itu, notebook ini sepertinya juga akan cocok digunakan oleh para pecinta atau pekerja multimedia.

Masuk ke dalam pengujian yang lebih berat, INIGAME menggunakan beberapa aplikasi benchmark seperti 3D Mark dan Unigine serta mencoba bermain game untuk mengetahui seberapa tangguh produk Legion Y520 ini.

Ketika digunakan untuk bermain, INIGAME mencoba menggunakan game Overwatch untuk menguji kemampuan notebook ini.

Sistem dari game merekomendasikan pengaturan High untuk memainkannya.

Bagi yang belum tahu, di dalam Overwatch, High merupakan pengaturan terbaik ketiga. Di atasnya masih terdapat pengaturan Ultra dan Epic.

Hasilnya, dalam pengaturan High ini, game dapat berjalan dengan mulus mencapai 58-65 FPS.

Akan tetapi, saat INIGAME ingin mencoba untuk bermain sambil merekam gameplay menggunakan aplikasi OBS, frame rate game turun cukup drastis di kisaran 28-35 FPS saja.

Kemungkinan besar hal ini dipengaruhi karena unit review ini hanya dibekali dengan RAM 8 GB saja. Sekadar mengingatkan kembali, gamers dapat menambah RAM pada Legion Y520 hingga 16 GB.

Beralih dari pengalaman bermain game sendiri, dari segi pengujian benchmark, Legion Y520 menorehkan skor penilaian sebagai berikut.

Untuk kemampuan baterai yang dihadirkan, Lenovo Legion Y520 mampu bertahan sekitar 1,5 jam pada kondisi penggunaan maksimal (aplikasi benchmark berjalan dengan tingkat kecerahan monitor maksimal).

Sementara pada kondisi idle, notebook ini mampu bertahan sekitar  jam.

Lenovo Nerve Sense

Lenovo juga tidak lupa untuk menghadirkan aplikasi Lenovo Nerve Sense untuk memaksimalkan kinerja hardware pada notebook ini.

Melalui aplikasi ini, gamers dapat menjalankan berbagai fitur, mulai dari mengaktifkan fitur Extreme Cooling yang dapat meningkatkan kecepatan kipas untuk membuang udara panas dengan lebih cepat, Sound Enchantment untuk memaksimalkan kualitas audio, fitur Network Priority untuk memprioritaskan jaringan internet dalam kebutuhan bermain game, hingga fitur Prevent Mistaken Input untuk secara instan mematikan fungsi touchpad dan Windows keys saat game dijalankan.

Kesimpulan

Setelah menggunakannnya selama beberapa waktu, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Lenovo Legion Y520 bisa dikatakan sebagai sebuah gaming notebook yang sangat cocok digunakan baik untuk gamers maupun para pekerja multimedia.

Lenovo-Y520-intro-front-INIGAME

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y520 Review

Notebook ini memiliki segala fitur yang gamers butuhkan dalam sebuah gaming notebook, seperti desain dan tampilan yang garang, spesifikasi tinggi, keyboard yang nyaman, monitor yang jernih, dan tentunya tidak ketinggalan audio yang detail dan bertenaga.

Dari segi fisikpun, notebook ini memiliki bentuk yang cukup ramping dan bobotnya yang terbilang cukup sebanding, sehingga bagi para penggunanya yang ingin membawanya berpergian tentu tidak akan merasa kerepotan.

Untuk ukuran gaming notebook kelas menengah, Lenovo Legion Y520 tentu bisa menjadi pilihan yang menarik di tengah beragam gaming notebook lain di kelas yang setara—belum lagi dengan harga jualnya yang terbilang kompetitif, yaitu berada di kisaran angka mulai dari Rp12.999.000,-.

Menutup kesimpulan kali ini, sepertinya tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa kehadiran Legion Y520 untuk segmen menengah dipastikan akan melengkapi lini produk Lenovo Legion untuk dapat bersaing dengan brand besar lain di industri game.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]

More in Notebook

To Top