INI Perbedaan Tree of Savior dan Ragnarok Online
Connect with us

INI Perbedaan Tree of Savior dan Ragnarok Online

INI Perbedaan Tree of Savior dan Ragnarok Online

News

INI Perbedaan Tree of Savior dan Ragnarok Online

INIGAME.ID – Lagi-lagi game karya Kim Hak Kyu dan Kim Se Yong berhasil menggegerkan dunia MMORPG. Jika dahulu telah dirilis game berjudul Ragnarok Online dan berhasil menggemparkan para gamers.

Kali ini hadir Tree of Savior dengan gameplay dan konsep hampir mirip. Lalu apa bedanya? Berikut adalah beberapa perbedaan Tree of Savior dan Ragnarok Online.

Job Class

Hingga saat ini Ragnarok Online memiliki 51 job + base job Novice

INI Perbedaan Tree of Savior dan Ragnarok Online

Sedangkan Tree of Savior memiliki sekitar 80 job yang terdiri dari rank 1-10, belum termasuk secret job dan hidden job. Ditambah 4 base job-nya. Ada Swordsman, Cleric, Archer, dan Wizard.

ToS job

Character

Pada Ragnarok Online pembuatan karakter dapat dilakukan dengan jenis kostumisasi yang cukup banyak. Seluruh karakter berawal dari base job Novice, yang membedakan hanya gaya rambut, warna rambut, juga base status untuk karakternya.

BACA JUGA:   Tree of Savior Indonesia Akan Dapat Dimainkan Gamers Malaysia dan Singapura

ro char

Namun pada Tree of Savior sudah terbagi menjadi 4 base job yang berbentuk beda-beda tergantung jobnya. Pemain dapat mengatur gaya rambut sesuai yang diinginkan, namun tidak dapat mengganti warna rambut. Hanya dapat memilih sesuai yang sudah disediakan.

tos char

Map

Grafik game 2.5D merupakan ciri khas tersendiri dari Ragnarok Online. Pengaturan PoV camera oleh player dapat dilakukan selama bermain, sehingga dapat melihat karakter dari berbagai sisi.

Map pada Ragnarok sudah tereksplorasi semua dan pada mini map tidak ada simbol yang menunjukkan quest ataupun NPC (Non-Playable Characters).

BACA JUGA:   Dapatkan Untung Besar Dari Tree of Savior Indonesia Di Bulan Ramadhan

ro gameplay

Tree of Savior dengan karakter dan grafik yang lebih hidup serta dinamik hanya memiliki 1 PoV saja. Sedangkan untuk mapnya, akan tidak terbuka jika area belum dieksplorasi. Selain itu ada simbol quest dan NPC untuk mempermudah keperluan player.

tos gameplay

PvP (Player vs. Player)

PVP merupakan fitur game online yang paling tidak boleh ketinggalan. Pada Ragnarok dapat dilakukan PvP pada sebuah area yang bertarung secara rumble . Dalam area tersebut dapat menampung hinga 200 pemain.

Begitu pula dengan Tree of Savior, memiliki sistem PvP dengan 5 v 5 yang kemudian bertanding dalam sebuah colosseum.

Guild War

War of Emperium (WoE) adalah sebuah fitur dalam Ragnarok Online yang paling dicari oleh para pemainnya. WoE merupakan sebuah turnamen antar aliansi yang terdiri dari beberapa guild.

WoE bertujuan untuk memperebutkan 30 istana megah untuk melindungi kerajaan Rune-Midgard. Pada menit 1:38 dalam video dibawah ini menunjukkan bagaimana keseruan WoE.

BACA JUGA:   Tree of Savior Indonesia Review

Sedangkan dalam Tree of Savior disebut sebagai guild war. Pada menit 10.20 pada video dibawah ini menunjukkan bagaimana guild war berlangsung.

Jadi, menurut INIGAME Ragnarok Online dan Tree of Savior tidak jauh berbeda. Hanya saja Tree of Savior masih dalam pengembangan lebih lanjut.

Hi! I'm David Christiantho. I love food culinary and playing games. Add my steam to play Dota 2 together, also you can add my battletag HvyLght#1235 to play Overwatch together. You can find me on Facebook or e-mail to [email protected]

Click to comment

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

More in News

To Top