Connect with us

Overwatch Vs Paladins, Siapa Jiplak Siapa ?

overwatch vs paladins

News

Overwatch Vs Paladins, Siapa Jiplak Siapa ?

INIGAME.ID – Di tahun 2016 banyak sekali game game baru dan bagus mulai dari yg berbasis Online ataupun Casual Offline.

Salah satunya adalah Overwatch, game bergenre class based FPS dari Blizzard Entertainment yang sukses memikat banyak kalangan gamers mulai dari PC dan bahkan console karena Overwatch juga bisa dimainkan di PlayStation 4 dan juga Xbox 360.

Overwatch telah menjadi viral dikalangan gamers, berkat banyaknya meme yang tercipta berkat keunikan dari Overwatch.

Setelah 2 bulan terakhir setelah perilisan Overwatch, para gamers dikejutkan adanya sebuah game baru bernama Paladins.

Uniknya, sekitar 75% fitur dan gameplay Paladins menyerupai Overwatch dan membuat para gamers berpikiran bahwa Paladins hasil clone/copy dari Overwatch.

Tapi banyak rumor juga mengatakan bahwa Paladins sendiri sudah di announce bahkan jauh sebelum Overwatch dan menuduh balik bahwa Overwatch lah yang mencuri gameplay Paladins.

Loh ?? Jadi tuduh tuduhan gini. Lalu yang benar siapa ? Paladins atau Overwatch ?

Asal Overwatch dan Kenapa Bisa Terkenal

overwatch

Overwatch

Overwatch berasal dari Publisher Game yang juga membawa World of Warcraft, Starcraft dan juga Hearthstone yaitu Blizzard Entertainment.

Blizzard Entertainment mengumumkan adanya project Overwatch pada Juli 2014 bersamaan dengan beberapa video teaser-nya.

Awalnya game yang dijanjikan Blizzard Entertainment sebelumnya adalah Project Titan yang sudah dikerjakan hampir 5 tahun lebih namun tidak kunjung jelas .

Blizzard Entertainment pun memutuskan untuk membatalkan Project Titan dan menggantinya dengan Overwatch.

project titan artwork

Project Titan – Artwork

1 tahun semenjak pengumuman tersebut, Blizzard Entertainment kembali menggoda para gamers dengan Cinematic Trailer dan beberapa video preview tentang gameplay dari para Hero Overwatch.

BACA JUGA:   Overwatch akan Hadirkan Fitur Report untuk Pemain yang Menyusahkan Tim

Sukses mendapatkan banyak perhatian, pada April 2016, Overwatch mulai memasuki tahap Beta Test secara GRATIS sebelum nanti menjadi berbayar pada saat rilis secara resmi.

Mengejutkannya adalah pada tahap Beta Test, Overwatch telah dimainkan lebih dari 9,7 juta gamers dari platform PC, PlayStation 4 dan Xbox 360 di seluruh dunia.

Overwatch menjadi game yang Viral di Internet karena keunikannya. Blizzard Entertainment tidak mau menghilangkan momentum ini dan terus melakukan promosi dan membuat kesuksesan Overwatch terus berlanjut hingga sekarang.

Lalu Apa itu Paladins ? Dan Siapakah Hi-Rez Studios ?

paladins champion of the realm

Paladins: Champion of The Realm

Ditengah tengah euphoria Overwatch, Paladins pun hadir pada pertengahan bulan Agustus 2016.

Paladins yang dibawa oleh Hi-Rez Studios juga mengusung genre yang sama yaitu class based FPS.

Paladins terinspirasi oleh game pertama dari Hi-Rez Studios sendiri bernama Global Agenda yang pernah rilis pada tahun 2010 namun tidak sesuai ekspetasi.

Karena kurangnya peminat, Global Agenda pun tutup dan Hi-Rez Studios mencoba membuat game yang baru.

global agenda gameplay

Global Agenda – Gameplay

smite gameplay

SMITE – Gameplay

Belajar dari Global Agenda, Hi-Rez Studios membuat banyak game yang mungkin pernah gamers ketahui yaitu Tribes: Ascend, SMITE dan juga Aurum.

