Connect with us

Lenovo Legion Y720 Cube Review

lenovo-y720-cube-cover-review-(26)

Review

Lenovo Legion Y720 Cube Review

Lenovo Legion Y720 Cube Review

INIGAME.ID – Lenovo tampaknya terlihat semakin serius untuk masuk bermain di ranah gaming. Selain terus melakukan upgrade untuk lini produknya secara berkala, publikasi besar-besaran untuk nama Legion sebagai brand gaming besutan Lenovo seakan menjadi bukti nyatanya.

Salah satu produk baru yang akan segera hadir dalam waktu dekat ini adalah Lenovo Legion Y720 Cube, sebuah gaming desktop yang hadir dengan desain yang unik karena mengutamakan portabilitas sehingga para gamers dapat dengan mudah membawanya kemana-mana.

lenovo-y720-cube-review-(25)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review

Sebagai penerus Y710 Cube yang tetap mengusung desainnya yang terbilang compact, kira-kira seperti apa performa yang dihadirkannya? Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Unboxing

Hanya dilihat melalui desain kotaknya saja, siapapun dapat melihat bagaimana Lenovo Legion Y720 Cube ini memiliki desain yang berbeda dengan desktop PC pada umumnya. Bentuk kotaknya melebar ke samping, bukan ke memanjang ke atas.

lenovo-y720-cube-review (1)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Packaging

Gamers dapat melihat gambar fisik dari unit Legion Y720 Cube yang ditampilkan secara full color di sisi depan dan belakang kotak ini.

Ketika dibuka, gamers akan langsung menemukan unit PC-nya yang terlihat jauh lebih kecil dari ukuran kotaknya. Tidak hanya dilindungi oleh bongkahan busa untuk menjaganya dari benturan, PC ini juga dilindungi oleh kain busa untuk melindunginya dari goresan.

lenovo-y720-cube-review-(22)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion  Y720 Cube Review – Unboxing

lenovo-y720-cube-review-(21)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Keyboard dan Mouse

Selain unit PC-nya sendiri, paket penjualan Legion Y720 Cube juga dilengkapi dengan keyboard dan mouse di dalamnya. Sayangnya, keyboard dan mouse yang disertakan hanya merupakan aksesoris standar tanpa fitur khusus gaming baik dari segi desain, maupun dari segi fungsi di dalamnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Seperti yang sempat disampaikan di awal tadi, Lenovo Legion Y720 Cube memiliki desain berbeda dibandingkan gaming PC yang lain. Sesuai dengan nama cube di belakangnya, PC ini dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk yang compact dan terkesan berusaha mengejar ukuran panjang yang sama di setiap sisinya.

lenovo-y720-cube-review (16)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Tampilan Depan

Memiliki dimensi sekitar 31,5 x 39 x 26 cm, PC yang hadir dengan warna hitam dengan sentuhan merah ini memang terlihat lebih ceper dibanding PC desktop pada umumnya. Akan tetapi, di sisi lain Legion Y720 Cube terlihat lebih gemuk dan bongsor. Kesan ini memang sangat cocok seperti esensi sebuah kubus.

lenovo-y720-cube-review-(24)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Tampilan Atas

Melihat lebih jauh ke setiap sisinya, dimulai dari bagian depan, Legion Y720 Cube dipercantik dengan desain yang meruncing disertai dengan logo Y dan sepasang strip LED yang dapat berpendar berwarna merah. Tidak lupa logo Lenovo juga hadir di bagian ini dan disematkan di sisi kiri atas.

lenovo-y720-cube-review (20)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Tampilan Depan

Meskipun terlihat sangat solid dengan warna hitam yang diusungnya, bagian depan PC ini sejatinya didominasi dengan bagian berongga yang berperan sebagai ventilasi untuk memasukkan udara ke dalam rangkaian komponen di dalamnya. Tidak ada konektor apapun di bagian depan Legion Y720 Cube yang membuatnya terlihat sangat bersih dan rapi.

