Connect with us

MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) Review

msi-ge72vr-apache-pro-cover-2-review

News

MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) Review

MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) Review

INIGAME.ID – Micro Star International atau biasa disebut dengan MSI merupakan salah satu brand yg paling populer di kalangan gamers Indonesia. Salah satunya yaitu gaming laptop, yang mengundang perhatian banyak orang karena selalu menghadirkan teknologi terbaru.

Salah satu contohnya adalah laptop MSI GE72VR yang baru saja diperkuat dengan komponen terbaru yaitu Prosesor Kabylake dan VGA Nvidia GTX 1070.

msi-ge72vr-apache-pro-1-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Casing

Laptop GE72VR untuk varian ini memang belum dirilis secara resmi, tapi INIGAME beruntung untuk bisa mendapatkan kesempatan mencoba salah satu unitnya yang masih merupakan produk engineering sample. Lalu kira-kira seperti apa ya kemampuannya? Berikut pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Ketika pertama kali melihatnya, siapapun akan setuju bahwa MSI GE72VR merupakan sebuah gaming laptop jumbo, karena memiliki dimensi panjang 41,9 cm lebar 28,8 cm tebal 3 cm dengan bobot sekitar 2,7 kg. Hal ini bisa berarti positif maupun negatif.

Pasalnya, di satu sisi, dimensinya yang besar seakan memberikan impresi tenaga yang besar untuk melibas semua aktivitas yang dibebankan kepadanya. Akan tetapi, di sisi lain, hal ini sedikit banyak mengurangi tingkat mobilitas dari laptop ini. Hal ini kembali kepada kebutuhan dan perspektif yang dipilih para gamers.

msi-ge72vr-apache-pro-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Tampilan

Terlepas dari bentuknya yang besar, seperti biasa, MSI memang tidak tanggung-tanggung dalam mendesain produk besutannya. Di sekujur body-nya, laptop ini dilapisi dengan casing berbahan aluminium dan plastik berwarna hitam serta dilengkapi dengan sentuhan garis merah yang membuatnya terlihat sangat premium.

msi-ge72vr-apache-pro-3-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Tampilan belakang

Dan jika diperhatikan lebih detail, MSI GE72VR juga didesain dengan lekukan dan guratan yang tegas, terutama di sisi belakang layarnya, menemani logo MSI yang dapat menyala.

msi-ge72vr-apache-pro-4-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Tampilan belakang

msi-ge72vr-apache-pro-4a-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Logo

Karena merupakan laptop yang didesain untuk tahan banting dalam menerima pekerjaan yang berat, MSI menempatkan ventilasi udara yang besar di bagian belakang keyboard dan sepasang ventilasi kecil di bagian bawah keyboard.

Sementara di bagian depan keyboardgamers dapat menemukan tiga lampu indikator berwarna biru yang berfungsi untuk menampilkan aktivitas internet, baterai, dan hard drive.

msi-ge72vr-apache-pro-5-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Keyboard

Sedikit meninggalkan laptop-nya sendiri, MSI juga akan menyertakan sebuah ransel khusus yang kuat dan terasa kokoh untuk membawa laptop ini dalam berpergian. Hal ini tampaknya menjadi kompensasi yang diberikan oleh MSI, mengingat dengan bentuknya yang besar seperti ini, akan cukup sulit bagi para gamers mencari tas yang sesuai untuk dapat membawanya dengan aman dan nyaman.

msi-ge72vr-apache-pro-6-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Tas ransel

msi-ge72vr-apache-pro-6a-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Tas ransel

msi-ge72vr-apache-pro-6b-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Tas ransel

Spesifikasi Internal

Pada unit yang INIGAME review ini, MSI GE72VR merupakan versi yang terbaru, di mana laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7-7700HQ @2,8GHz dan RAM sebesar 16 GB (max 32 GB).

Sementara untuk kebutuhan grafis, GE72VR dipersenjatai dengan VGA Nvidia GTX 1070 dengan VRAM 8 GB GDDR 5. Laptop ini juga dibekali dengan Intel HD Graphic 630 dengan VRAM 8 GB untuk mengerjakan kebutuhan grafis ringan.

msi-ge72vr-apache-pro-7-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – CPU-Z

Untuk kapasitas penyimpanan, GE72VR memiliki hard disk dengan kapasitas 1 TB dan SSD dengan kapasitas 128 MB.

Detail informasi mengenai performa laptop ini akan dijelaskan lebih lanjut nanti.

Monitor

MSI GE72VR memiliki monitor dengan bentang layar 17,3 inci yang memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Merupakan layar dengan panel IPS yang dibekali dengan lapisan anti glare, monitor laptop ini memiliki sudut pandang yang luas dan tidak mudah terganggu cahaya dari lingkungan luar.

