Connect with us

E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset Review

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-cover-2-review

News

E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset Review

E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset Review

INIGAME.ID – Headset merupakan salah satu perangkat yang tidak kalah penting jika dibandingkan dengan mouse dan keyboard dalam urusan game FPS. Bertanggung jawab menghadirkan gambaran lingkungan sekitar di dalam game, gaming headset dituntut untuk dapat menghasilkan suara yang detail seperti posisi sumber suara berada.

Untuk mengejar hal ini, teknologi 7.1 Surround Sound adalah teknologi yang paling maju pada saat ini. Dan para vendor yang memiliki lini gaming headset hampir selalu melengkapi salah satu produk headset-nya dengan teknologi ini. Salah satunya adalah E-Blue, vendor perangkat gaming dari Hong Kong yang beberapa waktu lalu menghadirkan gaming headset terbarunya bernama Auroza 7.1.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Tampil depan

Tidak hanya mengusung teknologi Surround Sound, headset ini juga dilengkapi dengan fitur Smart-Vibration untuk menambah kesan realis di dalam game. Hal yang sangat jarang ditemukan di headset lain. Lalu bagaimana dengan performanya? Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Unboxing

E-Blue Auroza 7.1 disajikan dengan kotak yang terlihat gagah dengan sentuhan warna perak dan biru. Tidak hanya menyediakan jendela kecil untuk mengintip unit aslinya, informasi detail mengenai headset ini juga terpampang dengan sangat jelas di sisi belakang kotaknya.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Kotak

Kotak pembungkus headset ini terbilang sangat kokoh. Bahkan saking kokohnya, kotaknya terkesan cukup sulit untuk dibuka. Dan tidak hanya sampai di sana, proses melepas headset-nya dari dudukan kardusnya pun terasa cukup “merepotkan”.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-3-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Kotak

Di dalam kotaknya sendiri, gamers juga bisa menemukan buku manual yang berisi informasi mengenai bagian-bagian di headset ini beserta fungsi-fungsinya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Saat pertama kali melihatnya, perlu diakui Auroza 7.1 memiliki build quality yang kokoh dan tangguh. Headset yang didominasi dengan warna hitam ini juga tampak gahar dengan banyaknya sudut dan ornamen di sekujur earcups-nya yang juga dihiasi dengan LED warna biru.

Selain memiliki sepasang tulang yang kuat, Auroza 7.1 mengadopsi fitur suspensi di bagian headband-nya, sehingga headset ini akan cocok untuk siapapun karena bagian bantalan headband-nya dapat secara langsung mengikuti bentuk kepala.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-4-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Tampak atas

Meskipun terlihat besar, headset ini memiliki bobot yang terbilang standar, yaitu sekitar 340 gram sudah lengkap dengan kabelnya.

Driver dan Earcups

Masuk ke bagian komponen di dalamnya, headset ini dibekali dengan driver berukuran 40 mm yang dibungkus dalam sepasang earpads lembut dengan tebal 2 cm.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-5-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Tampak bawah

Satu hal menarik yang dihadirkan oleh E-Blue dalam headset ini adalah sebuah motor untuk menghadirkan fitur Smart-Vibration yang disematkan di bagian dalam earcups-nya. Melalui komponen ini, bagian earcups akan bergetar sesuai dengan seberapa kencang elemen suara bass yang dikeluarkan.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-6-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Earpads

Dari data spesifikasinya, headset ini memiliki rentang frekuensi 20 – 20.000 Hz, impedansi 32 Ω, dan sensitivitas 117 dB. Karena dibekali dengan lampu LED di kedua sisi earcups-nya tadi, dibutuhkan daya sekitar 500 mW untuk menjalankan Auroza 7.1. Sementara untuk fitur Smart-Vibration-nya, dibutuhkan daya tambahan sebesar 100 mW.

Kabel

Untuk kebutuhan konektivitas, Auroza 7.1 dibekali dengan kabel USB sepanjang 2 meter yang tebal dan kaku. Kabelnya ini dilapisi dengan bahan silikon dengan ornamen berwarna perak yang tidak hanya membuatnya terlihat keren, tapi juga terkesan kuat dan tahan lama.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-12-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Kabel

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-17-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Remote

Di bagian tengah, terdapat sebuah remote yang berfungsi untuk mematikan mikrofon (mute), mengatur volume, dan fitur Smart-Vibration tadi.

Mikrofon

Jika menggunkan E-Blue Auroza 7.1, gamers tidak perlu lagi repot-repot mengatur posisi mikrofon saat ingin menggunakannya. Karena headset ini dilengkapi dengan mikrofon yang minimalis dan letaknya tersembunyi di sisi bawah earcups kiri.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-8-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Mic

Audio yang ditangkap terdengar jelas untuk ukuran mikrofon yang tidak mengarah langsung ke arah mulut. Berikut adalah hasil audio yang direkam menggunakan mikrofon dari headset ini.

Performa dan Pengujian

Saat pertama kali dikenakan, E-Blue Auroza 7.1 langsung membawakan impresi baik karena memiliki cengkraman yang solid untuk menjaganya stabil di atas kepala.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-16-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Saat digunakan

Auroza 7.1 memiliki earpads yang cukup besar untuk membuat telinga nyaman, akan tetapi cukup kecil untuk dapat mengisolasi suara dari luar. Memang di beberapa kesempatan, suara sesekali tetap akan bocor. Akan tetapi, masih dalam batas wajar.

