Connect with us

Logitech G610 Orion Brown Review

Logitech G610 Orion Brown Review

Peripheral

Logitech G610 Orion Brown Review

INIGAME.ID – Sebuah perangkat gaming umumnya hadir dengan tampilan fisik yang gahar untuk menunjukkan kekuatan dan kemampuan yang diusungnya. Meskipun begitu, ada juga perangkat yang justru tampil kalem dengan bentuk yang simpel. Salah satunya adalah gaming keyboard Logitech G610 Orion Brown.

logitech-g610-orion-brown-review

Setelah mencoba menggunakannya selama beberapa waktu, berikut adalah ulasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Kesan pertama yang muncul saat melihat keyboard ini adalah kalem. Tidak seperti beberapa gaming keyboard dari Logitech sebelumnya, G610 tidak memiliki banyak siku-siku yang menimbulkan kesan “galak” di atasnya. Bagi gamers yang mementingkan gaya mentereng untuk perangkatnya, keyboard ini mungkin akan terlihat cukup membosankan. Tapi, bagi yang tidak norak dan suka kesederhanaan, G610 ini tentu cocok untuk kalian.

logitech-g610-orion-brown-review-body

Jika diperhatikan lebih dekat, gamers dapat melihat lapisan matte yang mampu menangkal tanda sidik jari di atasnya. Dengan warna yang hitam solid dan bentuknya yang terlihat datar seperti balok menjadikan keyboard ini terlihat sangat kokoh. Logitech G610 Orion Brown memiliki dimensi 443,5 x 153 x 34,3 mm, dengan bobot seberat 1,26 kg.

Keycaps

G610 Orion Brown tidak menggunakan desain keycaps yang penuh dengan lekukan seperti pada G310 Atlas Dawn dan G910 Orion Spark. Melainkan desain berbentuk Cylindrical Curvature yang membuatnya lebih universal dan ramah untuk semua tipe jari.

logitech-g610-orion-brown-review-keycaps

Mechanical Switch

Keunikan lain juga ditemukan dari segi switch-nya yang kali ini tidak menggunakan Romer-G switch buatan Logitech sendiri, melainkan Cherry MX Brown yang dilengkapi dengan backlight LED berwarna putih dan dapat diatur efeknya menggunakan Logitech Gaming Software.

logitech-g610-orion-brown-review-cherry-brown

Bagi yang belum tahu, Cherry MX Brown merupakan switch yang hening, tapi tetap dilengkapi dengan tactile feedback di setiap ketukannya. Cocok digunakan baik untuk bermain game maupun mengetik.

Macro & Tombol Lainnya

Tanpa adanya key khusus untuk kebutuhan macro, G610 tetap menawarkan akses untuk fitur ini melalui key F1-F12 yang dapat diatur melalui Logitech Gaming Software.

lgs-g610

Di sisi lain, Logitech mengganti keterbatasan akses macro dengan menghadirkan beberapa tombol clicky berbentuk lingkaran untuk beragam fungsi media seperti Play/ Pause, Next, Back, Stop, Mute, serta sebuah roller untuk mengatur volume suara.

logitech-g610-orion-brown-review-numpad

Tidak hanya itu, terdapat juga tombol untuk mengatur backlight dan tombol untuk menonaktifkan tombol Windows.

Kabel

Terpasang di bagian atas kanan, Logitech G610 Orion Brown memiliki kabel USB 2.0 yang cukup panjang, yaitu 1,83 meter. Berbahan braided dengan rajutan yang sangat rapat dan bagus, kabel ini terasa sangat kuat dan tahan lama.

logitech-g610-orion-brown-review-cable

Sedikit catatan tambahan, rajutan braided di G610 bahkan terasa lebih baik daripada kabel braided milik gaming mouse G502 Proteus Core.

Pengalaman Pemakaian

Pertama-tama satu hal yang cukup disayangkan adalah tidak adanya palm rest untuk keyboard ini. Belum lagi sisi bawah G610 yang terbilang sangat tipis dengan sudut yang sangat curam, membuatnya sama sekali tidak dapat digunakan untuk mengistirahatkan telapak tangan di atasnya.

logitech-g610-orion-brown-review-button

Meskipun begitu, G610 menawarkan stand di bagian atasnya dengan tiga pengaturan ketinggian. Cukup membantu untuk gamers yang butuh penyesuaian saat ingin bermain atau mengetik dalam jangka waktu lama.

logitech-g610-orion-brown-review-angle

Setiap key terasa sangat memuaskan. Desain keycaps yang sederhana sangat terasa membantu dalam meningkatkan kecepatan mengetik tanpa banyak kesalahan. Backlight berwarna putih yang dimilikinya juga sangat pas karena terlihat kontras di atas keyboard yang sepenuhnya dilapisi dengan warna hitam ini.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Logitech G610 Orion Brown merupakan sebuah gaming keyboard dengan desain simpel yang cukup baik untuk menunjang aktivitas keseharian baik itu untuk bermain game, maupun untuk sekadar mengetik.

logitech-g610-orion-brown-review-corner

Performa mechanical switch Cherry MX Brown yang dipadukan dengan keycaps cekung standar mampu menyajikan performa yang maksimal. Tombol medianya pun sangat clicky saat ditekan, sementara roller-nya terasa sangat presisi saat digunakan untuk mengatur volume.

Bagi yang ingin bermain-main dengan backlight-nya, melalui Logitech Gaming Software G610 mampu menghadirkan 7 efek mulai dari fixed lighting, breathing, star effect, light wave, keypress, zone lighting, dan freestyle.

lgs-g610-backlight

Logitech G610 telah diluncurkan di Indonesia sejak minggu lalu. Dibanderol dengan harga Rp2.190.000,-, gamers bisa mendapatkan keyboard ini di INIGAME Store.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]
Continue Reading
You may also like...

More in Peripheral

MUST READ

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!