Connect with us

Steam Greenlight Resmi Ditutup, Steam Direct Hadir Minggu Depan

steam greenlight closed

News

Steam Greenlight Resmi Ditutup, Steam Direct Hadir Minggu Depan

INIGAME.ID – Layanan Steam Greenlight yang selama ini menjadi tiket untuk game developer indie mendaftarkan game mereka di Steam, telah resmi ditutup.

Layanan ini akan segera diganti dengan Steam Direct yang akan hadir 13 Juni 2017.

Langkah ini dinilai sebagai upaya Valve untuk meningkatkan kualitas game yang mereka pajang, mengingat dilaporkan banyak game yang kurang berkualitas memenuhi library mereka.

steam library

Steam Library

Sambil berjalannya waktu, Valve sendiri telah mengungkapkan pernyataan resmi mengenai bagaimana transisi layanan ini akan berjalan, bahwa beragam game yang sudah terdaftar dalam layanan Greenlight akan langsung dipelajari oleh pihak mereka untuk kemudian ditolak atau diizinkan memasuki tahap berikutnya.

BACA JUGA:   Marc Laidlaw Resmi Tinggalkan Valve, Bagaimana Nasib Half-Life 3?

Dengan cara ini, Valve akan memiliki kendali lebih jauh untuk mengontrol kualitas game yang didaftarkan kepadanya dan tidak lagi hanya menyerahkan nasib sebuah game kepada sistem voting.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Steam Direct akan menghadirkan kebijakan baru, berupa publishing fee sebesar US$100 atau sekitar Rp1,35 juta.

BACA JUGA:   5 Pria Kreatif yang Melakukan Lamaran Pernikahan dengan Video Game

Dalam layanan terbaru ini, para developer yang ingin mendaftarkan game-nya perlu mengisi formulir dan beberapa “tugas dan pertanyaan” dari pihak Valve, lengkap hingga akun bank dan informasi pajak.

Setelah itu, para developer harus membayar US$100 sebagai biaya awal untuk setiap game yang ingin dirilis di Steam. Biaya ini akan dikembalikan setelah game yang bersangkutan telah meraup penjualan sebesar US$1.000 atau sekitar Rp13,5 juta.

Tidak hanya lebih memperketat pendataan dan pendaftaran dari segi game-nya sendiri, pihak Valve juga akan melakukan pengecekan lebih lanjut kepada developer baru. Tujuannya agar Valve juga mengetahui siapa yang bertanggung jawab di balik game tersebut.

BACA JUGA:   FNAF World: Ketika Five Nights at Freddy's Tampil Seperti Game Pokemon

Selebihnya, Valve juga mengimplementasikan berbagai perubahan lain yang dirasa perlu untuk meyakinkan bahwa konten-konten dan pelaku di belakangnya dapat jelas terlihat.

Salah satunya dengan cara kerja kurator, dan bagaimana sebuah rekomendasi kini akan berpengaruh besar terhadap lolosnya sebuah game dalam melewati seleksi.

Farewell Steam Greenlight, Welcome Steam Direct!!



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]

More in News

To Top