Gara-gara PewDiePie, Developer Bear Simulator Langsung Putus Asa?
Connect with us

Gara-gara PewDiePie, Developer Bear Simulator Langsung Putus Asa?

Bear Simulator - PewDiePie illustration

PC

Gara-gara PewDiePie, Developer Bear Simulator Langsung Putus Asa?

INIGAME.ID – Pendapat yang dikemukakan seorang bintang tampaknya memang benar-benar bisa menimbulkan efek bola salju kepada publik sedemikian cepatnya—belum lagi jika pendapat itu bernada negatif.

Hal ini dibuktikan oleh “drama” Bear Simulator yang diyakini mulai meluas karena video yang dibuat oleh PewDiePie.

bear-simulator-image

Sebelum masuk lebih jauh ke dalam permasalahan ini, bagi yang belum tahu, Bear Simulator merupakan sebuah game buatan Farjay Studios yang mengajak gamers untuk melakukan berbagai hal unik dan menarik sebagai seekor beruang. Sekilas, tidak terlihat ada hal yang salah dengan game ini.

Secara objektif, Bear Simulator justru merupakan game yang sangat menjanjikan dan cukup berhasil. Terbukti dari semenjak proyek pengembangan game ini masuk di Kickstarter, dan berhasil mendapatkan pendanaan US$100.000 (sekitar Rp1,3 miliar). Setelah game ini hadir di Steam pun, tanggapan para gamers mayoritas bernada positif. Lalu, di mana letak masalahnya?

BACA JUGA:   Kritik Kebijakan YouTube, PewDiePie akan Hapus Channel-nya Setelah 50 Juta Subscribers

bear-simulator-in-game

Seperti yang disampaikan pihak developer di update Kickstarter Bear Simulator, mereka mulai putus asa untuk terus mengembangkan game ini. Penyebabnya karena adanya stigma negatif, drama, serta banyak masalah lain yang muncul terkait game ini.

update-bear-simulator

Meskipun memang tidak dijelaskan mengenai apa yang dimaksud, drama di sini diyakini berkaitan dengan video PewDiePie saat mencoba game ini. PewDiePie terkesan tidak menyukai game ini dan secara langsung maupun tidak langsung memberi image yang buruk untuk Bear Simulator. Menurut Kotaku, terakhir kali video ini telah ditonton sebanyak 2,5 juta kali. Angka publikasi yang cukup menyeramkan memang untuk review negatif sebuah game yang lahir dari situs crowdfunding.

Penasaran dengan respon PewDiePie tentang Bear Simulator? Sayangnya video ini telah dibuat private oleh sang pemilik akun tanpa ada alasan yang jelas, sehingga gamers tidak dapat menontonnya lagi. Seperti yang dikutip dari blog komunitas Kotaku, keputusan ini kemungkinan besar merupakan reaksi dari keputusan pihak developer yang merasa “terpukul” akan video tersebut.

BACA JUGA:   Ulang Tahun ke-26, PewDiePie Dapatkan Hadiah PlayStation 4 DualShock Custom Spesial dari Sony

Di satu sisi, respon negatif yang dilemparkan oleh artis YouTube terkenal seperti PewDiePie dalam videonya mungkin terlalu keras bagi developer Farjay—yang memang baru membuat satu game, Bear Simulator itu sendiri.

BACA JUGA:   INI Alasan PewDiePie Membuat Kontroversi Dengan Menghapus Channelnya

Akan tetapi di sisi lain, bukankah respon negatif itu adalah bagian dari sebuah karya dan usaha? Sepertinya sangat sayang jika pihak developer langsung angkat tangan untuk sebuah game yang bernilai Rp1,3 miliar ini jika masalahnya hanya pada YouTuber yang tidak menyukai game-nya.

Kembali lagi, terlepas dari benar tidaknya atau lengkap tidaknya spekulasi yang beredar luas, tentunya hanya pihak developer yang tahu mengenai masalahnya ini secara keseluruhan.

Lalu, bagaimana menurut gamers? Bagaimana menurut game developers? Punya pendapat atau pengalaman serupa mengenai drama semacam ini?

Update: Setelah beberapa waktu membuat videonya menjadi private, PewDiePie akhirnya kembali membuka videonya ke publik yang dapat gamers lihat berikut.

More in PC

To Top