Connect with us

MSi GT80 Titan SLI Review

msi-gt80-titan-review

Notebook

MSi GT80 Titan SLI Review

INIGAME.ID – Untuk para hardcore gamers, adalah sebuah impian tersendiri untuk dapat bermain game dengan kualitas grafis yang tinggi.

Sehingga rata-rata mereka yang tergolong hardcore gamers pada umumnya akan memilih untuk membangun sebuah desktop PC di rumahnya.

Sayangnya desktop PC sangat tidak praktis untuk dibawa-bawa, terlebih bagi para gamers yang sering berpergian dalam aktivitas kesehariannya.

Banyak yang mengira bahwa laptop merupakan solusi yang paling tepat. Dan hal ini tidak salah, setidaknya bagi beberapa orang.

Akan tetapi kembali lagi jika berbicara tentang hardcore gamers, laptop yang ada di pasaran pada umumnya kurang memumpuni untuk memainkan game dengan kualitas visual mentereng seperti yang mampu disajikan desktop PC.

Lalu apa jadinya jika ternyata ada sebuah perangkat yang berhasil menghadirkan semua fitur yang dapat dikatakan setara dengan high performace desktop PC dengan ukuran setara dengan sebuah laptop?

msi-gt80-titan-looks

Adalah MSi GT80 Titan SLI, sebuah laptop yang mampu mengisi celah di antara kekuatan desktop PC dengan keringkasan sebuah laptop yang dapat dibawa kemana-mana.

Beberapa waktu lalu, INIGAME mendapatkan kesempatan untuk mencoba ketangguhan laptop super gahar ini. Berikut pembahasan lengkapnya:

Mechanical Keyboard (Cherry MX Brown Switch)

Peleburan pertama yang dibawa oleh laptop ini adalah dari segi keyboard. MSi sepertinya setuju dengan kenyamanan yang ditawarkan oleh mechanical keyboard tidak akan pernah bisa ditandingi oleh keyboard laptop.

Hasilnya, MSi GT80 Titan merupakan laptop gaming pertama yang memiliki mechanical keyboard di dalamnya.

msi-gt80-titan-mechanical-keyboard

Bagi gamers yang belum paham tentang apa itu mechanical keyboard, pada dasarnya, mechanical keyboard memiliki keunikan dari sistem kerja switch yang dimilikinya.

Tidak seperti keyboard lain pada umumnya yang menggunakan membran karet, mechanical keyboard menggunakan per di dalam setiap switch.

Dengan perbedaan ini, kesan yang dirasakan oleh gamers ketika menekan setiap tombol, akan terasa jauh lebih nyaman dan juga akan lebih tahan lama dibanding keyboard lainnya yang masing menggunakan membran karet.

Pada keyboard GT80 Titan, MSi menanamkan Cherry MX Brown Switch. Sedikit informasi, Cherry MX Brown Switch merupakan switch dengan tipe hybrid yang dapat mendukung aktivitas gaming maupun daily typing.

Dan karena merupakan tipe Brown, keyboard GT80 Titan tidak mengeluarkan suara yang terlalu “berisik” saat INIGAME melakukan percobaan dalam memainkan game dan juga pengetikan biasa.

msi-gt80-titan-cherry-mx-brown

Satu hal menarik lain dari mechanical keyboard adalah dari sisi penampilannya yang dapat dikustomisasi sesuai keinginan.

Setiap keycap mechanical keyboard dapat dilepas dan diganti dengan keycap yang sesuai dengan profile keyboard maupun tema favorit masing-masing gamers.

Monitor 18,4” Full HD

Karena fungsi utamanya untuk bermain game, tentu tampilan display output adalah salah satu hal yang perlu pertama kali diperhatikan.

BACA JUGA:   MSI Perkenalkan Perangkat "Ransel VR" dan Laptop Edisi Khusus Ghost Recon Wildlands

MSi GT80 Titan memiliki monitor berukuran 18,4” dengan resolusi 1920x1080p anti-glare.

msi-gt80-titan-screen

Berbeda dari laptop pada umumnya, monitor laptop ini memiliki sudut pandang yang luas sehingga dapat untuk dilihat dari sudut mana pun dan tidak terlalu terganggu dengan sumber cahaya lain berkat coating-nya yang anti-glare.

Sistem Audio dari Dynaudio

Bermain game yang seru tidak lengkap rasanya jika kualitas audio juga tidak tersedia secara maksimal.

