Connect with us

INIGAME

Know They Are: Jonathan “Loda” Berg

jonathan berg loda

eSports

Know They Are: Jonathan “Loda” Berg

INIGAME.ID – Apa gamers tahu Jonathan Berg? Pria kelahiran 19 Maret 1988 di Swedia ini merupakan seorang professional Dota 2 player dari tim Alliance. Jonathan memiliki ciri khas di mana ia selalu mengenakan topi Snapback.

Jonathan Berg atau yang lebih dikenal dengan Loda merupakan carry bagi tim Alliance dan sukses membawa Alliance menjadi juara The International 2013 dengan final melawan Natus Vincere.

Jonathan pertama kali mengenal Dota dari temannya, Isaac Jonsson. Jonathan biasanya bermain di internet kafe kecil untuk bermain Dota. Sampai suatu ketika Isaac menantang Jonathan untuk by 1 di Dota. Isaac tahu bahwa Jonathan ini sangat jago dalam bermain game.

Tapi Isaac yakin bisa mengalahkan Jonathan kali ini, karena Jonathan belum pernah memainkan Dota sama sekali. Namun berakhir setelah durasi 78 menit dengan  kekalahan Isaac.

jonathan berg loda

Jonathan “Loda” Berg

Memenangkan The International adalah segalanya bagi Jonathan. Jonathan sendiri tidak percaya bahwa ia sendiri bisa memenangkan The International 2013 melawan Natus Vincere yang sudah 2 tahun selalu masuk grand final.

Setelah The International 2013 selesai Jonathan mencoba untuk melihat-lihat tim lainnya, bagaimana upaya tim tersebut untuk bisa memenangkan The International berikutnya. Akhirnya dari situlah Jonathan mendapatkan pencerahan bahwa bekerja sama bukanlah hal yang mudah namun penting.

BACA JUGA:   Supernova eSports iCafe, Game Center yang Kasih Paket GRATIS Main bagi Gamers MMR Tinggi

Ketika sudah kehilangan kerja sama dengan tim, jangan menyerah tapi jadikanlah itu pelajaran dan bentuklah kekuatan yang baru yang lebih kuat dari sebelumnya. Jonathan merupakan leader tim Alliance yang disegani oleh anggota lainnya.

Jonathan tidak pernah mengambil keputusan sepihak yang hanya menguntungkan sepihak juga. Tapi Jonathan akan mencari jalan keluar bagi kenyamanan seluruh anggota tim.

Bagi ayah Jonathan, belajar adalah hal paling penting. Sehingga Jonathan juga banyak belajar dari kakak-kakaknya, diajari olahraga, bersosialisai, pelajaran di sekolah, dll.

Kini Alliance memiliki booth camp sendiri untuk latihan bersama dan berkumpul bersama. Segala keperluan dari Alliance, tersedia dalam booth camp itu.

We’re not afraid to lose. If u don’t fear now, you will soon.

jonathan berg loda

Jonathan “Loda” Berg

Jonathan memiliki masa-masa kejayaan di era 2007-2008, di mana seseorang yang dikenal sebagai legenda di China, sampai-sampai diberi julukan L-God. Nama L-God masih terkenal hingga saat ini di China.

BACA JUGA:   Simak Video Cheater Kunkka Dota 2 yang Menggunakan Divine Rapier

Pertama kali Jonathan memiliki nick LordOfDolAmroth, yang dia ambil dari nama di Lord of The Rings. Kemudian karena terlalu panjang, ia memendekkan nick-nya menjadi Loda. Jonathan membentuk tim bernama Team_Team bersama Joakim “Akke” Akterhall untuk berjuang di competitive game. Lalu Jonathan pernah bergabung juga bersama SK Gaming.

Jonathan sempat bergabung juga bersama tim Fnatic. Pada tahun 2010 Jonathan berhenti bermain Dota dan pindah ke HoN (Heroes of Newerth). Kemudian bermain Dota 2 pada tahun 2011 saat adanya pengumuman mengenai The International.

Jonathan pun kembali dengan tim barunya yaitu Experience (xP) untuk berjuang dalam competitive games Dota 2. Kemudian ia juga sempat bergabung bersama tim Zenith, tapi tidak lama Jonathan pun keluar dari Zenith dan kembali ke Swedia.

jonathan berg loda

Jonathan “Loda” Berg

Sesaat ia kembali ke Swedia, Jonathan membentuk tim untuk competitive games Dota 2. Dia memanggil Gustav “S4” Magnusson yang merupakan midlaner terbaik di HoN pada masa itu. Henrik “AdmiralBulldog” Ahnberg juga ikut karena sesama pemain dari Swedia, dan terakhir support dari Kanada, Jacky “EternaLEnVy” Mao.

BACA JUGA:   Deasy Bouman: Mau Habisin Waktu Main Dota 2

Mereka membentuk tim bernama No Tidehunter (nth), yang dibentuk atas dasar ketidaksukaan mereka terhadap Tidehunter jika di posisi tim lawan. nth juga berhasil memenangkan beberapa turnamen, terutama dengan trik Roshan Bait yang paling terkenal hingga sekarang.

nth kini sudah berganti nama menjadi Alliance, ditambah dengan kehadiran  Jerry “EGM” Lundkvist sebagai support menggantikan EternaLEnVy.

Hingga kini tim Alliance yang terdiri atas 5 pemain asal Swedia itu terus bersinar dan meraih prestasi.

https://www.youtube.com/watch?v=jh-ZXIuRVS4

Tertarik untuk melihat lebih banyak artikel seperti ini? Bagi yang punya request untuk menampilkan pro gamer tertentu, gamers dapat langsung memberikan komentar di kolom artikel di bawah.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in eSports

To Top