Sejarah "WASD" Akhirnya Jadi Standar Key untuk Bermain Game FPS
Connect with us

Sejarah “WASD” Akhirnya Jadi Standar Key untuk Bermain Game FPS

Sejarah "WASD" Akhirnya Jadi Standar Key untuk Bermain Game FPS

News

Sejarah “WASD” Akhirnya Jadi Standar Key untuk Bermain Game FPS

INIGAME.ID – Bermain game FPS (First-Person Shooter) tentunya memiliki tombol-tombol umum di keyboard yang sering digunakan. Tombol space, left shift, ctrl, W, A, S, dan D tentunya sudah tidak asing lagi bagi gamers bukan? Lalu bagaimana ceritanya tombol W A S D sampai akhirnya bisa begitu populer sampai saat ini?

W, A, S, D in Keyboards

Pada kenyataannya tombol W A S D malah jarang digunakan oleh gamers pada 20 tahun lalu. Pada tahun 1997, John Carmack memenangkan turnamen game FPS, Quake, pertama kalinya dengan tangan kirinya menggunakan tombol panah yang tidak banyak orang gunakan.

quake gameplay

Selain menggunakan panah, pada masa itu, kombinasi tombol lain seperti W A D X atau bahkan Z X C V juga banyak digunakan oleh beberapa pemain.

Mungkin menurut pandangan gamers hal tersebut aneh, tapi nyatanya mereka berhasil berkompetisi dengan baik di Quake Tournament. Meskipun banyak kombinasi menarik yang berbeda-beda, Dennis “Thresh” Fong, seorang pemain Quake paling populer dan paling hebat dalam sejarah Quake, menggunakan tombol W A S D sebagai tombol panah.

Di satu waktu Thresh memberitahukan mengenai penggunaan tombol W A S D ke publik dan hasilnya mendapatkan respon positif. Banyak gamers yang menyukai tombol panah menggunakan W A S D dan kemudian dirilislah Quake dengan tombol official W A S D.

Beberapa waktu kemudian dirilislah game lainnya seperti Half-Life, Starsiege Tribes, dan lainnya yang juga ikut mempopulerkan tombol W A S D.

Thanks to PC Gamer

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of

More in News

To Top