Connect with us

MSI PX60 2QD Prestige Review

MSI PX60 2QD

Notebook

MSI PX60 2QD Prestige Review

INIGAME.ID – Beberapa waktu belakangan ini, laptop yang memiliki komponen memumpuni pada umumnya hadir dengan desain yang futuristik dan garang. MSI mencoba melakukan pendekatan berbeda melalui salah satu produknya di kategori Prestige, MSI PX60 2QD.

Bagi yang belum tahu, Prestige merupakan sebuah kategori yang ditujukan tidak hanya untuk gamers, tapi juga untuk kalangan profesional—yang menjanjikan performa mentereng dalam desain elegan.

Setelah mencoba laptop ini selama beberapa waktu, berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Desain dan Tampilan

MSI PX60 2QD sebagian besar dibuat menggunakan bahan alumunium yang dilapisi dengan sentuhan brush—menjadikan laptop ini memiliki tekstur tipis yang terkesan mewah. Permukaan aluminium ini juga tidak meninggalkan sidik jari sehingga dapat dipastikan tidak akan mudah kotor.

msi-px60-brushed-aluminium

Berukuran sekitar 39cm x 266cm x 2cm, PX60 terbilang laptop yang tipis. Salah satu faktor utamanya adalah optical drive yang tidak disertakan di dalamnya. Memiliki bobot skitar 2,1kg, laptop ini dirasa tidak akan terlalu menguras tenaga untuk dibawa kemana-mana.

Pada saat ditutup, PX60 terasa solid dan kuat. Akan tetapi saat dibuka, ada kesan lentur di bagian layar monitornya—sehingga membutuhkan perhatian lebih saat membuka maupun menutupnya.

Spesifikasi

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, di dalam bentuk ramping MSI PX60 terdapat dapur pacu yang memumpuni seperti processor Intel Broadwell i7-5700HQ yang didukung dengan RAM 16GB DDR3L up to 1600 MHz.

msi-px60-spec

Untuk kualitas visual, MSI PX60 menggunakan GPU Nvidia GeForce GTX 950M 2GB DDR5. Kapasitas penyimpanan yang diberikan juga cukup lega, 128GB SSD M.2SATA ditambah 1TB HDD.

Monitor

MSI PX60 menggunakan layar monitor 15,6″ anti glare display dengan resolusi layar 1920 x 1080. Tidak hanya cocok untuk digunakan dalam bermain game karena layarnya yang tidak memantukan cahaya, layar PX60 juga memiliki ketepatan warna SRGB hampir mendekati 100%—sehingga cocok untuk para profesional di bidang desain yang mementingkan tingkat akurasi warna.

msi-px60-screen

Pada unit review yang kami dapatkan, kami menemukan sedikit kecenderungan warna biru pada saat kondisi layar berada di sekitar tingkat 50%. Selebihnya, warna yang ditampilkan terlihat sangat jernih dan akurat. MSI juga menambahkan aplikasi MSI True Color bagi pengguna yang ingin mengatur warna sesuai selera.

Keyboard dan Touchpad

Masih senada dengan desainnya yang elegan, keyboard MSI PX60 memiliki bentuk tuts yang pas dan nyaman digunakan. Keyboard ini juga memiliki backlight yang memiliki tiga tingkat penerangan. Saat tidak digunakan backlight juga dapat dimatikan.

msi-px60-keyboard-touchpad

Untuk touchpad, MSI PX60 membuatnya dengan bahan plastik dengan sedikit lapisan tesktur—yang membuat sidik jari tidak menempel. Saat menggunakannya, touchpad ini juga memberikan click feedback yang baik dan terasa “tebal”.

Sayangnya touchpad MSI PX60 ini diposisikan terlalu kiri dan tidak memiliki palm rejection sehingga cukup mengganggu ketika telapak tangan tidak sengaja menyentuhnya.

Audio

Sistem audio MSI PX60 didukung oleh Dynaudio melalui empat speaker di dekat layar dan satu subwoofer. Pengaturan audio lebih lenjut dapat dilakukan dengan menambahkan aplikasi Nahimic di website MSI.

msi-px60-audio

Kualitas treble yang dihasilkan cukup jernih, sementara untuk bass terasa cukup kuat dan bertenaga. Bagi yang ingin merasakan audio secara personal, di sisi kiri, terdapat dua jack 3,5mm masing-masing untuk headset dan mic.

Konektivitas

Dari segi konektivitas, MSI PX60 dilengkapi dengan tiga port USB 3.0 dan satu port USB 2.0. Untuk kebutuhan penambahan monitor, laptop ini juga memiliki satu port HDMI dan satu port Mini Display yang masing-masing mendukung monitor dengan kualitas layar 4K.

msi-px60-connectivity

Performa dan Baterai

Untuk menguji performa laptop ini, kami melakukan benchmark dengan 3DMARK FireStrike 1.1 dan mendapatkan score 3367. Kami juga melakukan benchmark dengan Call of Pripyat Benchmark.

MSI PX60 yang dilengkapi dengan dengan 120GB M.2 SSD sebagai bootdrive utamanya, dapat melakukan proses booting up hanya dalam waktu 8 detik—dari menekan tombol power hingga masuk desktop. Sementara dari kondisi sleep hanya membutuhkan waktu 1 – 2 detik saja.

Kecepatan SSD yang dimiliki juga cukup mumpuni, kami berhasil mendapatkan angka hingga 552 MB/s pada kecepatan read dan 395.8 MB/s pada kecepatan write.

msi-px60-perform

Daya tahan baterai pada produk review ini terbilang biasa saja. Dengan penggunaan normal seperti browsing ringan, mengetik, dan kondisi terang layar pada 50%, baterai dapat bertahan hingga 3 jam 10 menit. Sementara dalam pemakaian berat seperti memainkan game dan melakukan video editing dan rendering, baterai hanya bertahan 1 jam 8 menit.

Kesimpulan

Tidak berlebihan jika MSI PX60 2QD dikatakan merupakan laptop yang pantas dipilih untuk kalangan profesional yang juga seorang gamer.

msi-px60-shape

Memiliki desain tampilan yang elegan, laptop ini dapat menjadi pilihan bagi gamers yang menginginkan kekuatan performa—tapi kurang menyukai desain yang tegas dan terlalu furturistik seperti beberapa “laptop kuat” di pasaran.

Melihat harga di IT Galeri, gamers dapat membeli MSI PX60 2QD dengan harga Rp20.499.000,-. Cukup layak untuk dipertimbangkan.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.
Continue Reading
You may also like...

More in Notebook

To Top