Data dari Newzoo: Industri eSports akan Bernilai Rp6,5 Triliun di Tahun 2016
Connect with us

Newzoo: Industri eSports akan Bernilai Rp6,5 Triliun di Tahun 2016

eSports illustration

eSports

Newzoo: Industri eSports akan Bernilai Rp6,5 Triliun di Tahun 2016

INIGAME.ID – Ketika sebuah bisnis pada kenyataannya mampu menunjukkan perkembangan, ada saja pihak yang masih tidak percaya jika tidak ada data komplit yang mampu mendukungnya.

Sama halnya dengan bisnis tadi, industri eSports yang sudah mulai menunjukkan perkembangan yang demikian cepat tampaknya juga masih diragukan masa depannya. Untuk itu, data dari badan riset Newzoo sepertinya bisa menjadi jawaban.

Newzoo menjabarkan prediksi pertumbuhan pasar eSports secara global di tahun 2016. Perusahaan ini mengatakan bahwa nilai pasar untuk sektor ini akan bertumbuh sebesar 43% tahun ini—dari US$325 juta (sekitar Rp4,5 triliun) pada tahun lalu menjadi US$463 juta (sekitar Rp6,5 triliun). Bahkan di tahun 2019, sektor ini diprediksi akan bernilai US$1 miliar (sekitar Rp13,9 triliun).

Newzoo revenue growth

Untuk pertumbuhan finansial per wilayah, Amerika Utara tetap akan menjadi tempat yang paling menguntungkan secara pada tahun 2016—melalui penjualan tiket, merchandise, sponsor, iklan, dan lain-lain.

Sementara untuk pertumbuhan penonton, Asia akan menjadi pemimpinnya karena menghadirkan 44% dari seluruh penikmat eSports di seluruh dunia.

newzoo-esports-audience

Meskipun terkesan sangat besar, prediksi pertumbuhan sektor ini ternyata masih lebih lambat dari realita pertumbuhan eSports selama tahun 2015—yang mencapai 67%. Dengan begitu, ada kemungkinan pada kenyataannya pertumbuhan eSports tahun 2016 bisa melambung jauh lebih tinggi.

Data yang diberikan oleh Newzoo ini diharapkan mampu menjawab keraguan para pihak yang “haus akan data” untuk dapat membuka pikiran mereka mengenai potensi eSports ke depannya. Setuju?

Comments

Continue Reading
You may also like...

More in eSports

To Top