Connect with us

Tree of Savior Indonesia Review

tree of savior indonesia review

News

Tree of Savior Indonesia Review

INIGAME.ID – Di tahun 2016, pasar game online Indonesia akan mendapati satu game MMORPG baru dengan judul Tree of Savior yang akan dibawakan oleh publisher Gemscool.

Baca Juga : 7 Hal Wajib yang Perlu Diketahui Gamers di Tree of Savior Indonesia

Status Tree of Savior Indonesia saat ini telah selesai memasuki masa CBT keduanya pada tanggal 27 Desember 2015 yang hanya dapat dimainkan secara eksklusif oleh 200 gamers terpilih.

Secara sekilas, banyak dari gamers pasti tidak asing dengan game MMORPG yang satu ini. Yak karena memang Tree of Savior Indonesia dibuat oleh pencipta yang sama dengan game Ragnarok Online.

Tree of Savior Indonesia yang dikatakan sebagai sequel dari game Ragnarok Online memang memiliki ciri khas yang mudah dikenali.

Namun walaupun secara sekilas terlihat sama, Tree of Savior Indonesia hadir dengan nuansa baru dan memiliki banyak perbedaan dari game pendahulunya sehingga bisa dikatakan TOS bukan game yang sama.

Sebagai salah satu beta tester, INIGAME telah mereview apakah game Tree of Savior Indonesia menarik untuk dimainkan.

Class System

tree-of-savior-indonesia-job-characters

Pembahasan pertama mengenai class system yang ada pada Tree of Savior Indonesia. Mengapa ini menjadi pembahasan pertama? Karena class system pada game TOS merupakan salah satu fitur kunci utama yang unik dalam game.

Pada awal permainan, gamers akan dapat memilih satu dari 4 class dasar yang ada, diantaranya Swordsman, Archer, Wizard dan Cleric.

Dibilang unik tapi hanya memiliki 4 class dasar? Eits tapi jangan salah, karena sebenarnya Tree of Savior Indonesia memiliki total class berjumlah 80 class dan diantaranya terdapat hidden class.

Bagaimana bisa? Karena setiap class dasar memiliki 20 advance class namun sampai saat ini masih belum semua terungkap.

Seperti di game terdahulunya, dalam TOS memiliki dua jenis level yaitu Character Level dan Class Level.

Saat class level gamers mencapai 15, maka gamers dapat melakukan rank up untuk memilih class selanjutnya dari class dasar yang dipilih.

Nah disinilah yang unik. Sistem percabangan class pada Tree of Savior Indonesia cukup kompleks namun unik. class dasar yang dipilih disebut rank 1. Setelah class level mencapai 15 dan melakukan rank up (disebut rank 2), gamers akan memiliki tiga pilihan.

Contoh bila gamers memilih class Swordsman, saat rank up pertama gamers akan dapat memilih menjadi Swordsman (lagi), Highlander, atau Peltasta. Jika gamers memilih Swordsman maka ini disebut Swordsman 2 lingkaran dan memiliki tambahan skill Swordsman.

Gamers dapat memilih class yang sama sampai 3 lingkaran. Saat melakukan rank up lagi (disebut rank 3) gamers akan dapat memilih Swordsman 3 lingkaran, Highlander, Peltasta, Hoplite, atau Barbarian. Setiap rank up akan bertambah dua pilihan.

tree-of-savior-indonesia-job-class-characters

tree-of-savior-indonesia-job-class-rank

Ini artinya setiap gamers akan memiliki kombinasi skill tersendiri dari class yang dipilih. Cukup kompleks bukan? Namun gamers akan lebih mengerti saat memainkan gamenya.

Perlu diingat bahwa setiap class memiliki total 15 point untuk menaikkan skillnya. Bila sudah di rank up, gamers tidak dapat lagi menaikkan skill dari class sebelumnya.

Pembuatan Karakter

tree-of-savior-indonesia-character-creation

Diawali setelah login, dalam pembuatan karakter game Tree of Savior Indonesia terbilang cukup unik dan berbeda dari game MMO kebanyakan.

Gamers akan berada di sebuah tempat yang terlihat seperti rumah. Rumah tersebut dapat gamers namai sesuai dengan keinginan yang dapat diisi pada Lodge Setting.

Karena Tree of Savior Indonesia memiliki total 80 class, tentunya ini akan membuat gamers untuk memiliki banyak karakter dengan kombinasi yang berbeda dan developer mengerti akan hal itu.

tree-of-savior-indonesia-character-name

Terdapat tiga jenis rumah dengan kapasitas yang berbeda. Rumah pertama yang akan gamers miliki bernama Cozy Lodge dengan kapasitas 5 karakter.

Terdapat dua rumah lagi yaitu Pyromancer room dengan kapasitas 7 karakter dan Banquet hall dengan 10 karakter.

tree-of-savior-indonesia-character-house

Lanjut pada pembuatan karakter. Awal-awal gamers harus memilih class dasar yang diinginkan.

Ada 4 class dasar dan masing-masing terdapat gender laki-laki dan perempuan. Setelah memilih, masuk ke customize karakter dimana gamers hanya dapat mengganti rambutnya saja.

tree-of-savior-indonesia-character-class

Lanjut ke pemberian nama karakter. Dalam Tree of Savior Indonesia, terdapat dua bagian nama yaitu character name dan team name.