Monitor ini juga dibekali dengan refresh rate mencapai 120 Hertz dan fitur MSI True Color. Keduanya tentu akan memanjakan mata para gamers melalui pergerakan gambar yang mulus dan juga ketajaman detail warna yang akurat.

msi-ge72vr-apache-pro-9-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Monitor

Fitur MSI True Color dapat diakses melalui software MSI Dragon Center. Di dalamnya, gamers dapat mengatur warna yang ditampilkan layar sesuai dengan kebutuhan, seperti Gamer untuk gambar yang tajam, Anti_Blue untuk kebutuhan membaca dalam waktu lama, Office untuk gambar dengan dominan warna biru, dan lain sebagainya.

Dari segi fisiknya sendiri, menyeimbangkan bentuknya yang besar, monitor ini terasa sangat kuat dan solid saat dibuka tutup. Tidak ada kesan lentur yang berlebihan bahkan ketika laptop ini digoyang secara ekstrim.

msi-ge72vr-apache-pro-8-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Monitor

Dan di bagian atas monitor, gamers dapat menemui sebuah webcam dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel dan mikrofon untuk menangkap suara.

Keyboard dan Touchpad

Seperti pada laptop keluaran MSI yang lainnya, GE72VR dipersenjatai dengan keyboard buatan SteelSeries. Merupakan sebuah full sized keyboard yang dilengkapi dengan numpad, keyboard ini juga terlihat bergaya dengan font style khas MSI dan backlight RGB yang tentunya dapat diatur konfigurasi warnanya melalui software MSI Dragon Center.

msi-ge72vr-apache-pro-10-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Keyboard

Meskipun masih terdapat area yang luas di penampang keyboard-nya, MSI masih belum menyematkan tombol untuk kebutuhan macro atau tombol multimedia.

Di sisi kanan atas keyboard, terdapat tombol fan boost untuk menaikkan kecepatan kipas, tombol SteelSeries untuk menyalakan dan mematikan backlight pada keyboard, dan tombol power.

msi-ge72vr-apache-pro-11-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Touchpad

MSI GE72VR memiliki touchpad yang luas dengan dimensi sekitar 11 cm x 6 cm, dilengkapi dengan fitur multi gesture dan ditemani dengan dua buah tombol klik di bagian bawahnya.

Sayangnya, seperti kekurangan di laptop MSI lainnya, bagian touchpad seperti tidak memiliki fitur palm rejection. Hal ini terasa cukup mengganggu karena kursor akan sangat responsif ketika tidak sengaja tersentuh oleh bagian telapak tangan. Meskipun begitu, hal ini bisa ditanggulangi dengan mematikan fungsi touchpad, dan sebagai gantinya gamers harus menggunakan mouse eksternal.

Audio

MSI menggunakan teknologi Dynaudio untuk urusan audio yang dihasilkan. Laptop ini dibekali dengan sepasang speaker di sisi ujung depan bawah keyboard dan sebuah subwoofer di bagian bawah keyboard untuk memberikan tenaga tambahan.

msi-ge72vr-apache-pro-12-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Speaker

Suara yang dihasilkan oleh speaker dan subwoofer ini terbilang cukup besar dan kuat. Akan tetapi, saat menggunakan volume maksimal, suara terasa sedikit pecah dan ada sedikit suara bergetar sehingga membuatnya kurang nyaman untuk didengarkan.

msi-ge72vr-apache-pro-13-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Subwoofer

Jika merasa kurang puas dengan konfigurasi audio yang dihadirkan pertama kali, gamers bisa menggunakan software Nahimic Audio untuk membuat pengaturan baru sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan.

Konektivitas

Untuk kebutuhan konektivitas, pada unit yang INIGAME terima, di sisi kiri, gamers dapat menemui Kensington Lock, RJ45-LAN port untuk internet, 2x USB 3.0 port, HDMI, mini-display port, USB 3.1 type-C, dan 2x 3.5 mm audio jack.

msi-ge72vr-apache-pro-14-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Sisi kiri

msi-ge72vr-apache-pro-15-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Sisi kanan

Sementara di sisi kanan, terdapat power port, SD card reader, dan USB 2.0 port.

Performa dan Baterai

Pertama kali menyalakannya, GE72VR langsung memberikan impresi yang sangat baik dengan booting time hanya sekitar 5 detik saja. Tidak cukup sampai di sana, kejernihan layar dengan refresh rate yang tinggi secara nyata membuat pergerakan kursor terasa jauh lebih mulus.

MSI GE72VR dilengkapi dengan software Dragon Center yang menampilkan informasi mengenai aktivitas komponen. Selain itu, terdapat juga panel yang berisi pengaturan hal-hal spesifik seperti RGB backlight untuk keyboard, kecepatan kipas, konfigurasi untuk performa, dan konfigurasi monitor.

msi-ge72vr-apache-pro-16a-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – MSI Dragon Center

Dalam konifgurasi performa, laptop ini dibekali dengan empat pilihan, mulai dari Sport untuk performa terkuat, Comfort untuk yang lebih ringan, Eco untuk hemat energi, dan Power Option untuk pengaturan lainnya.

