Samsung Advanced Curved Monitor CF591 Review
Connect with us

Samsung Advanced Curved Monitor CF591 Review

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-cover-review

News

Samsung Advanced Curved Monitor CF591 Review

INIGAME.ID – Tren monitor mulai bergerak ke arah baru di mana sekarang layar lengkung (curved) telah menjadi unsur baru yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Dan beberapa waktu lalu, Samsung menjadi vendor pertama yang menghubungi INIGAME dan menawarkan pengalaman baru ini melalui produknya Samsung Advanced Curved Monitor CF591.

samsung-advanced-curved-monitor-cf591-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591

Monitor 27 inci yang hadir dengan desain minimalis ini diklaim mampu menjadi teman akrab untuk menemani aktivitas bermain game dengan tampilan cekungnya. Dan setelah beberapa minggu menggunakannya, berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Tampilan dan Desain

Saat pertama kali melihatnya, kesan premium langsung tergambar melalui desain produknya. Pasalnya, monitor ini tampil dengan desain simpel yang didominasi dengan bahan plastik warna putih dan sedikit warna silver di bagian bezelnya.

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-2--review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591

Bagian depannya terlihat sangat bersih tanpa ada embel-embel apapun selain layarnya sendiri yang hadir dengan (hampir) tanpa bezel, logo Samsung, dan sebuah lampu indikator. Di bagian belakang, selain logo Samsung, terdapat berbagai port konektivitas, nomor seri produk, Kensington Lock, hingga tombol power yang juga merupakan joystick multifungsi.

samsung-advanced-curved-monitor-cf591-belakang--review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Tampak belakang

Monitor ini dilengkapi dengan kaki bertelapak lebar yang terlihat cukup anggun dengan warna putih dan silver senada dengan body monitornya. Meskipun begitu, di beberapa kesempatan kaki yang memang tidak terlalu besar ini malah terasa cukup ringkih ketika monitor sedang digeser atau dipindah-pindah.

samsung-advanced-curved-monitor-cf591-kaki-penyangga-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Kaki penyangga

Kekurangan lain yang cukup disayangkan dari kaki monitor ini adalah fungsinya yang tidak terlalu fleksibel. Kaki monitor ini memang menyediakan sedikit ruang untuk mengatur tingkat kemiringan monitor, tapi tidak pada pengaturan tinggi rendah.

samsung-advanced-curved-monitor-cf591-kaki-penyangga-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Kaki penyangga

Sebagai gambaran fisiknya, Samsung Advanced Curved Monitor CF591 memiliki ukuran 61,42cm x 36,29cm (tanpa kaki) x 14,29cm, dan memiliki tingkat kelengkungan (curvature) 1800R.

BACA JUGA:   3 Fitur Samsung Gear S3 Smartwatch untuk Mempermudah Hidup Para Gamers

Resolusi dan Kualitas Visual

Samsung Advanced Curved Monitor CF591 memiliki lebar diagonal 27 inci dengan resoulsi full HD (1920 x 1080). Dengan begini, monitor ini memiliki kepadatan piksel 82 dot per inch (DPI). Secara teknikal, CF591 memiliki refresh rate 60 Hz dan response time 4 milidetik.

Layarnya sendiri menggunakan Vertical Alignment (VA) Panel, yang kelasnya dikenal berada di tengah Twisted Nematic (TN) Panel dan In Plane Switching (IPS) Panel.

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-layar--review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Panel layar

Sementara untuk kualitas visualnya, monitor ini menampilkan tingkat akurasi warna yang terbilang baik, baik dari segi luasnya jangkauan warna, hingga kontras yang dihasilkan. Dan satu hal yang pasti tidak terlihat warna yang lebih dominan dari warna lain.

Masuk ke bidang yang ingin diketahui oleh para gamers, monitor ini sudah dilengkapi dengan fitur AMD FreeSync untuk para gamers yang menginginkan performa lebih lagi ketika bermain game.

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-free-sync-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Tampilan menu FreeSync

Tidak hanya itu, Samsung juga menyediakan fitur tambahan lain seperti Game Mode dan Eye Saver Mode. Game Mode adalah fitur untuk mengatur tingkat kecerahan gambar yang ditampilkan.

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-game-mode-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Tampilan menu game mode

Sementara Eye Saver Mode merupakan fitur yang berfungsi untuk mereduksi sinar biru sehingga mata tidak akan cepat lelah ketika mode ini diaktifkan.

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-eye-saver-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Tampilan eye saver

Bicara tentang pengaturan warna, Samsung juga menyediakan fitur lain lagi yang diberi nama “Magic Bright”. Fitur ini berfungsi untuk menambah tingkat akurasi warna yang ditampilkan, sehingga membuatnya sangat berguna untuk aktivitas yang membutuhkan detail warna akurat seperti desain grafis/ editing.

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-magic-bright-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Tampilan menu magic bright

Pengaturan dasar monitor ini dapat langsung diakses menggunakan tombol multifungsi yang berada di sisi belakang tadi.