Ini bisa dibilang sebagai [first name] [last name]. Seperti yang sudah ditulis di awal, bahwa nama rumah yang diisi di lodge setting itu akan menjadi last name kalian dan nama karakter akan menjadi first name.

Graphic

tree-of-savior-indonesia-graphic

Tree of Savior Indonesia tampil dengan grafis 2,5D klasik dengan desain karakter bergaya anime/kartun.

Desain karakter dengan bergaya anime/kartun ini sepertinya menjadi ciri khas tersendiri bagi si pembuat. Bila dilihat dari game “dulu” pertama dan game “dulu” kedua (kata “dulu” silahkan tafsirkan sendiri), animasi dan artwork Tree of Savior Indonesia lebih mengarah ke game “dulu” pertama.

Mungkin saja ini menjadi salah satu yang membuat game “dulu” pertama laris manis dan berjaya pada masanya. Ini juga yang membuat TOS berbeda dari game lainnya dan memiliki keunikannya sendiri.

Gameplay/Battle System

tree-of-savior-indonesia-gameplay-battle-system-img

Berbeda dengan game “dulu” yang memiliki mekanisme battle dengan klik dan skill untuk menyerang, Tree of Savior Indonesia hadir berbeda dengan genre hack and slash. Memang bila dilihat dari game-game yang sekarang, hack and slash banyak dinikmati pada kelas MMORPG.tree-of-savior-indonesia-gameplay-battle-system-img-2

Bila berbicara hack and slash, tentunya gamers mampu untuk menghindari serangan lawan.

Namun sayangnya, Tree of Savior Indonesia tidak menyediakan fungsi dodge untuk menghindar, namun gamers dapat menghindari serangan lawan dengan bergerak cepat karena monster dalam TOS terutama boss memiliki pattern serangan.

Beberapa serangan akan terlihat dengan tanda berwarna merah. Bentuk dari tanda merah akan berubah-ubah bergantung pada jenis serangan yang dilakukan.

Dari pendapat pribadi, serangan-serangan saat boss battle¸terbilang mudah untuk dibaca sehingga sebagian besar boss mudah untuk dikalahkan secara solo dengan sedikit sabar.

Walaupun begitu, akan membutuhkan waktu yang cukup lama terutama bila masih menggunakan equipment yang pas-pasan.

tree-of-savior-indonesia-gameplay-battle-system-img-3

Selain itu, terdapat lima status karakter yang bisa dinaikkan antara lain STR, CON, INT, SPR dan DEX.

Dengan pembagian status yang hanya lima, ini tentunya dapat memudahkan untuk mengetahui mana status yang harus dinaikkan. Kalau banyak-banyak, tentunya pasti makin bingung naikinnya.

Control

tree-of-savior-indonesia-control-system-img

Genre game TOS yang hack and slash tentunya akan menggunakan keyboard sebagai kontrol utama.

Namun Tree of Savior Indonesia menyediakan 2 kontrol lainnya yaitu menggunakan mouse dan joystick. Pengaturan ketiga kontrol dapat diatur dan dipilih melalui option dalam game.

tree-of-savior-indonesia-control-system-img-2

tree-of-savior-indonesia-control-system-img-3

Background Music

Background Music atau BGM merupakan salah satu elemen penting di dalam sebuah game. Tentunya dengan BGM yang indah dan enak di dengar akan membuat kita betah dalam bermain game.

Secara pribadi, BGM dalam TOS sangat indah dan menyatu dengan nuansa dari gamenya. Dengan mendengar BGM-nya sambil bermain, kita akan terlarut ke dalam suasana fantasy.

Dari saat login, pembuatan karakter, hingga saat battle, semuanya asik untuk didengar.

Bagi yang penasaran seperti apa, seorang pemain Tree of Savior dengan akun soundcloud Spadow, telah mengupload 136 tracks dari BGM TOS. Gamers bisa mendengarkannya di Album BGM Tree of Savior.

Conclusion

Sebagai beta tester yang sudah mencoba gamenya, overall Tree of Savior Indonesia layak untuk dimainkan.

Tree of Savior Indonesia akan menguji kekreatifitasan dalam meracik kombinasi skill dari karakter yang gamers buat.

Game ini dapat membuat gamers menjadi addict untuk memainkannya apalagi buat gamers yang suka untuk mencoba hal baru.

Dan lagi sangat cocok untuk menguji kemampuan gamers dalam mem-build karakter dari segi status dan kombinasi skill dari job class yang dipilih untuk digunakan dalam PvP.

Sekilas memang kompleks karena perlu berhati-hati dalam menaikkan status, skill dan memilih advance class. Namun bagaimanapun gamers membuatnya, dalam genre hack and slash juga diperlukan kemampuan gamers dalam memainkannya.

Tree of Savior Indonesia memiliki Class system yang cukup kompleks namun battle system yang mudah untuk dimainkan, membuat game ini cocok untuk dimainkan baik gamers pemula maupun tingkat advance.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in News

To Top