Connect with us

Intel Umumkan Kehadiran 3D XPoint, SSD Tercepat di Dunia Seharga Rp 20 Juta

intel optane ssd dc p4800x

News

Intel Umumkan Kehadiran 3D XPoint, SSD Tercepat di Dunia Seharga Rp 20 Juta

INIGAME.ID – Pada Juli 2015, Intel umumkan teknologi memori terbaru yang disebut sebagai 3D XPoint yang diklaim memiliki kecepatan 1000x lebih cepat dengan produk lainnya yang setara.

Kali ini, setalah hampir 2 tahun, Intel kembali umumkan 3D XPoint drive pertama, yaitu DC P4800X. Intel mengatakan bahwa itu disebut juga sebagai 3D XPoint SSDs Optane drives. Intel mengklaim bahwa SSD-nya ini memiliki kecepatan 5 hingga 8 kali lebih cepat ketimbang SSD lainnya yang setara.

Intel juga mengatakan bahwa P4800X akan 3 kali lebih cepat dari P3700 dengan kecepatan 2GB/s untuk read dan write.

Optane drive juga menggunakan PCIe NVMe interface serta fitur terbaru Intel Optane controller. Bila dipasangkan dengan 3D XPoint architecture, P4800X dapat berjalan lebih cepat daripada NAND SSDs.

Intel mengatakan bahwa Optane drives akan otomatis memacu aplikasi yang sedang berjalan dan P4800X akan memakan sekitar 12-14 watt untuk memuat data yang besar. Tentunya hal ini akan lebih memiliki tenaga yang lebih efisien dari high-end NAND solutions.

Bagaimanapun, masih tetap ada beberapa kekecewaan terhadap SSD, di mana tidak dapat digunakan untuk read dan write dalam waktu yang lama untuk mengirimkan data yang besar.

High-end 3D NAND drives akan lebih mampu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut ketimbang Optane SSDs. Kekecewaan lainnya hadir dari gamers yang menggunakan motherboards seri 200 dan Kaby Lake CPUs.

Kekecewaan terakhir adalah harganya yang sangat mahal untuk ukuran 375 GB SSD dengan harga US$ 1520.00 (sekitar Rp 20 Juta). Sejauh ini P4800X masih dijadikan sebagai pilihan solusi selagi menunggu kehadiran teknologi Optane drive ke depannya.

Thanks to GameSpot



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]
Continue Reading
You may also like...

More in News

To Top