Connect with us

Mengenal Lebih Jauh Tentang API Vulkan, Elemen Penting untuk Masa Depan Mobile Gaming

Vulkan API

Android

Mengenal Lebih Jauh Tentang API Vulkan, Elemen Penting untuk Masa Depan Mobile Gaming

INIGAME.ID – Kelahiran Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge tampaknya tidak hanya mencuri perhatian para pecinta gadget saja, tetapi juga para gamers.

Pasalnya smartphone terbaru ini telah melakukan lompatan besar dari segi kemampuan grafisnya—dengan menghadirkan application program interface (API) Vulkan. Pernah mendengarnya?

vulkan-samsung-launch

Sebelum melangkah lebih jauh, tentunya masih ada beberapa pihak yang belum memahami apa itu API. Secara sederhananya, API merupakan tulang punggung dari sebuah teknologi yang digunakan developer dalam membangun sebuah aplikasi. API juga menghubungkan antara kinerja software dan kemampuan hardware.

Kembali ke Vulkan, API terbaru dari Khronos Group ini dirancang untuk menggantikan keberadaan API mereka sebelumnya, OpenGL dan OpenGL ES.

BACA JUGA:   Optimalisasi Grafis Dota 2 dengan Vulkan Support

Bagi yang belum tahu, API OpenGL ditujukan untuk pengembangan aplikasi desktop, sementara OpenGL ES ditujukan untuk aplikasi mobile.

opengl-es

Lalu mengapa Vulkan tidak terbagi menjadi dua jenis? Di sinilah letak kehebatan API terbaru ini. Berbeda dengan dua API sebelumnya, Vulkan menawarkan sebuah metode cross-platform untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, SteamOS, dan tentu saja Android.

Dengan kemampuan ini, Vulkan mampu memberikan kemudahan bagi para developer dalam mengembangkan aplikasi untuk dijalankan di berbagai sistem operasi.

BACA JUGA:   Melihat Lebih Jauh 5 Fitur Samsung Galaxy S7 & S7 edge Khusus untuk para Gamers

Dengan kata lain, untuk ke depannya, berbagai game PC tentu akan semakin mudah untuk dibuat versi mobile-nya, tanpa mengalami penurunan kualitas yang signifikan. Pasalnya, baik di desktop ataupun mobile, keduanya dikembangkan menggunakan program yang sama.

Vulkan API

Tidak hanya akses untuk beragam sistem operasi, kemudahan lain yang disediakan oleh Vulkan terletak di pengaturan performa hardware yang lebih luas—seperti alokasi penggunaan memori, prosesor, dan GPU.

Dengan kemudahan ini, para developer bisa memaksimalkan kualitas visual yang dihasilkan sambil tetap menjaga efisiensi kinerja hardware.

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge diklaim merupakan smartphone pertama yang mengusung API Vulkan. Meskipun terbilang baru, beberapa vendor besar seperti Qualcomm, AMD, dan Nvidia telah setuju untuk memasukan Vulkan ke dalam produksi chip dan komponen mereka berikutnya.

BACA JUGA:   Melihat Lebih Jauh 5 Fitur Samsung Galaxy S7 & S7 edge Khusus untuk para Gamers

Dengan begitu, bisa diprediksi, Vulkan akan segera menjadi standar baru untuk kebutuhan pengembangan game di masa depan.

Masih penasaran dengan API baru ini? Simak video berikut untuk mendapatkan gambaran lebih lanjut mengenai kualitas gambar yang dihasilkan oleh Vulkan.

Cover photo credit Android Central



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]
Continue Reading

MUST READ

To Top