Connect with us

MSI GT72 Dominator Pro Review

MSI GT72 Dominator Pro

Notebook

MSI GT72 Dominator Pro Review

INIGAME.ID – Merupakan suatu gaming laptop dengan ukuran jumbo, MSI GT72 Dominator Pro hadir dengan kekuatan yang tidak main-main. INIGAME mendapatkan kesempatan untuk mencoba laptop ini selama beberapa waktu dan berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Desain dan Tampilan

Dengan ukuran 43cm x 30cm x 4,8cm, MSI GT72 memiliki dimensi yang cukup besar, tapi tetap dapat diterima mengingat laptop ini hadir sebagai perangkat game kelas atas. Bobotnya pun cukup lumayan, sekitar 3,78kg dengan baterai.

MSI GT72 Dominator Pro review

Dari segi tampilan, laptop ini hadir dengan sentuhan brushed aluminium dan plastik yang memberi kesan elegan dan berkelas namun tetap memberikan ciri khas sebuah gaming laptop dengan kehadiran LED di beberapa pada bagian seperti di sisi depan, touchpad, dan tidak ketinggalan di bagian keyboard yang memiliki multicolor backlighting. Warna lampunya ini dapat diatur sesuai keinginan melalui SteelSeries Engine.

Spesifikasi

Unit yang kami review ini merupakan laptop yang memiliki processor Intel i7-4980HQ yang mampu mencapai kecepatan 4.0 GHz pada load maksimum saat menggunakan MSI SHIFT dengan mode performance. Untuk kualitas visual, MSI GT72 menggunakan Nvidia GeFroce GTX 980M 8GB GDDR5. Sementara untuk menjalankan program, laptop ini memiliki RAM sebesar 32 GB DDR3 1600 MHz.

Monitor

MSI GT72 menggunakan layar berukuran 17,3inci dengan resolusi FULL HD (1920 x 1080). Tipe layar yang digunakan adalah TN Panel yang memang cocok digunakan untuk keperluan bermain game. Layar ini dilengkapi pula dengan antiglare coating yang mengurangi pantulan cahaya sehingga tetap nyaman digunakan meski kondisi lingkungan terlalu terang.

review-msi-gt72-dominator-pro-screen

Jika merasa kurang dengan layar yang disediakan, gamers dapat menggunakan HDMI 1.4 port untuk menggunakan layar tambahan. Tidak ketinggalan ada dua buah mini display port yang sudah mendukung fitur Matrix Display. Akurasi warna yang ditampilkan sebenarnya cukup baik dan terang, hanya saja kami melihat ada sedikit indikasi tint berwarna biru pada layar.

Keyboard dan Touchpad

Untuk keyboard, MSI bekerja sama dengan Steel Series untuk menghadirkan full color backlight LED keyboard dengan 16 juta warna yang dapat dikustomisasi tampilannya baik secara keseluruhan, area atau kondisi tertentu, hingga kombinasi antara warna keyboard dan touchpad.

review-msi-gt72-dominator-pro-keyboard

Meskipun bukan merupakan mechanical keyboard seperti yang dapat ditemui di MSI GT80, keyboard yang dimiliki GT72 tetap memiliki tingkat responsif yang cukup terasa.

Untuk touchpad, GT72 memiliki ukuran yang cukup luas yakni 10,9cm x 6,3cm berbahan plastik yang terasa cukup halus. Menariknya, touchpad di laptop ini dapat secara otomatis non aktif ketika ia mendeteksi mouse eksternal yang sedang terpasang.

Audio

MSI GT72 dilengkapi dengan speaker 2.1 Dynaudio yang terletak di atas keyboard dan satu subwoofer di bagian bawah untuk memaksimalkan suara dentuman bass.

review-msi-gt72-dominator-pro-subwoofer

Terdapat 4 buah audio jack yang salah satunya dapat digunakan untuk menambah speaker eksternal dan tidak ketinggalan fitur Audio Boost 2 yang berfungsi untuk memaksimalkan kualitas audio di headset.

Konektivitas

MSI GT72 memiliki 4 port USB 3.0,  4 audio jack, dan sebuah SD card reader pada sisi kiri, sementara di sisi kanan, terdapat 2 port USB 3.0 dan BD Writer/ DVD Super Multi.

review-msi-gt72-dominator-pro-side

Di bagian belakang terdapat power input, port Killer DoubleShot Pro Gb LAN, HDMI tipe 1.4, serta 2 mini display.

Baterai dan Performa

Pada mode idle, baterai dapat bertahan sampai 3 jam 56 menit, sementara pada mode high performance dan cooler boost on, baterai dapat bertahan selama 2 jam 5 menit.

review-msi-gt72-dominator-pro-tease

Untuk performanya sendiri, dengan konfigurasi RAID 0 1TB SSD, MSI GT72 mampu menyajikan performa yang kencang dengan hanya memerlukan waktu 10 detik untuk melakukan booting up. Suhu yang dihasilkan juga terbilang cukup standar, sekitar 470C. Jika menggunakan fitur Cooler Boost, suhu dapat diturunkan lagi hingga 360C.

Kesimpulan

Secara keseluruhan MSI GT72 2QE Dominator Pro memang bukan laptop yang terlalu praktis dan ringan. Meskipun begitu, kekurangan ini sepertinya mampu dimanfaatkan MSI untuk menghadirkan beragam kekuatan yang tersimpan di dalamnya.

review-msi-gt72-dominator-pro-experience

Laptop ini juga memiliki semua hal yang gamers butuhkan, mulai dari keyboard dan layar yang nyaman, fitur Matrix Display, hingga berbagai fitur audio yang dibuat maksimal untuk aktivitas bermain game.

MSI GT72 2QE Dominator Pro telah tersedia di pasar dengan harga sekitar Rp39juta, cukup bersaing dengan segala fitur kelas atas yang ada di dalamnya. Pernah punya pengalaman lain dengan GT72? Jika ada, silahkan bagikan pengalaman menarik yang gamers miliki di kolom komentar di bawah ini.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.
Continue Reading
You may also like...

More in Notebook

To Top