Bagi para gamers yang sangat teliti dengan musik maupun sound effect sepanjang game, sistem audio MSi GT80 Titan terbilang sangat memuaskan.

msi-gt80-titan-dynaudio

MSi GT80 Titan dilengkapi dengan sistem audio oleh Dynaudio yang menyematkan 4 speakers tepat di depan monitor dan satu subwoofer kecil di bagian bawah untuk menghasilkan dentuman bass dengan lebih maksimal.

Untuk para gamers yang lebih senang menggunakan headset, MSi juga menambahkan Gold Plate Jack dan sistem Audio Boost 2 yang berfungsi untuk mengangkat kualitas audio dalam headset.

msi-gt80-titan-port-2

Dalam pengetesan dilakukan dengan menonton film, mendengarkan musik, dan memainkan Battlefield 4 dan Titanfall, kualitas suara yang didapat secara keseluruhan terbilang memuaskan, walaupun menurut INIGAME, suara yang dihadirkan masih kurang “bulat”.

Mungkin karena bagaimanapun bagusnya suara dari speaker laptop, ukuran driver speaker tetap akan berpengaruh pada seberapa “bulat” suara yang dihasilkan.

Kemudian pada volume yang sangat tinggi, suara juga akan tetap pecah karena kembali lagi, keterbatasan dari ukuran speaker tetap akan berpengaruh.

Touchpad yang Unik

Penempatan touchpad berada di sebelah kanan keyboard membuat laptop ini enak dipakai dan menghindari tersentuh dan tertekan tanpa sengaja seperti touchpad pada umumnya.

Akan tetapi, karena bentuknya yang tidak biasa, tinggi, bukan melebar seperti biasanya, kadang terasa agak aneh dalam penggunaannya.

msi-gt80-titan-touchpad

Tidak hanya itu, karena bentuknya demikian berbeda, tombol klik kiri dan kanan terkesan menjadi jauh, sehingga gamers yang bertangan kecil mungkin butuh waktu lebih untuk menyesuaikan diri.

Satu hal yang menarik dari touchpad ini adalah gamers bisa menggunakannya juga sebagai numpad.

SSD dengan Super Raid 3

MSi GT80 Titan dibekali Solid State Drive (SSD) Super Raid 3 yang terdiri dari empat m-sata SSD berukuran 256GB dan dilengkapi dengan konfigurasi Redundant Array of Independent (RAID) 0 untuk memaksimalkan kecepatan baca-tulis dalam menjalankan aplikasi.

Sekadar informasi, RAID merupakan teknologi virtualisasi penyimpanan data yang menggabungkan kinerja beberapa komponen fisik disk drive menjadi satu untuk keperluan akses data dan peningkatan performa laptop secara keseluruhan.

BACA JUGA:   MSI GE72VR Apache Pro (With Kabylake Processor & GTX 1070 VGA) Review

super-raid-3

Hasilnya? Tidak hanya kecepatan dalam memanggil aplikasi saja yang mampu dibanggakan, tapi sejak laptop dinyalakan, proses boot up Windows hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja.

Selain SSD, MSi GT80 Titan juga dilengkapi HDD 7200 RPM berkapasitas 1TB sebagai tempat penyimpanan tambahan yang cukup lega untuk penyimpanan data seperti gambar, musik, atau dokumen lainnya.

GPU Nvidia GTX 980M SLI

Selain dipersenjatai oleh processor Intel Core i7 Crystal Well, MSi GT80 Titan juga dilengkapi dengan dua buah GPU Nvidia GTX 980M dalam konfigurasi SLI dengan VRAM masing-masing 4GB (total 8GB VRAM).

Dengan kelengkapan ini, berbagai game kelas berat nyatanya mampu dilewati tanpa kendala meskipun menggunakan pengaturan tampilan visual yang maksimal.

msi-gt80-titan-gameplay

Saat INIGAME mencobanya, beberapa game kelas atas seperti Battlefield 4 dan Titanfall keduanya mampu berjalan mulus dengan pengaturan visual yang maksimal.

Killer Doubleshot Pro Ethernet & Wi-Fi 802.11ac

Dari segi hardware seperti processor dan graphic card, gamers sudah melihat kemampuan MSi GT80 Titan.

Namun, tanpa kemampuan koneksi yang mendukung, tetap saja pengalaman gaming akan terganggu dengan lag yang menjadi musuh semua para online gamers.

Meskipun benar koneksi internet merupakan faktor eksternal, akan tetapi MSi GT80 Titan tetap menghadirkan dukungan optimal dari segi internal dengan tersedianya fitur Killer Doubleshot Pro Ethernet dan Wi-Fi 802.11ac 5GHz.

msi-gt80-titan-port

Bagi yang belum tahu, fungsi Killer Ethernet adalah melakukan pengaturan traffic Ethernet yang masuk dan keluar dari komputer.

