Connect with us

Lenovo Y70-70 Touch Review

Lenovo Y70-70 Touch

Notebook

Lenovo Y70-70 Touch Review

INIGAME.ID – Setelah sukses dengan seri gaming laptop sebelumnya seperti Y400 dan Y510P, Lenovo kembali menghadirkan seri terbarunya, yaitu Y40, Y50, dan Y70.

Dan beberapa waktu lalu, INIGAME mendapatkan kesempatan untuk menjajal salah satu seri terbarunya, yakni Lenovo Y70-70 Touch. Sebagai informasi, saat ini Y70-70 merupakan laptop gaming dengan seri tertinggi yang masuk ke Indonesia. Berikut pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Laptop yang besar. Kesan inilah yang pertama kali muncul saat kami mendapatkan reveiw unit ini. Dengan ukuran layar 17.3″, laptop ini berdimensi panjang 422,6mm, lebar 290,5mm. Meskipun begitu, Lenovo Y70 -70 Touch hadir dengan bentuk yang cukup tipis, 25,9mm, tapi tetap terasa kokoh dan kuat. Bobot laptop ini juga terbilang berat karena mencapai 3,5kg.lenovo-y70-70-touch-body

Y70-70 dilapisi dengan brushed aluminium pada bagian atasnya, sementara pada bagian samping dan palm restlaptop ini menggunakan bahan rubber coated plastic. Sayangnya walaupun bertekstur brushed alumunium, Lenovo menambahkan lapisan glossy sehingga mudah meninggalkan jejak sidik jari.

Lenovo Y70

Tidak seperti gaming laptop pada umumnya, tampilan luar Lenovo Y70-70 Touch memiliki desain yang elegan dan solid. Identitas gaming laptop baru muncul ketika laptop ini dibuka, yang menghadirkan keyboard dengan backlight dan speaker yang berwarna merah.

Spesifikasi Internal

Lenovo Y70-70 diperkuat dengan prosesor Intel CoreTM i7 4710HQ 2,5GHz (up to 3,5GHz) yang didukung dengan RAM 16GB DDR3L.

Untuk kualitas visual, laptop ini menggunakan GPU Nvidia GTX 860M dengan GDDR5 VRAM berkapasitas 4GB. Untuk kapastias penyimpanan, Y70-70 memiliki HDD 5400RPM berkapasitas 1TB.

Lenovo Y70 overview

Monitor

Layar monitor yang digunakan Y70-70 merupakan Glossy IPS panel dengan resolusi Full HD (1920 x 1080) yang memiliki viewing angle dan reproduksi warna yang baik.

Kekurangan layar monitor ini adalah permukaanya bersifat glossy—yang memang baik saat digunakan sebagai touch screen, namun banyak memantulkan cahaya serta meninggalkan sidik jari. Layar memiliki tingkat responsif yang baik.

Lenovo Y70 front

Meskipun sebagai gamers fitur touch screen jarang terpakai, tapi ini hanya masalah kebiasaan saja. Buktinya dalam hitungan minggu, kami sudah terbiasa dan malah merindukan fitur ini saat sedang menggunakan laptop yang tidak memiliki touch screen.

Tingkat kecerahan layar IPS ini cukup baik. Walaupun tidak sebaik TN Panel, layar ini memiliki warna putih yang menurut kami lebih natural. Pada saat brightness diturunkan, layar ini bisa meredupkan gambarnya hingga hampir tidak terlihat. Tidak hanya itu, cahaya yang dipancarkan layar monitor Y70-70 juga tidak membuat mata cepat lelah. Kedua hal ini cukup berguna bagi gamers yang menggunakannya saat malam hari atau tempat yang gelap.

Touch screen pada gaming laptop bisa kami katakan “It’s nice to have, but it does not have to be there”. Fitur touch screen memang dirasa berfungsi baik untuk bekerja, tapi sebenarnya tidak terlalu diperlukan untuk bermain game.

Keyboard dan Touchpad

Lenovo Y70-70 Touch mengusung full-sized keyboard—yang berarti keyboard laptop ini dilengkapi dengan numpad key. Untuk pengunaan di suasana gelap, keyboard ini juga dilengkapi dengan backlight LED berwarna merah yang memiliki 3 tingkat kecerahan termasuk saat lampunya mati.

Tidak hanya memiliki memiliki key travel yang cukup baik dan responsif, keyboard ini juga memiliki tactical feedback yang baiksehingga cocok digunakan baik untuk mengetik maupun untuk kebutuhan gaming.

Lenovo Y70 keyboard

Palm rest yang besar dan halus juga menambah kenyamanan pada digunakan. Selain itu, karena laptop ini memiliki dimensi yang tipis, posisi tangan masih terasa natural dan tidak menggantung di ujung palm rest.

Sementara untuk touchpad, Y70-70 menggunakan tekstur karet halus dengan ukuran yang cukup besar, 106mm x 70mm. Tidak hanya memiliki feedback yang baik saat diklik, Lenovo juga menghadirkan fitur multitouch dan gesture untuk touchpad-nya ini. Sayangnya peletakan posisi touchpad ini sedikit terlalu ke kiri—menjadikannya sering tersentuh saat digunakan. Meskipun begitu, kekurangan ini dapat sedikit ditanggulangi dengan mematikan fungsi touchpad secara manual.

Audio

Audio pada Y70-70 mengandalkan speaker hasil racikan JBL dengan konfigurasi 2.1. Kedua speaker-nya diletakkan di atas keyboard, dekat engsel monitor, sementara di bagian bawah laptop, terdapat satu buah subwoofer. Secara posisi, peletakan ini terasa memuaskan karena suara yang dihasilkan seakan-akan ditujukan langsung kepada siapapun yang sedang berada di depan laptop ini.