Dengan suksesnya 3 game tersebut, mereka pun merancang game baru lagi dengan SMITE, Aurum dan juga Global Agenda sebagai dasar dari gameplay, character, skill dan story.

Setelah selesai, Paladins mulai membuka Open Beta untuk para gamers. Kepopuleran Paladins mencuat dan dianggap seperti “Free Version” dari Overwatch.

BACA JUGA:   Simak Origin Story dari Hero Terbaru Overwatch, Orisa

Tidak sedikit gamers yang bermain Paladins karena merasa Overwatch itu terlalu mahal untuk dibeli.

Bahkan saat artikel ini di tulis, Paladins menjadi game terpopuler free to play no 3 di Steam, setelah Dota 2 dan Team Fortress 2.

Konflik yang terjadi dan Faktanya

Banyak gamers yang bertanya dan tidak menyukai tentang gameplay, fitur dan karakter dari Paladins karena menjiplak dari Overwatch.

Terlihat dari banyaknya hal hal yang sama dengan Overwatch yang telah rilis terlebih dahulu.

Para gamers mengira bahwa Hi-Rez Studios hanya mencoba mengikuti trend hype yang sudah ada agar dapat merauk keuntungan demi dirinya sendiri.

Namun faktanya, hal tersebut tidaklah benar. Seperti yang dijelaskan diatas pada poin sebelumnya, Paladins adalah project Hi-Rez Studios yang telah dijalankan jauh hari dan terinspirasi serta didasari oleh game game yang mereka buat sebelumnya.

Seperti pengakuan dari COO Hi-Rez ketika ditanya tentang kasus menjiplak Overwatch.

” While Overwatch is a fine game, it was not the inspiration for Paladins. Game development is an interactive process with ideas coming from many past projects.

For the hero shooter genre, the game that deserves the most credit is Team Fortress 2.

We released a TF2 inspired class-based shooter called Global Agenda way back in 2010.

Paladins was conceived as a fantasy version of Global Agenda and of the approximately 85 combat abilities currently in Paladins, the vast majority are from the game Global Agenda we made 10 years ago.

Given the marketing of Overwatch many people do not even realize that some of our champions, like the mini-gun mech (Ruckus) and the ice block character (Evie), were available and playable in the Paladins Beta long before similar character abilities were shown in Overwatch.

And specific features, such as Chests, were also demonstrated in Paladins ahead of Overwatch.

People who are interested can see all this early gameplay footage on YouTube and come to their own conclusions.”

Todd Harris, COO of Hi-Rez Studios

Saya pribadi cukup setuju dengan apa yang dibilang oleh’nya. Team Fortress 2 adalah Game FPS pertama yang menganut gameplay unik pertama kali seperti Payload, Control Point dan lainnya.

BACA JUGA:   Saking Populer, Stok Overwatch di Amazon Sampai Sold Out

Hal ini tentu saja adalah Inspirasi awal dari kedua game yang sedang berseteru.

Hi-Rez Studios juga tidak tahu menahu tentang Overwatch yang akan dibawa oleh Blizzard Entertainment dan merasa kaget ketika mereka melihat bahwa Overwatch memiliki kesamaan dengan game yang sudah mereka rancang dari jauh jauh hari yaitu Paladins.

Tapi Hi-Rez Studios tidak mau menyerah hanya karena masalah ini dan mencoba alternatif lain yaitu mengubah beberapa fitur.

Walaupun beberapa fitur sudah dirubah dan berbeda dengan versi yang aslinya, tapi sayang Paladins masih terlihat mirip dan sama dengan Overwatch.

Jadi menurut saya tidak ada yang saling menjiplak disini, hanya sebuah kebetulan dikarenakan mereka memiliki dan menggunakan ide yang sama.

Dan alangkah baiknya juga kita agar tidak langsung berspekulasi atau ber-statement tanpa alasan dan bukti yang jelas tentang suatu masalah, Oke ??:)



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]

More in News

MUST READ

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!