Sederhananya, secara otomatis fitur ini akan mendeteksi traffic dari game yang sedang berjalan dan akan membuatnya menjadi prioritas tertinggi dalam supply koneksi secara keseluruhan. Hasilnya adalah ping yang lebih stabil sepanjang game berjalan.

Meskipun begitu, bagi gamers yang ingin sambil melakukan browsing ketika bermain, tentunya koneksi internet di browser akan terasa jauh lebih lambat akibat alokasi koneksi diarahkan sebagian besar hanya ke dalam game yang sedang berjalan ini.

Perlu gamers ketahui, Wi-Fi yang terpasang dalam MSi GT80 Titan adalah Wi-Fi generasi paling baru dengan frequency band 5GHz yang memiliki jangkauan luas dan tidak rentan akan gangguan jika dihubungkan dengan router dengan jaringan 5GHz.

Wi-Fi 802.11ac merupakan penerus dari teknologi Wi-Fi 802.11n yang dapat melakukan koneksi Gigabit Ethernet Connection yang sebelumnya hanya dapat dilakukan lewat kabel LAN saja.

Tentu saja fitur ini hanya bisa berjalan bila dihubungkan dengan router yang mendukung jaringan 802.11ac juga.

Pada sesi pengetesan, INIGAME mencoba bermain Battlefield 4 menggunakan server Singapura.

BACA JUGA:   MSI Luncurkan Lini Motherboard 200 Series untuk Processor Intel KabyLake

Dengan mengaktifkan Killer Ethernet dan menggunakan Wi-Fi 802.11n 2.4GHz, ping yang didapat sepanjang game terhitung cukup stabil, yaitu 32ms tanpa adanya gangguan yang menyebabkan lag di tengah permainan.

Sistem Pendingin Cooler Boost 3

Salah satu hal yang sering terjadi saat menjalankan game berat adalah hawa panas hasil kerja keras hardware di dalamnya.

Selain menurunkan performa dan membuat hardware menjadi tidak awet, body laptop yang panas juga tidak nyaman untuk lama-lama dimainkan.

Sebagai solusi akan hal ini, MSi GT80 Titan hadir dengan fitur Cooler Boost 3 yang mampu membuang panas yang berlebih, tapi tetap mempertahankan keheningan kipas.

Jika pada kondisi pendinginan biasa gamers masih merasa laptop ini masih kurang dingin, cukup dengan menekan sebuah tombol bergambar kipas di dekat tombol power, maka kedua kipas blower yang ada di belakang body laptop akan bekerja dengan putaran maksimal untuk membantu membuang panas berlebih.

Tentu suaranya akan terdengar bising, tapi ketika laptop sudah mencapai suhu yang diinginkan, tombol tersebut dapat ditekan kembali untuk mengembalikan kipas menjadi mode auto.

Ukuran dan Berat

Untuk mendukung kinerja sedemikian besar, tentunya membutuhkan bobot dan volume yang tidak sedikit. MSi GT80 Titan memiliki berat total 4,5kg. Ukuran yang jumbo ini juga dimiliki oleh adaptor charger-nya yang memiliki berat sekitar 1,5kg.

Oleh karena itu, meskipun produk ini tergolong sebagai sebuah laptop, agaknya gamers perlu membutuhkan tenaga ekstra untuk membawa laptop ini kemana-mana.

msi-gt80-titan-sli

Untuk membawa laptop ini pun tidak bisa sembarangan. MSi juga menyediakan tas backpack yang diproduksi khusus untuk menopang laptop ini dalam perjalanan.

Baterai 8-Cells

Dengan baterai 8-Cells di dalamnya, MSi GT80 Titan mampu bertahan 1 jam 30 menit dalam penggunaan ringan, sementara ketika menggunakannya untuk bermain game dengan performa maksimal, baterai laptop ini hanya bertahan 30 menit saja.

Kesimpulan

Sebagai laptop gaming, MSi GT80 Titan adalah perangkat terbaik yang dapat diimpikan oleh seorang gamers. Tidak hanya hadir sebuah laptop yang unik dengan kehadiran mechanical keyboard, dari segi performa juga laptop ini tidak perlu diragukan lagi.

Hanya saja untuk menggunakan kemampuan yang besar ini, ukuran produk menjadi salah satu yang perlu dikorbankan.

Meskipun begitu, MSi GT80 Titan SLI tetap menjadi sebuah terobosan baru yang menjadi jembatan antara performa PC kelas atas dengan keringkasan sebuah laptop.

Bagi INIGAME, para hardcore gamers sepertinya perlu mulai mempertimbangkan untuk menimang perangkat yang satu ini.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in Notebook

To Top