Connect with us

MSI GE62 Apache Pro Review

msi-ge62-apache-pro-review-cover

Notebook

MSI GE62 Apache Pro Review

INIGAME.ID – Satu lagi produk besutan MSI yang ditujukan khusus untuk para gamers. Kali ini adalah MSI GE62 Apache Pro yang sempat menemani INIGAME selama beberapa minggu belakangan ini.

msi-ge62-apache-pro-review-logo

Ditujukan untuk para enthusiast gamers, GE62 memperkenalkan dirinya sebagai sebuah laptop yang menyeimbangkan kenyamanan dan kekuatan secara bersamaan. Lalu, dari mana image itu bisa terbentuk? Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Sebagai sebuah gaming laptop, MSI GE62 Apache Pro memiliki bentuk yang terbilang cukup kaku. Memang terdapat beberapa guratan dan lekukan di beberapa sisinya, akan tetapi, dari segi sudut dan ketebalan, laptop ini terlihat sangat mengotak.

msi-ge62-apache-pro-review-preview

Masuk ke dalam detailnya, laptop ini memiliki casing berbahan brushed aluminium yang sangat ampuh menolak bercak sidik jari. Dan bagi yang mengincar gengsi tinggi, MSI menyematkan logo di bagian belakang yang bisa menyala saat laptop sedang bekerja.

Meskipun memiliki bentuk yang kaku seperti yang diungkapkan tadi, saat diangkat, ternyata laptop ini memiliki bobot yang justru ringan. Hal ini sebenarnya menjadi poin positif sekaligus negatif. Pasalnya, dengan bobot 2,4 kg, GE62 justru terkesan cukup “kosong” dengan dimensinya yang mencapai 38,3 x 26 x 2,7 cm.

msi-ge62-apache-pro-review-back

Spesifikasi Internal

Seperti yang tadi dikatakan, MSI GE62 Apache Pro memiliki spesifikasi kelas menengah ke atas. Memiliki prosesor Intel Core i7- 6700HQ dengan RAM maksimal 16 GB (2 x 8 GB).

msi ge62 review cpu

via 3D Mark

Untuk menangani kebutuhan grafis, laptop ini diperkuat dengan Nvidia GTX 970M 3 GB GDDR5. Sementara untuk kapasitas penyimpanan, GE62 mengusung HDD dengan kapasitas 1 TB dan dua buah slots SSD M.2.

msi ge62 review gpu

via 3D Mark

msi ge62 review specs

via 3D Mark

Monitor

MSI GE62 Apache Pro memiliki monitor berukuran 15,6 inci dengan resolusi full HD (1920 x 1080). Memiliki lapisan anti glaregamers tidak akan kesulitan untuk melihat monitor ini di lingkungan yang terang.

msi-ge62-apache-pro-review-monitor

Panelnya pun mengusung fitur wide angle view yang membuatnya tetap dapat terbaca, meskipun dari sudut pandang dengan kemiringan yang cukup ekstrem.

Keyboard dan Touchpad

Laptop ini menawarkan full sized keyboard besutan SteelSeries yang dilengkapi dengan backlight RGB. Saat digunakan untuk mengetik, keys-nya terasa cukup standar seperti keyboard laptop MSI pada umumnya.

msi-ge62-apache-pro-review-keyboard

msi-ge62-apache-pro-review-keyboard-steelseries

Di sisi bagian atas, gamers dapat menemukan dua tombol dengan fungsi yang lebih spesifik, yaitu tombol Cooler Boost 3 untuk mengaktifkan kipas tambahan, dan tombol SteelSeries untuk mengganti pencahayaan pada aplikasi SteelSeries Engine.

msi ge62 review steelseries engine

msi-ge62-apache-pro-review-touchpad-

GE62 memiliki touchpad yang cukup luas. Akan tetapi, dari segi performa sebenarnya terasa kurang memuaskan. Salah satu yang paling menjadi perhatian adalah fitur palm rejection yang terasa sangat kurang sensitif sehingga cukup mengganggu saat telapak tangan kiri (bahkan hanya ujungnya saja) menyenggol touchpad-nya.