Tidak hanya di bagian depan, ventilasi juga tersemat rapi di kedua bagian samping, belakang, bahkan atas PC ini. Berbeda dari ventilasi di bagian depan dan belakang, Lenovo memberikan sentuhan desain yang menarik pada ventilasi di bagian samping dan atas.

lenovo-y720-cube-review (19)

INIGAME STOCK IMAGE :Lenovo Legion Y720 Cube Review – Ventilasi Depan

Pada bagian samping, ventilasi didesain dengan posisi aerodinamis yang tidak hanya membuatnya terlihat keren, tapi juga mengalirkan udara ke arah bawah.

lenovo-y720-cube-review (6)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Ventilasi Samping

Sementara di bagian atas, ventilasi dibuat mengarah ke belakang guna menjauhi udara panas dari dalam PC agar tidak dihembuskan ke arah gamers yang berada di depan PC.

Selain ventilasi, di bagian atas Legion Y720 Cube, gamers dapat menemukan sebuah handle yang besar dan kokoh untuk mengangkat PC ini dengan sangat mudah. Kombinasi antara bentuk yang compact dengan handle inilah yang menjadi daya tarik Legion Y720 Cube sebagai sebuah PC yang mudah dibawa kemana-mana.

lenovo-y720-cube-review (13)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Handle

Tampil bersih di bagian depan, samping, dan atas, di Lenovo menyematkan hampir semua konektor yang diperlukan sebuah PC di bagian belakang. Pembahasan mengenai konektivitas ini akan dijelaskan lebih lanjut di poin selanjutnya.

Sedikit beralih dari unit PC, Lenovo juga menghadirkan sebuah keyboard dan mouse di dalam paket penjualan Legion Y720 Cube. Sayangnya, keyboard dan mouse ini terbilang merupakan peripheral yang terkesan sangat biasa dan di bawah rata-rata kebutuhan gaming. Meskipun begitu, pihak Lenovo sebenarnya tetap menyediakan gaming peripheral yang dijual terpisah di pasaran.

lenovo-y720-cube-review (8)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Keyboard dan Mouse

Keyboard-nya memiliki chiclet keycaps seperti yang sering ditemui di keyboard laptop. Sementara mouse-nya hanya memiliki tiga tombol saja dengan konfigurasi DPI yang tetap.

Spesifikasi Internal

Masuk ke bagian dalamnya, Lenovo Legion Y720 Cube dipersenjatai dengan komponen di kelas menengah ke atas untuk menunjang performa yang mampu dilakukannya.

PC ini mendapatkan sumber dayanya dari power supply Acbel Polytech dengan tenaga maksimal 450 watt. Seluruh komponen internal dari Legion Y720 Cube akan saling berkomunikasi melalui motherboard Intel H170 yang memiliki dua slot untuk RAM dan satu slot VGA.

lenovo-y720-cube-review (4)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Tampilan Dalam

Desain internal komponen Legion Y720 Cube dibuat sedemikian rupa sehingga mampu meminimalisir ruang kosong yang ada di dalam casing sehingga membuatnya terlihat padat.

Pada unit yang INIGAME terima, Lenovo Legion Y720 Cube dipersenjatai dengan prosesor Intel i5-7400 3 GHz dengan RAM sebesar 8 GB yang dapat dimaksimalkan hingga 16 GB DDR 4.

lenovo y720 cube review cpu specs

Lenovo Y720 Cube Review CPU Specs

Sementara untuk menangani kebutuhan grafis, unit yang INIGAME terima mengusung GPU AMD Radeon RX 480 dengan VRAM sebesar 8 GB.

lenovo y720 cube review gpu specs

Lenovo Y720 Cube Review GPU Specs

Bagi gamers yang mungkin merasa kurang puas dengan GPU bawaan dari paket penjualan Y720 Cube, gamers dapat dengan mudah menggantinya dengan GPU lain karena ruang yang disediakan di casing PC ini terbilang cukup luas.

lenovo-y720-cube-review (3)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Tampilan Komponen Dalam

Tidak hanya GPU, gamers juga bisa menambahkan kapasitas penyimpanan yang tersedia di PC ini hingga dua unit HDD berkapasitas masing-masing 1 TB.

