Connect with us

INI Perbedaan DLC dan Expansion Pack

perbedaan dlc dan expansion pack

News

INI Perbedaan DLC dan Expansion Pack

INIGAME.ID – Sejak semakin naiknya popularitas marketplace game di seluruh dunia, bisnis model dari penjualan game juga berubah untuk beradaptasi lebih baik.

Bila pada awalnya sistem penjualan game sangat umum ditemukan sistem jual putus maka kini sekarang terdapat beragam jenis model alternatifnya.

Mulai dari sistem subscriptionsid purchasedgame purchased hingga DLC (Downloadable Content) dan Expansion Pack.

Untuk DLC dan Expansion Pack sendiri merupakan dua jenis model yang cukup umum dan kini ditemukan dari berbagai jenis titel game besar.

Namun apakah sebenarnya DLC dan Expansion Pack ? Apakah keduanya sama ? Apa perbedaanya ?.

DLC ( Downloadable Content )

DLC merupakan konten tambahan dari suatu game yang di distribusikan oleh game developer atau content creator 3rd party ).

BACA JUGA:   Efek Donald Trump, Harga Steam Market Rusak ?

Jenis dari DLC umumnya berbentuk booster character level, limited characters, limited skins, limited mode, limited items, limited mode, limited extra story, dan lainnya.

Cara untuk memakai DLC dari game ini hanyalah tinggal melakukan download DLC yang kemudian akan secara otomatis terhubung dengan akun utama dan perangkat game.

DLC memiliki ciri khas tipe package yang bersifat additional dan tidaklah memiliki keterkaitan secara major dengan jalan cerita ataupun sequel dari game.

Expansion Pack

Expansion Pack merupakan konten tambahan dari suatu game yang hanya di distribusikan oleh game developer.

Jenis konten tambahan yang diberikan biasanya meliputi mode , feature, story, object dan gameplay game.

Expansion Pack hadir sebagai pelengkap dari game yang telah tamat dan hanya dapat di akses bila gamers telah memiliki game utama-nya terlebih dahulu.

BACA JUGA:   Steam Anime Weekend Sale Datang, Siapkan Dompet

Cara untuk memakai Expansion Pack dari game ini hanyalah tinggal melakukan download Expansion Pack yang kemudian akan secara otomatis terhubung dengan akun utama dan perangkat game.

Expansion Pack memiliki ciri khas tipe package yang bersifat side dan memiliki keterkaitan major dengan jalan cerita game namun tetap bukan bagian dari sequel game.


DLC dan Expansion Pack memiliki persamaan dari harga yang relatif mahal dan hampir mendekati harga dari game-nya itu sendiri.

BACA JUGA:   Siapkan Dompet!! Steam Summer Sale 2016 Segera Tiba

Sedikit perbedaan dari DLC dan Expansion Pack adalah dari originalitas pembuat dari konten dan seberapa besar fungsi dan pengaruh dari konten tersebut terhadap game.


Tidak ada kewajiban untuk gamers untuk memiliki keseluruhan jenis DLC dan Expansion Pack dari titel game yang disukai.

Sebenarnya cara pembagian konten tersebut adalah agar dapat menekan harga dari game agar tidak terlalu mahal untuk para gamers sehingga tetap dapat terjangkau untuk dibeli dan dimainkan.

Demikian informasi mengenai DLC dan Expansion Pack untuk gamers, semoga bermanfaat.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in News

To Top