BACA JUGA:   Tahun 2016, Samsung Segera Hadirkan 2 Tipe DRAM Tercepat Di Dunia

Konektivitas

Masuk ke bagian konektivitas CF591, Samsung menyematkan Display Port, HDMI, D-Sub Port, dua buah jack untuk kebutuhan audio, dan Power Port. Cukup disayangkan monitor ini tidak memiliki satupun USB port.

samsung-advanced-curved-monitor-cf591-port-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Port close up

Meskipun telah memiliki dua buah jack, monitor ini ternyata cukup mandiri untuk urusan audio. Pasalnya, di dalamnya telah dibenamkan dua unit built in speaker yang mampu menghasilkan suara cukup baik.

Pengalaman Pemakaian

Tim INIGAME telah menggunakan monitor ini untuk melakukan beberapa jenis aktivitas yang beragam. Mulai dari mengetik, melakukan editing foto dan video, menonton film, hingga bermain game selama beberapa jam.

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Tampilan Inigame

Saat menggunakannya untuk melakukan pekerjaan yang konstan seperti mengetik dan menonton, CF591 memang memberikan servis yang maksimal, di mana informasi dari segala sudut monitor dapat ditangkap tanpa perlu menggerakan bola mata terlalu jauh.

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-video-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Tampilan menonton video

Monitor ini terasa cukup baik dalam mendukung pekerjaan yang membutuhkan detail lebih seperti melakukan editing foto atau video. Meskipun begitu, dengan kerapatan piksel yang terlalu biasa, 82 DPI, di beberapa kesempatan, kurang tajamnya gambar menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu.

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-editing-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Tampilan editing video

Sementara saat digunakan untuk melakukan aktivitas yang lebih intens lagi seperti bermain game, CF591 dapat tampil dengan sangat maksimal untuk menemani aktivitas bermain. Bahkan dalam beberapa kondisi, kelengkungan monitor ini seakan mampu menghadirkan kesan kedalaman yang lebih nyata.

BACA JUGA:   SAMSUNG Terapkan Standar Baru di Galaxy S10

Saat AMD FreeSync diaktifkan, sejujurnya, INIGAME melihat secara sekilas tidak terlalu ada perbedaan yang terlihat. Pasalnya, untuk mencapai frame rate 60 fps (untuk mengejar 60 Hz yang diusung oleh CF591) di monitor resolusi 1902 x 1080 tampaknya bukan hal yang terlalu sulit untuk beragam kartu grafis yang beredar sekarang ini. Lain halnya jika bicara tentang monitor dengan spesifikasi 144 Hz.

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-game-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591 – Tampilan saat bermain game

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan tetap akan ada faktor-faktor kecil yang menyebabkan munculnya jeda sepersekian detik antara kartu grafis dengan monitor, terlebih dalam kondisi tertentu dalam game DotA 2 atau Overwatch saat kondisi ramai dan menghasilkan gambar yang kompleks.

Untuk itu, tidak bisa dipungkiri memang pastinya akan ada efisiensi gambar lebih yang dihasilkan oleh fitur FreeSync ini. Hal ini memang sangat subjektif dan terlihat berbeda di mata setiap orang.

Kesimpulan

Curved monitor memang menjadi tren baru beberapa tahun belakangan ini. Dan karena merupakan lompatan besar dari flat monitor, perlu adanya transisi untuk mengantar para konsumen, mulai dari pekerja kantoran, desainer, dan tentunya para gamers memasuki tren ini. Dan setelah INIGAME mengamatinya, sepertinya Samsung Advanced Curved Monitor CF591 adalah produk yang tepat untuk melakukan tugas ini. Kenapa begitu?

samsung-advanced-curved-monitor-cf59-3-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591

Secara garis besar, monitor ini sebenarnya “hanya” membenamkan teknologi curved monitor ke dalam spesifikasi monitor standar pada umumnya, yaitu resolusi 1920 x 1080 dan refresh rate 60 Hz dalam bentang layar 27 inci.

Mungkin monitor ini memang tidak ditujukan bagi para performance hardcore yang hanya mau menggunakan monitor dengan refresh rate lebih tinggi. Akan tetapi, bagi gamers atau pekerja grafis yang hanya ingin merasakan pengalaman baru dengan layar cekung tanpa terlalu memikirkan performa, mungkin CF591 adalah pilihan yang layak dipertimbangkan.

samsung-advanced-curved-monitor-cf591-4-review

INIGAME STOCK IMAGE: Samsung Advanced Curved CF591

Satu hal yang paling penting dari semua kesimpulan di atas tentu kembali kepada berapa harga yang harus ditebus untuk menimang monitor berlayar lengkung ini. Seperti yang diungkapkan langsung oleh pihak Samsung, di Indonesia, monitor ini telah tersedia dan bisa dibeli dengan harga mulai Rp4.500.000,-.

Harga yang cukup kompetitif memang, mengingat gamers akan mendapatkan curved monitor dengan tampilan stylish, spesifikasi dasar yang berada di kisaran rata-rata, hingga beragam fitur dan software pendukung untuk para gamers.

More in News

MUST READ

To Top