INIGAME melakukan pengujian laptop ini melalui beberapa aktivitas mulai dari yang ringan seperti mengetik dan browsing internet, hingga pekerjaan berat seperti bermain game hingga melakukan editing video. Tidak lupa juga benchmarking software seperti Unigine dan 3D Mark akan turut digunakan untuk menjadi penguji kemampuan laptop ini.

Sepertinya tidak perlu lagi dibahas terlalu jauh bagaimana MSI GE72VR dapat mengerjakan semua pekerjaan ringan tanpa adanya masalah sedikitpun. Bahkan bagi laptop ini, aktivitas menonton video dan melakukan editing foto juga tampaknya dapat dikategorikan sebagai pekerjaan ringan.

Masuk ke dalam pengujian berat seperti bermain game, INIGAME mencoba memainkan Overwatch dengan pengaturan maksimal. Hasilnya, game dapat berjalan dengan mulus dengan frame rate menyentuh angka 120-an. Sebagai konsekuensinya, saat pengujian dalam bermain ini, bagian keyboard terasa cukup hangat dan suara kipas harus bekerja ekstra keras hingga menyentuh angka 5000 RPM.

msi-ge72vr-apache-pro-17-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Overwatch

Hal yang hampir serupa juga ditemui ketika melakukan proses rendering video. Kipas terdengar bekerja cukup keras hingga menyentuh angka sekitar 3000 RPM. Perlu diingat, pengujian ini dilakukan menggunakan konfigurasi performa Sport yang menyajikan kemampuan maksimal dari laptop ini.

Dari segi penilaian, berikut adalah hasil pengujian yang diambil dari Unigine dan 3D Mark.

msi-ge72vr-apache-pro-18c-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Fire Strike Extreme Eco Mode

msi-ge72vr-apache-pro-18b-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Fire Strike Extreme Comfort Mode

msi-ge72vr-apache-pro-18d-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Fire Strike Extreme Sport Mode

msi-ge72vr-apache-pro-18f-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Fire Strike Ultra Eco Mode

msi-ge72vr-apache-pro-18e-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Fire Strike Ultra Comfort Mode

msi-ge72vr-apache-pro-18g-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Fire Strike Ultra Sport Mode

msi-ge72vr-apache-pro-18i-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Time Spy Eco Mode

msi-ge72vr-apache-pro-18h-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Time Spy Comfort Mode

msi-ge72vr-apache-pro-18j-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Time Spy Sport Mode

msi-ge72vr-apache-pro-18m-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Heaven Ultra Eco

msi-ge72vr-apache-pro-18l-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Heaven Ultra Comfort

msi-ge72vr-apache-pro-18k-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Valley Ultra Sport

msi-ge72vr-apache-pro-18p-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Valley Ultra Eco

msi-ge72vr-apache-pro-18o-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Valley Ultra Comfort

msi-ge72vr-apache-pro-18n-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Heaven Ultra Sport

Dari segi penggunaan baterai, MSI GE72VR yang memiliki tenaga sebesar ini terasa cukup rakus memakan daya baterai.

Terhitung dalam konfigurasi Eco, pada kondisi idle, GE72VR dapat bertahan sekitar 2 jam. Saat digunakan dalam pekerjaan ringan sekitar 1 jam 15 menit. Dan saat digunakan dalam bermain game, baterainya mampu bertahan selama 50 menit saja.

msi-ge72vr-apache-pro-18a-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) – Batterymon

Pengujian baterai tidak dapat dilakukan untuk konfigurasi Comfort dan Sport, karena kedua konfigurasi ini hanya dapat digunakan ketika laptop dihubungkan ke sumber listrik.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, MSI GE72VR bisa dikatakan sebagai laptop kelas high end yang sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Apalagi laptop ini kini dipersenjatai dengan komponen keluaran terbaru.

Memang dalam beberapa hal, kekurangan yang dialami oleh setiap laptop yaitu suhu yang panas dan baterai yang boros akan menjadi kendala. Akan tetapi kedua hal tersebut terasa sebanding dengan performa yang dihasilkan.

msi-ge72vr-apache-pro-19-review

INIGAME STOCK IMAGE: MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA)

Dilihat dari seluruh aspek, baik kelebihan maupun kekurangannya, MSI GE72VR cocok untuk para semiprofessional gamer yang mementingkan performa maksimal dan kemudahan untuk membawanya kemana-mana.

Bicara tentang kemudahan tadi, ukuran yang besar dan bobot yang cukup berat memang merupakan dua hal yang menjadi kekurangan. Akan tetapi, kembali lagi, MSI telah menyediakan tas ransel khusus yang cukup nyaman dan aman untuk membawanya berpergian.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga varian terbaru dari MSI GE72VR ini. Akan tetapi, diprediksikan gamers membutuhkan uang sekitar Rp30 juta untuk menimang laptop ini. Bagaimana? Tertarik untuk memilikinya gamers?

Comments

comments

Hi! I'm Vincent Suryaputra, COO & Co-founder of INIGAME. I love anything about games, science, and mythical stories. You can reach me on [email protected] and follow my Twitter @vincsurya

More in News

Advertisement

Trending



Advertisement

To Top