Melalui Radeon FreeSync 2, AMD Janjikan Kualitas Gambar HDR dengan Latensi Rendah

Teknologi ini direncanakan akan hadir pada semester awal 2017.

radeon freesync 2 technology

INIGAME.ID – AMD beberapa waktu lalu resmi mengumumkan teknologi Radeon FreeSync 2, tonggak utama berikutnya dalam memberikan gameplay yang halus dan integritas pixel canggih untuk para gamers. Teknologi ini direncanakan akan hadir pada semester awal 2017.

Kualifikasi monitor dengan FreeSync 2 akan menghadirkan beragam fitur yang pastinya sudah ditunggu seperti latensi yang rendah, tingkat kecerahan piksel yang tinggi, skala hitam yang lebih baik, dan gamut warna yang lebar untuk menampilkan konten High Dynamic Range (HDR).

radeon freesync 2 technology
Radeon FreeSync 2 Technology

Selain itu, kabarnya semua monitor dengan FreeSync 2 akan memiliki dukungan untuk Low Framerate Compensation (LFC).

Melalui teknologi Radeon FreeSync 2, gamers dapat menikmati pengalaman plug-and-play game HDR yang lengkap, tanpa perlu melakukan pengaturan yang berbelit-belit dalam perangkat lunak atau pada monitor.

Teknologi Radeon FreeSync 2 adalah yang pertama dari jenisnya yang menggabungkan dukungan HDR dengan teknologi refresh rate yang dinamis secara mulus, dengan metode plug-and-play, yang meningkatkan kualitas game secara otomatis sesuai dengan konten yang dijalankan.

radeon freesync 2 technology
Radeon FreeSync 2 Technology

Sekadar informasi, format transport HDR saat ini dirancang terutama untuk konten film yang ditampilkan dengan teknik tone mapping untuk menghadirkan kualitas gambar dengan warna lebih tajam. Umumnya format ini sering menimbulkan latensi lebih tinggi dari yang diterima untuk PC gaming. Menyambung hal tersebut, API baru AMD untuk FreeSync 2 justru menawarkan alternatif latensi yang lebih rendah.

Tidak hanya itu, teknologi Radeon FreeSync 2 juga menawarkan lebih dari 2x kecerahan dan warna volume yang melampaui sRGB.

radeon freesync 2 technology
Radeon FreeSync 2 Technology

Menyambut teknologi ini, semua fitur FreeSync yang kompatibel dengan GPU Radeon akan juga mendukung teknologi FreeSync 2. Termasuk GPU seri Radeon RX berbasis arsitektur Polaris yang juga mendukung DisplayPort HBR3 dan memungkinkan resolusi UltraHD di atas 60Hz.

Beberapa vendor display secara aktif mengevaluasi beberapa produk yang akan datang untuk kualifikasi FreeSync 2.

Written by David Christiantho

Profile photo of David Christiantho

Hi! I'm David Christiantho. I love food culinary and playing games. Add my steam to play Dota 2 together, also you can add my battletag HvyLght#1235 to play Overwatch together. You can find me on Facebook or e-mail to david@inigame.id