Pihak Lenovo mengatakan bahwa unit yang INIGAME review merupakan varian low specs. Sementara versi tertinggi dari PC ini dipersenjatai dengan komponen prosesor Intel i7, memori penyimpanan SSD, RAM hingga 32 GB, dan kartu grafis Nvidia GTX 1080.

Konektivitas

Melihat lebih lanjut ke bagian konektivitas yang dihadirkan Lenovo di PC ini, gamers akan dapat menemukan sebagian besar konektor di bagian belakang.

Gamers dapat menemukan power port, 2 buah USB 3.0 ports, 4 buah USB 2.0 ports, 1 buah PS/2 slot, 1 buah RJ45 Gigabit LAN w/ Killer LAN port, 6 buah audio jack, 1 buah VGA port, 1 buah HDMI port, 1 buah DVI port, dan VGA port yang tersambung langsung ke GPU.

lenovo-y720-cube-review (12)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Sisi Belakang

Tidak hanya di bagian belakang, di bagian atas, gamers juga dapat menemukan 2 buah USB 3.0 ports dan 2 buah audio jacks yang menemani tombol power. Tidak ketinggalan, untuk menunjang portabilitasnya, Legion Y720 Cube juga telah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth dan WiFi sehingga gamers bisa langsung berkomunikasi antar perangkat atau menggunakan jaringan internet tanpa perlu menarik kabel.

lenovo-y720-cube-review (15)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review – Sisi Belakang

Berbicara tentang WiFi, ada hal menarik lain yang dihadirkan Lenovo dalam PC-nya ini, yaitu Xbox Controller yang juga dihubungkan menggunakan WiFi. Dengan begini, gamers tidak hanya bisa menggunakan PC ini secara pribadi, tetapi juga dapat dimainkan sebagai konsol rumahan tanpa perlu ribet menghubungkan kabel atau adapter USB.

Performa

Masuk ke dalam performa yang dihadirkan, Lenovo Legion Y720 Cube dapat dengan mudah melibas semua pekerjaan ringan hingga menengah, seperti mengetik, browsing, menonton film, melakukan editing foto, hingga melakukan multitasking antar program. Untuk itu, jika digunakan untuk bekerja, sepertinya PC ini sama sekali tidak akan mengalami kendala berarti.

lenovo-y720-cube-review (10)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Legion Y720 Cube Review

Pengujian yang sebenarnya dimulai ketika INIGAME menggunakan beberapa program benchmark untuk menguji kemampuan dari Legion Y720 Cube dan memaksanya untuk menjalankan game yang berat. Dan karena Lenovo mengklaim bahwa PC ini telah siap untuk menjalankan program Virtual Reality, maka pengujian untuk VR pun dilakukan untuk melihat kemampuan PC terbaru ini.

Berikut adalah hasil pengujian yang dicapai oleh Lenovo Legion Y720 Cube.

lenovo y720 cube review unigine valley

Lenovo Y720 Cube Review Unigine Valley

lenovo y720 cube review unigine heaven

Lenovo Y720 Cube Review Unigine Heaven

lenovo y720 cube review fire strike

Lenovo Y720 Cube Review Fire Strike

lenovo y720 cube review fire strike extreme

Lenovo Y720 Cube Review Fire Strike Extreme

lenovo y720 cube review time spy

Lenovo Y720 Cube Review Time Spy

Di tengah pengujian, INIGAME juga melihat tingkat panas dan kecepatan kipas yang dicapai oleh PC ini, dan berikut adalah hasilnya.

lenovo y720 cube review open hardware monitor

Lenovo Y720 Cube Review Open Hardware Monitor

Masuk ke dalam pengujian dalam bermain game, INIGAME menggunakan Overwatch sebagai game penantang Legion Y720 Cube. Melihat komponen yang tersedia, sistem dari Overwatch merekomendasikan untuk menggunakan pengaturan Ultra, satu tingkat di bawah pengaturan grafis maksimal—yang pada Overwatch diberi nama Epic.

