Connect with us

Terhentinya Proyek Artoncode di Kickstarter Merusak Citra Indonesia?

vandaria winderflame cancelled

News

Terhentinya Proyek Artoncode di Kickstarter Merusak Citra Indonesia?

INIGAME.ID – Jika gamers pernah membaca artikel di INIGAME sebelumnya seputar Artoncode, tentu gamers mengetahui bahwa game developer ini memiliki kerja sama dengan Bandai Namco di tahun 2015.

Baca juga: Bersama Bandai Namco, Artoncode Indonesia Segera Rilis Game dengan Unsur Jepang-Indonesia

Di antara proyek yang mereka buat, salah satunya adalah sebuah game hasil kerja sama dengan Vandaria Saga berjudul Winterflame: The Other Side. 

Game itu dapat gamers temui di Kickstarter dan proyek ini merupakan salah satu proyek game developer lokal yang tersukses di sana.

Artoncode sukses mengumpulkan dana sebesar CA$ 70,832 (sekitar Rp 700 juta) dan sempat ramai menjadi perbincangan mengenai kesuksesannya di Kickstarter. Game ini dikabarkan akan dipublikasikan sekitar April 2016.

Mungkin jika gamers membaca ini, tentunya ada kebanggaan tersendiri atas kesuksesan mereka.

Nyatanya, game tersebut tidak pernah dirilis sampai detik ini. Banyak keluhan dari para pemberi donasi untuk proyek ini karena merasa tertipu.

Pada 27 Maret 2017, Artoncode sendiri mengumumkan melalui Kickstarter bahwa mereka menutup atau menyudahi proyek ini.

Sebagai gantinya bagi mereka yang sudah memberikan donasi, akan diberikan dokumentasi proses kerja mereka ditambah dengan demo dari game ini.

artoncode winterflame kickstarter comments

Winterflame: The Other Side – Kickstarter Comments

Tentu tidak sedikit dari para pemberi donasi meluapkan kekecewaannya. Ada juga beberapa dari mereka yang masih menuntut mengenai penyelesaian game ini.

Sedikit banyak, kejadian ini berpotensi untuk mengurangi kepercayaan publik internasional terhadap Indonesia terutama dalam proyek di Kickstarter.

Bahkan lebih buruknya, hilangnya kepercayaan ini juga bisa berdampak pada game developer lain yang ada di Indonesia.

Bagaimana menurut gamers mengenai hal ini?

TRENDING NOW



To Top