INI Ciri Ciri Game Online yang Akan Tutup
Connect with us

INI Ciri Ciri Game Online yang Akan Tutup

ciri game online akan tutup

Android

INI Ciri Ciri Game Online yang Akan Tutup

INIGAME.ID – Masuknya game online sejak tahun 2000an awal membuat banyak perubahan gaya hidup segala kalangan dan umur masyarakat di Indonesia.

Pada masa awal game online baru diperkenalkan, gamers kala itu masih jauh lebih familiar dengan tipe game konsol dan arcade yang telah lebih dahulu menjamur.

Namun, tidak membutuhkan waktu yang lama, game online di Indonesia merebut banyak perhatian dan perbincangan yang dimulai dari kalangan anak-anak muda hingga remaja.

Dalam 3 sampai 5 tahun pertama (2000-2005), pertandingan game online sudah dapat dengan mudah ditemukan informasi dan media promosinya di publik baik secara offline dan online.

Perjalanan Industri Game Indonesia tidaklah singkat, banyak proses yang telah dilalui dalam beberapa dekade terakhir.

Hal-hal yang sering di nostalgia kan oleh para gamers kini ialah game online yang dulu pernah mengisi hari-hari sepanjang waktu yang kini telah tiada.

Berdasarkan ratusan game online (PC+Mobile) yang pernah hadir di Indonesia, INIGAME merangkum sejumlah poin-poin tipe dan ciri game online yang akan tutup.

1. CHEAT

Cheat merupakan faktor vital yang membuat para gamers segera lambat laun berpindah atau berhenti dalam bermain game online.

Dibiarkannya atau lambatnya respon game publisher dalam menghadapi masalah cheat dalam game online sangat sering terjadi sehingga game tersebut menjadi semakin sepi ditinggalkan oleh gamers hingga dalam waktu yang sangat singkat game online tersebut berujung dengan penutupan.

2. KONDISI SERVER [ Trouble/Slow/Lag ]

Kemampuan server dalam mengoperasikan game online memiliki andil dalam kenyamanan gamers saat bermain.

BACA JUGA:   VIRAL ! Lagu Champions United dari Mobile Legends

Faktor ini sangat sering sekali ditemui pada era game online 2000-2012, banyak dari game online yang rilis di masa itu memiliki kemampuan server yang sangat minim sehingga mengorbankan kesabaran dari gamers.

Gamers yang tidak puas dan kesal dengan game online yang memiliki masalah dengan server yang Trouble/Slow/Lag tersebut mengambil alternatif bermain game online yang sama di server lain (Negara lain) atau bahkan private server.

3. TOXIC [ SARA / FLAMMING ]

Kondisi sosial komunitas dalam game online juga mempengaruhi kenyamanan dan faktor alasan kenapa game online tersebut harus tetap dipertahankan dan dimainkan oleh gamers.

Tidak semua gamers dalam bermain game hanya untuk diri sendiri atau hanya untuk sekedar melalui dan menyelesaikan rintangan yang ada saja.

Sebagai makhluk sosial, layaknya di dunia nyata, hubungan antar gamers sangat memiliki peran dan bahkan menjadi ikatan yang menjadikan game online tersebut layak dimainkan.

Bila kondisi suatu komunitas game online tidak dijaga hingga menimbulkan keresahan hingga kebencian tentu menjadikan game online tersebut banyak ditinggalkan oleh gamers yang tidak nyaman karenanya.

4. PENIPUAN

Dalam game online kasus penipuan juga nyata terjadi dan tidak sedikit korban dengan nilai kerugian yang besar telah dihasilkannya.

Dengan segala jenis modus yang berbeda-beda, mulai menyamar sebagai game master, teman, atau bahkan pacar dilancarkan guna meraup keuntungan dari gamers lain yang lengah.

BACA JUGA:   Bocoran Terbaru Update FINAL FANTASY AWAKENING di November 2017

Penipu disini berusaha mencari cara mendapatkan akses id dan password dari gamers untuk mengambil alih akun atau bahkan mengelabui dalam transaksi in-game yang tidak fair.

Meski tidak banyak korban penipuan yang ada di setiap game online, namun berita tentang penipuan itu sendiri dapat mempengaruhi image dari game publisher dan game online tersebut.

Gamers yang mengetahui akan kasus penipuan dari game online tentu akan mempertimbangkan apakah akan tetap bermain atau meninggalkan game online tersebut.

5. MONEY GAMING 

Money gaming merupakan aktifitas suap atau perilaku menyimpang dari game master game online yang melakukan transaksi ilegal jual dan beli dengan gamers dengan iming-iming item virtual game exclusive atau dengan harga khusus.

Tidak sedikit ditemukan kasus game online yang kedapatan memiliki game master yang curang dengan ikut campur memperjual belikan virtual item langsung dengan gamers.

Hal yang ditimbulkan dari aktifitas ini adalah akan mempengaruhi image dari game online dan game publisher serta mempengaruhi kestabilan perekonomian in-game serta mengurangi pendapatan langsung ke game publisher.

Menjadi Game Master merupakan posisi yang sangat menggoda, karena pada posisi tersebut, seseorang dapat dikatakan menjadi TUHAN dalam game online.

Perilaku menyimpang dari Game Master yang ingin memperoleh keuntungan cepat sesaat inilah yang mengorbankan umur panjang dari game online.

Hukuman bagi pelaku merupakan pidana serius dan berujung dengan kepolisian, namun sayang, aktifitas ini kerap terjadi meskipun pelaku tentu sudah menyadari resiko yang akan dilakukannya.

BACA JUGA:   Industri Game Indonesia Miliki Potensi Puluhan Triliun Rupiah

6. SLOW/STOP UPDATE GAME DEVELOPER

Berhentinya atau melambatnya update game online dari pihak game developer juga menjadi faktor penting yang menyebabkan berhentinya gamers dalam bermain game.

Bahkan bila suatu game online tidak memiliki tanda/ciri dari kelima poin diatas, game online dapat sewaktu-waktu mengalami penutupan dari pemberhentian perpanjangan kontrak dari game publisher karena lambatnya atau berhentinya update game dari pihak game developer.

Dalam tugasnya, game publisher tidak memiliki akses atau kemampuan dalam membuat suatu patch atau konten game related tanpa adanya peran game developer.

Game publisher memiliki fokus dalam pengelolaan operasional game online  dengan berkomunikasi dengan game developer untuk dapat membuat suatu konten dan aktifitas.

Kerugian yang ditimbulkan dengan tidak adanya atau lambatnya update game akan membuat gamers bosan dalam bermain dan lambat laun akan meninggalkan game online tersebut.

Sebagai perusahaan yang memiliki perhitungan operational cost, tentu game publisher tidak dapat menahan lama dari semakin menurunnya pendapatan yang diterima.

Menjadi langkah yang sangat logis untuk segera menghentikan layanan game online dari sisi game publisher apabila game online tersebut mulai mengalami penurunan dan menuju defisit penghasilan.


Demikian rangkuman poin dari tanda/ciri game online yang akan tutup dari INIGAME.

Semoga dapat memberikan informasi & perspektif baru untuk gamers.

Continue Reading

More in Android

MUST READ

To Top