Connect with us

Yibu: Game Edukasi yang Menggabungkan Teknologi dengan Mainan Tradisional

Yibu Game & Toy

News

Yibu: Game Edukasi yang Menggabungkan Teknologi dengan Mainan Tradisional

INIGAME.ID – Ketika hampir semua game developer sibuk merancang game edukasi untuk anak-anak yang dapat dimainkan di perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet, Frog Design Studios memiliki pemikiran berbeda dengan menghadirkan unsur mainan tradisional di dalam game buatannya, yang bernama Yibu.

game edukasi yibu

Terinspirasi dari Osmo dan Primo, dua game digital yang mengajak anak-anak untuk juga bermain dengan balok-balok sungguhan, Yibu yang mengangkat konsep Tamagochi, mengajak para pemainnya untuk berinteraksi dengan karakter digital beruang kutub dengan menggunakan lima balok kayu yang dilengkapi dengan sensor di dalamnya.

Sebagai contohnya, saat ingin membangunkan beruang yang sedang tidur, maka para pemainnya perlu memanggilnya melalui balok kayu berbentuk mikrofon. Lalu saat beruang ini merasa kedinginan atau kepanasan, pemainnya dapat mengambil balok termometer dan meletakkannya di kulkas atau menjemurnya di bawah matahari.

game edukasi yibu-gameplay

Simone Rebaudengo, Senior Interaction Designer dari Frog Design Studios mengatakan bahwa, mereka melihat peluang untuk mentransformasikan teknologi menjadi sebuah aktivitas yang dapat digunakan anak-anak dalam mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Untuk mencapai itu, pihaknya menterjemahkan sebuah game edukasi berbasis digital menjadi sebuah permainan yang dapat dilakukan di dunia nyata.

game edukasi yibu

Yibu masih berada di tahap pengembangan. Masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai tanggal rilisnya. Meskipun begitu, tujuan utama untuk proyek semacam ini sudah jelas. Untuk membuat para pemain game khususnya yang masih anak-anak dapat membiasakan dirinya agar tidak terpaku di depan layar monitor saja, melainkan juga mampu berinteraksi aktif dengan lingkungan sekitarnya. Bagi yang penasaran dengan cara kerja game ini, gamers dapat melihat presentasi konsepnya dalam video berikut.

Thanks to Tech in Asia



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.
Continue Reading
You may also like...

More in News

To Top