Saat memainkannya dalam pengaturan Ultra, rata-rata Overwatch dapat berjalan pada kisaran kecepatan frame rate 40 hingga 60 FPS. Menariknya selama bermain, Lenovo Legion Y720 Cube bisa dikatakan sama sekali tidak rewel. Memang rotasi kipas berputar lebih cepat, akan tetapi secara sekilas, tidak terdengar suara menderu-deru yang biasanya mengkhawatirkan bagi para gamers.

Tidak hanya kebolehan dari segi visual saja, Lenovo juga membekali Legion Y720 Cube dengan fitur Audio Enhancer yang dapat diaktifkan di aplikasi bawaan Lenovo Nerve Center. Audio Enhancer ini akan otomatis berfungsi dan menjernihkan kualitas suara ketika PC mendeteksi akan adanya game yang sedang berjalan.

lenovo y720 cube review nerve center audio

Lenovo Y720 Cube Review Nerve Center Audio Enhancer

Selain itu, dalam Lenovo Nerve Center, juga terdapat fitur lain bernama Network Priority. Fitur ini akan secara otomatis memprioritaskan koneksi internet untuk program game seketika game tersebut dijalankan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Lenovo Legion Y720 Cube memang cukup menarik dari berbagai sisi. Tidak hanya dari segi dimensinya yang unik, desainnya yang terlihat menarik, hingga performa komponen di dalamnya yang terkesan tangguh untuk menerima pekerjaan kelas menengah ke atas.

Berhasil mencuri perhatian dari segi desain dan segala fitur yang ditawarkannya, melalui produk ini, Lenovo seolah berusaha untuk memperkecil jarak antara PC gaming dengan performanya dan gaming laptop dengan portabilitasnya.

lenovo-y720-cube-review (9)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Y720 Cube Review

Sebagai penerus Lenovo Ideacentre Y710 Cube, Legion Y720 Cube bisa dikatakan tidak terlalu banyak menghadirkan pembaruan besar dibandingkan pendahulunya. Beberapa hal masih sama persis, seperti desain casing, fitur, penempatan komponen dan kabel di dalamnya.

Salah satu pembaruan yang paling mencolok adalah fitur Xbox Controller yang bisa diakses menggunakan koneksi WiFi. Fitur ini seakan mendukung visi Microsoft untuk semakin mendekatkan pengalaman bermain game di PC Windows dengan di Xbox.

Dan seperti pendahulunya, meskipun hadir dengan desain yang sangat padat, satu hal yang terpenting adalah, gamers dapat melakukan upgrade komponen di dalamnya karena Legion Y720 Cube tidak menggunakan desain motherboard hasil kustomisasi untuk PC ini.

lenovo-y720-cube-review (7)

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Y720 Cube Review

Untuk membongkar dan menggantinya memang perlu sedikit kesabaran, mengingat dengan volume ruangan sekecil itu, tentu kabel dan posisi antar komponen terkesan sedikit “tumpang tindih”, akan tetapi, sepertinya itu bukan hal yang terlalu menjadi masalah bagi gamers yang sudah berani untuk membongkar pasang komputer sendiri.

Kehadiran keyboard dan mouse dalam paket penjualan di Legion Y720 Cube memang menjadi sebuah nilai tambah yang menarik. Akan tetapi, sepertinya akan lebih memuaskan jika Lenovo menyertakan peripheral untuk gaming dibandingkan keyboard dan mouse biasa dalam paket penjualannya. Terlebih karena target pasar dari produk ini tentu ditujukan untuk para gamers.

Lenovo Legion Y720 Cube akan hadir di Indonesia dengan kisaran harga mulai Rp13.990.000,-.

Comments

More in Review

To Top