Connect with us

INI Sejarah Pokemon yang Mungkin Belum Gamers Ketahui

Capsule Monster - Pokemon Early Concept

News

INI Sejarah Pokemon yang Mungkin Belum Gamers Ketahui

INIGAME.ID – Hampir semua gamers tentu tahu Pokemon—franchise milik Nintendo, Creatures Inc., dan Game Freak yang telah menghiasi berbagai jalur media—mulai dari game, kartu, anime, hingga kini menjadi salah satu ikon Nintendo.

Pertama kali hadir di konsol portable Game Boy, Pokemon, singkatan dari Pocket Monsters, ternyata merupakan sebuah “produk” modifikasi dari konsep awalnya yang disebut dengan nama Capsule Monsters. Lalu kenapa nama ini akhirnya berubah?

capsule-monster

Dikutip dari Bulbapedia, berikut adalah beberapa sejarah menarik mengenai masa lalu Pokemon, yang mungkin belum diketahui para gamers.

Berubah nama karena masalah hak cipta

Pada awalnya, tepatnya tahun 1990, Satoshi Tanjiri mendesain sebuah konsep permainan bernama Capsule Monsters—yang dipresentasikannya kepada Nintendo. Menurut buku Pikachu’s Global Adventure, konsep ini memiliki latar belakang masa kecil Tanjiri ketika ia hobi mengoleksi serangga.

capsule-monster-concept

Nama Capsule Monsters sendiri terinspirasi dari mesin mainan Jepang, Gashapon, yang identik dengan bentuk kapsul berisi mainan di dalamnya.

Sayangnya Tanjiri menemui kesulitan untuk mengembangkan nama ini karena masalah hak cipta—sehingga ia sempat mengganti namanya menjadi CapuMon, baru kemudian menjadi Pocket Monsters.

Sempat ditolak Nintendo karena terlalu kompleks

Sebelum menjadi salah satu franchise yang paling dikenal di dunia, Pocket Monster ternyata sempat beberapa kali ditolak oleh Nintendo. Pada saat itu, perusahaan ini tidak dapat mengerti mengenai konsep dan potensi dari game ini.

capsule-monster-fight

Tidak menyerah dengan keadaan, Tanjiri dan Pocket Monster-nya akhirnya berhasil mencuri perhatian Shigeru Miyamoto, penemu Donkey Kong dan Super Mario. Di sinilah titik awal Pokemon mulai serius dikembangkan.

Evolusi Gameplay

Dalam game-nya yang gamers kenal sekarang, terdapat beberapa perubahan dibandingkan konsep awal gameplay-nya dibuat.

Pada konsep sebelumnya, gamers tidak perlu bertarung dengan monster liar untuk menangkapnya. Melainkan dengan menaikkan status “Charisma” yang berfungsi untuk membuat monster liar bisa percaya dan mau bergabung dengan gamers.

capsule-monster-shop

Tidak hanya itu, konsep awal Pokemon juga menghadirkan “pet shop” di mana gamers bisa membeli monster sesuai keinginan—yang pada akhirnya tidak dimasukkan ke dalam versi final saat game ini dirilis.

Perjalanan Pokemon dimulai tahun 1996

Setelah melalui proses pengembangan selama lima tahun dari 1990 sampai 1995, game Pokemon pertama akhirnya dirilis ke pasar di awal tahun 1996.

Bernama Pokemon Red dan Green, game ini langsung laris dalam waktu yang singkat—membuat pihak pengembang segera merilis versi terbarunya, Pokemon Blue—yang juga sangat sukses di pasaran.

Pokemon Red, Green, & Blue

Setelah masa-masa ini, Pokemon mulai melebarkan sayapnya ke layar kaca dalam episode animeyang disebarluaskan sampai ke dataran Amerika. Lebih dari itu, Pokemon juga hadir di berbagai permainan lain seperti card gamepuzzle, hingga casual game—menjadikan franchise ini terus berkembang dan populer hingga sekarang.

Lalu, siapa di sini yang punya pengalaman dengan game atau segala hal yang berkaitan dengan Pokemon? Silahkan bagikan pengalaman menarik kalian di kolom komentar.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in News

To Top