Audio

MSI GE62 Apache Pro mengusung teknologi audio dari Dynaudio dan Nahimic yang menghadirkan berbagai fitur serta pengaturan khusus sesuai kebutuhan para gamers.

msi-ge62-apache-pro-review-dynaudio

Saat melakukan percobaan, laptop ini mampu menghadirkan suara yang terbilang jernih dan bertenaga dengan subwoofer di sisi bawah.

Kualitas audio terdengar masih jernih dan bagus meskipun volume disetel hingga pengaturan maksimal.

msi-ge62-apache-pro-review-speaker

msi-ge62-apache-pro-review-subwoofer

Konektivitas

Dari segi konektivitas, di sisi kiri, GE62 memiliki Kensington Lock, LAN port Killer E2200, 3x USB 3.0 port, HDMI port yang mendukung output hingga 4K, 1x Thunderbolt port, 1x USB C port, serta audio input dan output jack.

msi-ge62-apache-pro-review-konektivitas-kanan

Sementara di sisi kanan, gamers bisa menemukan power port, SD card reader, 1x USB 2.0, dan DVD optic drive.

msi-ge62-apache-pro-review-konektivitas-kiri

Performa dan Baterai

Masuk ke dalam proses pengujian performa, INIGAME menggunakan beberapa aplikasi benchmark yaitu 3D Mark, dan Unigine Heaven & Valley. Berikut adalah hasil pengujiannya.

msi ge62 review fire strike

msi ge62 review fire strike extreme

msi ge62 review unigine heaven high

Unigine Heaven – High

msi ge62 review unigine heaven ultra

Unigine Heaven – Ultra

msi ge62 review unigine valley high

Unigine Valley – High

msi ge62 review unigine valley ultra

Unigine Valley – Ultra

Sementara untuk performa dalam game, Rise of The Tomb Raider dan Overwatch jadi patokan yang digunakan. Hasilnya terbilang memuaskan. Kedua game dapat berjalan dalam pengaturan maksimal dengan rentang frame rate 50 – 80 FPS.

msi ge62 review tomb raider benchmark

Dari segi performa baterai, pada kondisi idle, GE62 mampu bertahan sampai 5 jam 15 menit. Sementara pada saat pemakaian normal, baterai dapat bertahan hingga 3 jam. Dan pada saat pemakaian ekstrem, baterai hanya mampu bertahan sekitar 1 jam saja.

Ketika menggunakannya untuk beberapa pekerjaan berat, seperti bermain game dan benchmarking, bagian palm rest dan keyboard terasa sedikit panas dan cukup mengganggu kegiatan mengetik.

Kesimpulan

Untuk sebuah gaming laptop, produk besutan MSI memang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas dan performanya. Meskipun bukan merupakan kelas tertinggi di lini laptop MSI, GE62 Apache Pro tetap menghadirkan berbagai kebutuhan gamers dari sampai ke detail terkecilnya, seperti keberadaan fitur Cooler Boost 3, konektivitas yang lengkap, hingga pengaturan keyboard dan peripheral yang sangat lengkap, thanks to teknologi SteelSeries.

Meskipun begitu, laptop ini masih terkesan sangat bongsor dan mungkin tidak cocok bagi beberapa orang yang mengutamakan kepraktisan dalam kegiatan sehari-harinya. Salah satu penyebabnya, mungkin karena laptop ini masih menghadirkan DVD Drive yang sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa gaming laptop yang hadir baru-baru ini.

MSI GE62 Apache Pro dijual dengan harga mulai Rp25 juta. Angka yang terbilang cukup tinggi, akan tetapi bagi para gamers yang juga fans MSI, harga ini mungkin bisa layak masuk ke pertimbangan.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.
Continue Reading
You may also like...

More in Notebook

To Top