Seperti masalah yang sering ditemui oleh headset dengan headband bertipe suspensi, headset ini terasa kurang pas untuk dikalungkan karena lingkar headband-nya akan terasa sangat kecil sehingga seperti terasa mencengkram bagian leher. Belum lagi karena ukuran driver yang besar dan earpads yang tebal, membuatnya terasa cukup mengganjal di bagian dagu.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-14-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Saat dikalungkan

Masuk ke performanya, seperti biasa, INIGAME menggunakan beberapa pengetesan dalam tiga kategori, yaitu mendengarkan musik, menonton film, dan tentunya bermain game.

Saat digunakan untuk mendengarkan musik, suara yang dihasilkan oleh Auroza 7.1 terdengar cukup baik. Hanya saja, ketika diperhatikan lebih detail, elemen suara bass seakan lebih mendominasi, sehingga di beberapa kesempatan suara yang dihasilkan terdengar sedikit “melempem”. Sebagai catatan, pengujian pertama dilakukan tanpa mengaktifkan fitur Smart-Vibration.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-13-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset

Berikutnya, pada pengujian kedua, ketika fitur ini diaktifkan, terdapat kesan bahwa elemen bass terasa lebih kuat. Kesan ini muncul karena headset ini bergetar senada dengan dentuman bass yang dihasilkan. Secara sederhananya, semakin kuat bunyi bass yang dihasilkan, semakin besar getaran di bagian earcups headset ini. Hal ini tentu akan sangat memuaskan para pecinta musik dengan beat yang tinggi.

Masuk ke dalam pengujian untuk menonton film, Auroza 7.1 mampu menghadirkan audio yang terdengar kontras, terutama dalam memisahkan bagian dialog karakter dengan elemen suara lain. Berbeda dengan musik, fitur Smart-Vibration seperti kurang terasa dalam pengujian menonton film. Kecuali pada saat-saat tertentu yang melibatkan elemen suara bass, seperti pada adegan ledakan yang besar.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-15-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset – Saat digunakan

Puas mencobanya untuk kebutuhan multimedia, pengujian dilanjutkan untuk bermain game. E-Blue mengklaim bahwa headset ini dikhususkan untuk game FPS di mana kualitas surround sound adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, INIGAME menggunakan headset ini untuk bermain game FPS seperti Left 4 Dead dan Overwatch.

Hasilnya, Auroza 7.1 memang mampu menghadirkan audio yang bertenaga dan efek surround yang cukup responsif mengikuti posisi karakter di dalam game. Akan tetapi, untuk segi detail suara, headset ini masih terbilang standar. Besar kemungkinan karena dominasi elemen bass yang terlalu besar, membuat beberapa elemen suara lain seperti tertutup dan sedikit flat.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-9-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset

Fitur Smart-Vibration saat bermain game FPS juga tergolong sukses dalam meningkatkan kesan seru dan intens. Tentu saja hal ini disebabkan karena game FPS dipenuhi dengan bunyi dentuman seperti ledakan dan tembakan, yang membuat headset sering bergetar untuk menggandakan kekuatan bunyi tersebut.

E-Blue Auroza 7.1 tergolong sebagai headset yang nyaman digunakan baik dalam waktu lama. Terhitung setelah sekitar 2 jam menggunakannya, tidak ada rasa panas atau sakit di telinga. Hanya saja untuk bagian tengah kepala, ada sedikit rasa pegal ketika melepas headset ini. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh sistem suspensi yang terus menekan kepala sepanjang digunakan.

Kesimpulan

Jika dilihat secara keseluruhan, E-Blue Auroza 7.1 merupakan sebuah gaming headset yang cukup menarik untuk dilirik dan dipertimbangkan lebih lanjut.

Dari segi kualitas audio, headset ini sebenarnya tidak memiliki keunggulan yang signifikan jika dibandingkan dengan headset berteknologi 7.1 lainnya. Belum lagi teknologi suspensi pada headband-nya berpotensi untuk membuat beberapa orang terasa lelah untuk menggunakannya dalam waktu lama.

e-blue-auroza-surround-gaming-headset-10-review

INIGAME STOCK IMAGE: E-Blue Auroza 7.1 Surround Gaming Headset

Meskipun begitu, headset ini juga memiliki daya tarik tersendiri dari beberapa fitur lainnya seperti LED berwarna biru yang membuatnya terlihat keren, kabelnya yang terasa sangat kuat, mikrofon yang tersembunyi tapi sangat baik dalam menangkap suara, dan tentunya fitur Smart-Vibration yang jarang bisa ditemui di gaming headset lain.

Bagi gamers yang tertarik untuk memilikinya, E-Blue Auroza 7.1 sudah tersedia di pasar Indonesia dan dijual dengan kisaran harga Rp768.000,-. Angka yang cukup sebanding dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan oleh headset ini.

Comments

comments

Hi! I'm Vincent Suryaputra, COO & Co-founder of INIGAME. I love anything about games, science, and mythical stories. You can reach me on [email protected] and follow my Twitter @vincsurya

More in News

Advertisement

Trending



Advertisement

To Top