Connect with us

Lenovo Ideapad 700 Review

Lenovo Ideapad 700

Notebook

Lenovo Ideapad 700 Review

INIGAME.ID – Aktif menyasar sektor gaming tidak membuat Lenovo melupakan lini produk lainnya. Salah satu buktinya adalah Ideapad 700 yang sebenarnya ditujukan untuk kebutuhan multimedia.

Sedikit catatan di awal, meskipun memiliki nama yang mirip, produk kali ini berbeda dengan Lenovo Y700 yang telah INIGAME review sebelumnya. Setelah mencoba menggunakannya selama beberapa waktu, berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Lenovo_Ideapad_700_slim

Desain, Tampilan, dan Bobot

Memiliki desain yang tipis sama seperti beberapa laptop terbarunya belakangan ini, Ideapad 700 terlihat sangat polos dan sederhana dari luar. Sisi luarnya dilapisi dengan casing plastik berwarna hitam yang membuatnya terkesan kurang gagah dibanding casing aluminium milik saudaranya, Y700.

Lenovo_Ideapad_700_case

Lenovo_Ideapad_700_vent

Saat dibuka, lagi-lagi laptop ini menunjukkan kesederhanaannya dengan bahan plastik berwarna hitam solid. Tidak terlalu banyak hal yang menarik perhatian di sini.

Ideapad 700 memiliki dimensi 38,4 x 26,5 cm dengan ketebalan 2,27 cm dan bobot sekitar 2,3 kg. Sedikit lebih kecil, tipis, dan ringan dibanding Y700.

Spesifikasi Internal

Pada unit yang kami terima, Lenovo Ideapad 700 dipersenjatai dengan prosesor Intel i7 – 6700HQ 2,6 GHz. Sementara untuk menangani kebutuhan grafis, laptop ini menggunakan Nvidia GTX950M dengan VRAM 2GB DDR3. Terdapat juga GPU Intel HD Graphics 530 untuk kebutuhan grafis ringan.

lenovo ideapad 700 3d mark processor

lenovo ideapad 700 3d mark gpu

Sementara untuk menangani program yang berjalan di dalamnya, Ideapad 700 memiliki RAM 8 GB dengan kapasitas penyimpanan hard drive 5400 RPM sebesar 1 TB. Sekadar informasi, terdapat varian lain juga yang memiliki RAM hingga 16 GB dan SSD berkapasitas sampai 256 GB.

lenovo ideapad 700 3d mark general

Monitor

Sebelum masuk ke dalam kualitas monitornya sendiri, laptop ini telah menunjukkan kelemahannya saat pertama kali dibuka. Engselnya terasa sangat ringkih, sehingga membuatnya kurang kokoh saat dibuka tutup. Bahkan saat digoyangkan sedikit, monitor ini sudah bisa “berkibar”.

Entah masalah ini hanya terjadi pada unit yang kami terima, atau memang semua unit yang beredar di pasar begitu adanya, tapi yang jelas hal ini terasa cukup mengganggu di saat-saat tertentu.

Lenovo_Ideapad_700_overview

Masuk ke monitornya, seperti yang telah disinggung tadi, Ideapad 700 yang kami terima memiliki monitor berukuran 15,6 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080. Layarnya memiliki lapisan IPS yang membuatnya ramah untuk digunakan dalam kondisi lingkungan terang.

Keyboard dan Touchpad

Ideapad 700 memiliki keyboard dan touchpad yang terbilang standar, baik dari tampilannya, maupun dari segi performanya. Meskipun begitu, gamers akan dapat menggunakan laptop ini dengan lancar dalam kondisi gelap, karena terdapat backlight berwarna putih untuk full size keyboard-nya ini.

Lenovo_Ideapad_700_inside

Untuk touchpad-nya sendiri terbilang cukup baik, akan tetapi terasa agak kurang responsif saat melakukan click dengan menggunakan metode tap, sehingga gamers lebih baik menekan touchpad-nya ini untuk melakukan click.

Audio

Lenovo_Ideapad_700_audio

Meskipun tidak menggunakan teknologi audio dari JBL seperti beberapa laptop Lenovo sebelumnya yang INIGAME review, Ideapad 700 tetap mampu menghadirkan kualitas audio yang terbilang cukup baik dari segi detail. Kekurangannya hanya terletak pada tenaganya yang disebabkan karena absennya subwoofer di laptop ini.

Konektivitas

Untuk kebutuhan konektivitas, di sisi kiri, terdapat Kensington lock, power/ charging port, 1x USB 2.0, SD card reader, 1x jack audio mic combo, dan satu yang cukup menarik, recovery pin hole yang dapat melakukan fungsi backup dan reset.

Lenovo_Ideapad_700_left

Sementara di sisi kanan, terdapat 1x LAN port, 1x HDMI port, 2x USB 3.0, dan LED untuk status power dan baterai. Meskipun merupakan hal minor, peletakan dua buah slot USB 3.0 di sebelah kanan ini terbilang kurang ideal. Pasalnya, seringkali aktivitas mouse eksternal, yang pada umumnya dilakukan di sebelah kanan laptop, menjadi terganggu saat ada USB yang terpasang di slot ini.

Lenovo_Ideapad_700_right

Performa dan Baterai

Meskipun bukan merupakan laptop yang diarahkan untuk kebutuhan gaming secara khusus, INIGAME tetap melakukan percobaan standar dengan menggunakan 3D Mark dan Unigine. Berikut adalah hasil pengujian selengkapnya.

lenovo ideapad 700 unigine valley high

lenovo ideapad 700 unigine valley ultra

lenovo ideapad 700 unigine heaven high

lenovo ideapad 700 unigine heaven ultra

lenovo ideapad 700 3d mark fire strike

lenovo ideapad 700 3d mark fire strike extreme

Saat Lenovo Ideapad 700 digunakan untuk bermain game, performa yang dihasilkan terbilang cukup baik. Satu hal lagi yang cukup menarik perhatian adalah laptop ini memiliki manajemen pembuangan panas yang sangat baik. Membuang semua panas melalui ventilasi yang terletak di sisi depan, area palm rest dan keyboard terasa masih nyaman digunakan meskipun digunakan untuk bermain dalam waktu lama.

Lenovo_Ideapad_700 palm

Untuk ketahanan baterai, Lenovo Ideapad 700 dapat bertahan selama sekitar 4,5 jam dalam kondisi idle, 2,5 jam dalam kondisi penggunaan normal (mengetik, browsing, menonton video), dan hanya sekitar 1 jam 15 menit saat digunakan untuk bermain game secara intensif. Semuanya digunakan dalam kondisi pencahayaan monitor sebesar 60%.

Kesimpulan

Sebagai sebuah laptop yang ditujukan untuk kebutuhan multimedia, Lenovo Ideapad 700 nyatanya cukup mampu menangani kebutuhan cukup berat seperti bermain game. Dengan desain yang sangat sederhana dan terlihat polos, laptop ini mungkin akan cocok untuk para pengguna yang lebih mengutamakan kualitas dan mobilitas dibanding penampilan yang keren atau premium.

Lenovo Ideapad 700 telah tersedia di Indonesia dengan beberapa varian produk yang beragam dari segi spesifikasi internal di dalamnya.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.
Continue Reading
You may also like...

More in Notebook

To Top