Connect with us

Ubiverse: Mungkinkah Assassin’s Creed, Watch Dogs, dan Game Ubisoft Lainnya Saling Terhubung?

ubisoft-universe-game

News

Ubiverse: Mungkinkah Assassin’s Creed, Watch Dogs, dan Game Ubisoft Lainnya Saling Terhubung?

Ubisoft telah dikenal sebagai salah satu developer sekaligus publisher besar yang telah menghasilkan banyak judul game paling populer. Beberapa di antaranya bahkan dirilis setiap tahun secara berkelanjutan. Akan tetapi, tahukah gamers bahwa beberapa judul game populer yang dirilis Ubisoft ini ternyata memiliki kesinambungan satu dengan yang lainnya? Kesinambungan yang dimaksud bukan semata-mata seperti crossover dalam easter eggs pada event tertentu, melainkan kesinambungan yang seperti hubungan para karakter Marvel dalam layar lebar seperti Avengers yang berada dalam satu alam semesta bernama Marvel Cinematic Universe.

ubisoft-universe

Beberapa waktu lalu, Matthew Patrick (Matpat) dalam YouTube Channel miliknya, Game Theorist, membahas mengenai hal ini dengan sangat rinci. Ia memulai dengan pembahasan bagaimana Assassin’s Creed dengan Watch Dogs sebenarnya berada dalam satu alam semesta yang sama.

watch-dogs-assassins-creed

Perlu gamers ketahui, Matpat sebenarnya bukan orang pertama yang membahas tentang hal menarik ini. Sejak beberapa tahun lalu setelah Watch Dogs dirilis, spekulasi tentang hubungan kedua alam semesta kedua game ini sudah cukup ramai beredar di berbagai forum. Salah satu bukti yang mendasarinya adalah sosok karakter Olivier Garneau yang hadir dalam game Assassin’s Creed Brotherhood dan juga dalam Watch Dogs.

BACA JUGA:   Far Cry 5 akan Dilengkapi dengan Fitur Co-op dan Map Editor

olivier-garneau

Menanggapi spekulasi ini, seperti yang dimuat di eurogamer beberapa tahun lalu, penulis Assassin’s Creed, Darby McDevitt telah berulang kali mengatakan bahwa kesamaan akan hal itu hanya untuk kesenangan semata tanpa ada hubungan khusus. Benarkah begitu?

Sedikit membahas tentang hubungan ini, dalam Assassin’s Creed Brotherhood, Garneau dikenal sebagai CEO dari Abstergo Entertainment yang kemudian kehadirannya menghilang tanpa jejak di tengah game. Menghilangnya Garneau sebenarnya bukan tanpa alasan. Menurut Matpat dalam pembahasannya, Garneau hilang karena pada saat itu ia telah dibunuh oleh Aiden Pierce dalam game Watch Dogs. Setelah membunuhnya dalam game Watch Dogs, gamers dapat mengidentifikasi Garneau dan akan menemukan bahwa ia adalah orang yang menjadi target kelompok bernama Brotherhood yang tidak diragukan lagi berkaitan jelas dengan game Assassin’s Creed Brotherhood.

olivier-garneau-watch-dogs

Jika gamers masih belum puas dengan bukti ini, saatnya move on ke judul populer lain yang ternyata juga berada di satu alam semesta dengan kedua judul game tadi. Far Cry dan Tom Clancy’s Ghost Recon juga menjadi game yang diangkat ke permukaan oleh Matpat karena ternyata memiliki hubungan tersembunyi dengan game Assassin’s Creed dan Watch Dogs.

BACA JUGA:   Seperti INI Proses Pembuatan Adegan Leap of Faith di Film Assassin's Creed

Dalam game Far Cry 3, bagi gamers yang melakukan pre-order akan mendapatkan edisi khusus The Lost Expeditions yang salah satu di dalamnya terdapat misi berjudul “Ignition in the Deep”. Dalam misi ini, gamers akan menemukan sebuah pesan yang hilang bertuliskan tentang keberadaan Pieces of Eden. Bagi yang belum tahu, Pieces of Eden merupakan sekumpulan perangkat kuno yang dimiliki oleh First Civilization, para pendahulu manusia yang menjadi cikal bakal seluruh game Assassin’s Creed. Pieces of Eden juga dapat ditemui di Far Cry 4 dalam salah satu DLC-nya, “Valey of the Yetis”.

BACA JUGA:   Simak Perbandingan Grafis Ghost Recon: Wildlands E3 2015 vs PS4 Beta 2017

letter-far-cry-3

Tidak hanya berkutat dalam game premium saja, kesinambungan ini bahkan masih berlanjut ke dalam game free to play Tom Clancy’s Ghost Recon di mana dalam salah satu update-nya, gamers akan menemui kehadiran senjata dan kostum ala Assassin’s Creed yang diproduksi oleh Abstergo Entertainment tadi.

ghost-recon-assassins-creed

Berdasarkan semua deskripsi di atas, mungkinkah Ubisoft memang sedang membangun Ubiverse (alam semesta Ubisoft yang dikatakan oleh Darby McDevitt) dari seluruh karakter dalam game tahunan mereka? Jika memang masih disangkal sebagai sebuah “kesenangan semata”, pertanyaannya, mungkinkah perusahaan sebesar dan sekreatif Ubisoft menyambungkan berbagai macam unsur dalam beberapa game mereka hanya untuk kesenangan semata?

Bagaimana menurut gamers? Apakah gamers di sini ada yang pernah menemui bukti-bukti lain yang mendukung atau meruntuhkan pemikiran ini? Bagi yang ingin menyimak pembahasan lebih detail oleh Matpat dalam Game Theorist dapa gamers lihat langsung di bawah ini.

Game Theory: The Assassin’s Creed Shared Universe Conspiracy


Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in News

To Top