Connect with us

INIGAME

Supermicro Hadirkan Motherboard Gaming dengan Rasa Server di Indonesia

supermicro

News

Supermicro Hadirkan Motherboard Gaming dengan Rasa Server di Indonesia

INIGAME.ID – Mungkin tak banyak orang awam yang mengetahui mengenai brand Supermicro.

Sebelum masuk ke dunia gaming, Supermicro adalah produsen lama dalam dunia motherboard server.

Dalam ajang CES 2017 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Supermicro memperkenalkan jajaran system dan motherboard gaming-nya yang sudah mendukung generasi ke 7 dari prosesor Intel.

Pada 17 Januari 2017, secara resmi Supermicro menggandeng Technosolution sebagai channel distribusi motherboard gaming dari supermicro yang diberi nama SuperO.

supero

SuperO

Supermicro mendesain bahwa akan ada 1 kapasitor untuk masing-masing mosfet yang berada di sekitar prosesor dengan tujuan untuk menjaga kestabilan daya ke prosesor saat prosesor melakukan boost.

Dengan perbandingan 1:1, diharapkan masing- masing kapasitor mampu mengisi gap daya yang mungkin akan terjadi ketika terjadi gangguan pada arus listrik yang masuk.

Fitur server kedua yang diperhatikan adalah kehadiran chip PLX8748 PCI-E Bridge yang tertanam pada motherboard C7-Z270-PG.

Chip berfungsi untuk meningkatkan batas maksimal jumlah PCIE lane yang dapat dihandle oleh chipset Z270 dan prosesor i7 7700 yang seharusnya hanya 24 lanes saja menjadi 32 lanes.

Chip mampu menjalankan 2 VGA dalam konfigurasi SLI atau CrossfireX dengan mode X16/x16 atau bahkan 4 VGA dengan mode X8/ X8/ X8/ X8.

Fitur server ketiga yang dapat diperhatikan adalah kembali hadirnya berbagai jumper yang memiliki fungsi-fungsi berbeda.

Untuk BIOS dari motherboard SuperO sudah dual BIOS sehingga overclocking terjamin.

Supermicro akan menghadirkan OC Utility untuk para enthusiast user yang ingin melakukan overclock oada prosesornya yang kan dirilis pada bulan Maret 2017.

Hal menarik lain dari jajaran motherboard 200 series dari supermicro adalah adanya motherboard dengan chipset Q270 yang jarang ditemukan pada produsen motherboard lainnya.

Chipset tersebut ada pada motherboard seri C7Q270-CB-ML dan unikannya lagi, Q270 mendukung fitur Intel AMT (Active Management Technology).

Fitur ini memungkinkan computer yang menggunakan motherboard ini bisa di-remote sebagai client melalui jaringan apapun

Pihak server dapat melakukan monitor, maintain, update, upgrade, dan perbaikan terhadap komputer tersebut tanpa harus berada didepam komputer yang berbasis motherboard ini.

Bisa dikatakan motherboard tipe ini cocok untuk digunakan di corporate besar dan warnet yang memiliki server sendiri.

Secara desain, motherboard SuperO dari Supermicro bisa dikatakan penganut desain lama, yaitu tidak mengikuti bandwagon produsen lain yang sudah menebarkan lampu RGB di segala penjuru motherboard ciptaan mereka.

Nampak juga MOSFET heatsinknya masih berukuran biasa, tidak sangat besar dan juga belum memiliki IO Shroud.

Dapat dilihat juga Supermicro belum menanamkan PCI-E Slot yang memiliki metal shielding.

Mengingat ukuran VGA juga ada yang berukuran besar, metal shielding ini diperlukan untuk mencegah terjadinya slot bengkok akibat VGA yang terlalu berat.

C7Z270-PG sudah dilengkapi 4 buah USB 3.1 dengan 1 buah berbentuk Type C dan yang lain Type A.

Slot SSD M.2 sudah tersedia 2 buah yang sudah mendukung teknologi Intel Optane. Port U.2 juga disediakan 2 buah, dan yang terakhir disediakan juga 6 buah SATA III 6GBPS.

Audio sudah mendukung 7.1 channel dan dilengkapi dengan S/PDIF optical out.

Supermicro memberikan 2 LAN port untuk motherboard yang dapat digabungkan dengan teaming technology sehingga user dapat menjalankan kecepatan LAN hingga 2Gbit/s.

Untuk masalah dual VGA pada motherboard terdapat chip PLX 8748 PCIE Bridge yang menjamin bahwa motherboard mampu menyediakan bandwidth x16 untuk kedua port Pcie VGA.

Supermicro membagi motherboard produksinya menjadi tiga kelas, yaitu Pro Gaming, Core Gaming, dan Core Business.

Pro Gaming ditargetkan untuk gamer kelas berat dan user yang menuntut performa dan reliabilitas tertinggi. C7Z270-PG cocok untuk kategori ini.

c7270pg

C7Z270-PG

Core Gaming ditargetkan untuk gamer kelas menengah keatas yang membutuhkan keandalan dan kestabilan dalam sistemnya. C7Z270-CG, C7-Z270CG-L, C7Z270-CG-ML dan C7H270-CG-ML cocok untuk kategori ini,

c7z270cgml

C7Z270-CG-ML

c7z270cgl

C7-Z270-CG-L

c7z270cg

C7Z270-CG

c7h270cgml

C7H270-CG-ML

Sedangkan di kelas Core Business, Supermicro menargetkan para pelaku bisnis baik corporate maupun warnet yang membutuhkan kemudahan maintenance, keandalan dan daya tahan terbaik yang mampu diberikan oleh sebuah motherboard.

Semua motherboard Supermicro dibuat dengan DNA server didalamnya, diantaranya didesain untuk dapat beroperasi 24/7, dapat bekerja pada suhu 0 C hingga 50 C, dan penanaman power efficiency terbaik.

Motherboard SuperO dari Supermicro ini akan segera hadir di pasaran dalam waktu dekat dan didistribusikan oleh Technosolution sebagai distributor tunggal merk Supermicro.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.
Continue Reading
You may also like...

More in News

To Top