Lenovo Y70 Speakers

Untuk kualitas audio yang dihasilkan juga sangat memuaskan. Tidak hanya memiliki kualitas yang jernih, audio yang dihasilkan juga cukup mendetail untuk ukuran sebuah speaker internal laptop.

Tidak hanya itu, speaker ini mendukung Dolby Digital Plus dari Dolby sehingga surround kanan dan kiri terasa sangat baik dan nyaman—baik untuk bermain game maupun menonton film. Kekurangan speaker Y70-70 hanya terletak pada bass-nya yang terasa kurang bertenaga.

Konektivitas

Pada sisi kiri laptop terdapat power input, LAN port, HDMI output, dan dua buah USB 3.0. Pada bagian depan tidak ada port, namun memiliki lampu indikator untuk HDD, touchpad, baterai, dan power. Pada sisi kanan terdapat Kensington Lock, satu buah USB 2.0, 4 in 1 card reader (SD, MMC, SDXC, dan SDHC), 3,5mm audio combo jack, dan SPDIF out.

Lenovo Y70 right

Tidak ada port di bagian belakang, melainkan terdapat exhaust dari kipas pendingin. Pada bagian bawah, selain terdapat subwoofergamers juga dapat menemukan lubang air intake dari kipas pendingin tadi.

Lenovo Y70 left

Sementara untuk kebutuhan jaringan nirkabel, Lenovo Y70-70 Touch menggunakan Wi-Fi 802.11 b/g/n dan bluetooth 4.0.

Performa dan Baterai

Lenovo Y70-70 ditenagai oleh baterai berkapasitas  5476mAH mampu bertahan sampai 3 jam pada penggunaan standar dengan pengaturan balanced dan kecerahan layar 50%. Cukup memuaskan mengingat laptop ini memiliki ukuran layar besar dengan touchscreen.

Dalam pengaturan performancelaptop ini mampu bertahan hingga 2 jam, sementara saat digunakan bermain game, baterai akan habis dalam waktu sekitar 1 jam 10 menit saja.

Y70 juga dilengkapi dengan fitur Energy Manager yang tidak hanya membantu gamers untuk memantau penggunaan baterai, tetapi juga mengatur mode penggunaan baterai—baik untuk performa maksimal atau sebaliknya untuk ketahanan daya jangka panjang.

Selain itu, gamers juga bisa mengaktifkan beberapa fitur menarik seperti fast charging, charging reminder, dan conservation mode untuk menjaga baterai tetap di kondisi 50-60% saat tercolok listrik agar tidak mengalami overcharged.

Gaming Performance

Kami melakukan beberapa pengetesan memainkan beberapa game untuk menguji kinerja Y70-70 menggunakan game Bioshock Infinite, DotA2, World of Warships, CS:GO, dan GTA V. Tidak hanya itu, kami juga melakukan test benchmark dengan menggunakan software 3DMark11, Unigine Heaven dan Unigine Valley.

Test 1: GTA V (FPS 60)

GTAV 1

GTAV 2

Test 2: CS:GO (FPS 160)

CS GO

Test 3: World of Warships (FPS 66)

WoWs 1

WoWs 3

Test 4: DOTA 2 (FPS 55-67)

DOTA2 4

Test 5: 3DMark11

3DMark Cloud Gate

3DMark Cloud Gate (Score 13944)

3DMark Fire Strike Ultra

3DMark Fire Strike Ultra (Score 925)

3DMark Fire Strike

3DMark Fire Strike (Score 3687)

3DMark Sky Diver

3DMark Sky Diver (Score 11679)

Test6: Unigine Heaven

Unigine Heaven

Test 7: Unigine Valley

Unigine Valley

Fitur Tambahan

Salah satu fitur menarik lain yang dimiliki Lenovo Y70-70 Touch adalah One-Key Recovery untuk kebutuhan backup dan restore data secara cepat dan mudah hanya dengan satu tombol saja. Fitur ini sangat berguna ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti system failure atau terkena serangan virus.

Jika terjadi masalah, tanpa perlu repot-repot melakukan install ulang, gamers cukup menggunakan fitur ini dan sistem akan langsung mengembalikan laptop ini sesuai dengan kondisi backup terakhir.

Tidak hanya itu, Y70-70 juga dilengkapi dengan Lenovo Settings. Tidak hanya berfungsi untuk menyalakan/ mematikan Wi-Fi, airplane mode, kamera, mic, dan touchpad, Lenovo Settings juga memiliki  fitur Fan Dust Removal yang berfungsi untuk membersihkan debu dari kipas laptop ini.

Kesimpulan

Lenovo Y70-70 Touch merupakan sebuah wujud nyata comeback Lenovo ke industri gaming. Dengan bentuk yang tipis, keyboard yang nyaman, layar yang tajam, dan speaker yang jernih, tidaklah berlebihan bila kami katakan laptop ini sebagai salah satu opsi untuk gamers yang sedang mencari gaming laptop yang masih cocok digunakan tidak hanya untuk bermain game, tetapi juga untuk kegiatan sehari-hari.

Lenovo Y70-70 Touch sudah tersedia di Indonesia dan dijual di kisaran harga Rp19.900.000,-, harga yang sepadan untuk gaming laptop kelas enthusiast berukuran 17” ini.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]
Continue Reading
You may also like...

MUST READ

To Top