Connect with us

Valve Berikan Penjelasan Penyebab “Kerusakan” Steam

Steam Logo

News

Valve Berikan Penjelasan Penyebab “Kerusakan” Steam

INIGAME.ID – Seperti yang gamers ketahui, pada masa liburan Natal dan tahun baru 2016, Steam sedang menghadapi serentetan masalah yang cukup serius.

Para pengguna melaporkan bahwa mereka menemui informasi personal seperti alamat e-mail, nomor telepon dan kartu kredit milik ID orang lain.

Dan setelah beberapa waktu terdiam, akhirnya pihak Valve memberikan penjelasan mengenai apa yang sebenarnya sedang mereka hadapi.

Seperti yang dikutip dari extremetech, pihak Valve mengakui adanya serangan DoS yang tidak hanya ditargetkan ke akun para pengguna, tetapi juga menyasar ke Steam Store, bahkan aplikasi Steam sendiri secara keseluruhan.

Hal ini diperburuk dengan traffic yang masuk ke Steam Store meningkat tajam sebesar 2000% dibanding traffic rata-rata pada umumnya.

steam hacked illustration valve

Steam Hacked illustration Valve

Serangan pertama dapat diminimalisir dampaknya dan traffic “liar” dapat ditekan berkat bantuan partner Valve yang mengelola web cache milik Steam.

Meskipun begitu, Steam kembali mendapatkan serangan kedua yang kali ini menyebabkan beberapa konfigurasi data menjadi error, menyebabkan Steam melakukan banyak kesalahan dalam penampilan informasi untuk masing-masing pengguna.

Hal inilah yang menyebabkan banyak pengguna yang pada akhirnya malah diberikan informasi personal pengguna lain.

Pada akhirnya, karena keadaan belum membaik, Valve segera menutup akses ke Steam Store sambil secara manual melakukan konfigurasi web cache ulang dan mengambil semua data sebelum kembali membuka akses Steam secara keseluruhan.

Tidak bisa ditampik serangan kali ini sangat berbahaya karena melibatkan ribuan informasi personal yang tersebar secara tidak terkontrol.

Pihak Valve sendiri berjanji untuk menghubungi satu per satu pengguna yang terkena dampak sambil melakukan investigasi terkait kejadian ini.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in News

To Top