Penelitian INI Membuktikan Penerapan Sistem "Gambling Game" Mampu Meningkatkan Fokus Belajar
Connect with us

Penelitian INI Membuktikan Penerapan Sistem “Gambling Game” Mampu Meningkatkan Fokus Belajar

Game in Class Illustration/ Calvinayre

News

Penelitian INI Membuktikan Penerapan Sistem “Gambling Game” Mampu Meningkatkan Fokus Belajar

INIGAME.ID — Ketika game masih sering dianggap sebagai faktor yang menghambat pelajaran, penelitian yang dilakukan oleh Profesor Paul Howard-Jones di University of Bristol justru mengatakan sebaliknya.

Baginya, sistem pendidikan sebaiknya disampaikan dengan menggunakan metode gambling-berhadiah, fitur standar yang sering ditemui dalam hampir semua online game.

Profesor Paul Howard Jones game dalam sistem pendidikan

Dalam penelitiannya baru-baru ini, Profesor Howard-Jones menganalisa sistem ini kepada 24 mahasiswa S2. Dibagi menjadi 8 tim, para mahasiswa akan diberikan hadiah di setiap pertanyaan yang dapat dijawab dengan benar.

Menariknya dalam sistem ini, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk melipatgandakan poin atau justru kehilangan seluruh poin mereka dengan memutar “roda keberuntungan”.

wheel-of-fortune

Hasilnya? Selama permainan ini berlangsung, otak para mahasiswa ini dideteksi memproduksi lebih banyak dopamin—sebuah zat yang menyebabkan seseorang menjadi lebih bahagia.

Tidak hanya itu, bagian-bagian otak yang bertanggung jawab untuk membuat pemiliknya melamun, ditemukan tidak banyak bereaksi selama mereka bermain. Dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan ini membuat otak mereka jauh lebih bahagia, tapi tetap fokus. Kira-kira apa yang membuat hal ini bisa berhasil?

Profesor Howard-Jones mengatakan bahwa “roda keberuntungan”  inilah yang menjadi kuncinya. “Roda keberuntungan” menawarkan suatu ketidakpastian—yang justru sangat menyenangkan dan tidak terduga yang berujung kepada semangat yang tinggi.

Lalu, bagaimana menurut gamers? Akankah metode game dalam sistem pendidikan seperti ini dapat berjalan efektif? Atau apakah gamers pernah punya pengalaman lain mengenai teknik belajar yang diambil dari bermain game?

Thanks to Tes

Continue Reading
You may also like...

More in News

MUST READ

To Top