Connect with us

INIGAME

Melihat Kembali Sejarah Singkat Game Legendaris Super Mario Bros. Setelah 30 Tahun Lamanya

super-mario-bros-game

Nintendo

Melihat Kembali Sejarah Singkat Game Legendaris Super Mario Bros. Setelah 30 Tahun Lamanya

Hampir semua gamers tentu setuju jika game Super Mario Bros. merupakan salah satu game paling populer sepanjang masa. Bahkan sampai saat ini, game yang sudah berumur 30 tahun ini masih dianggap menjadi “kiblat” dari setiap 2D platformer game.

super-mario-bros-start

Perlu gamers ketahui, sebelum Super Mario Bros. pertama kali dirilis pada 13 September 1985, rata-rata perkembangan game yang ada pada saat itu tergolong bergerak lambat dengan hanya menghadirkan satu sistem saja, yaitu sistem High Score, seberapa lama para pemain bisa bertahan dalam satu kesempatan. Sistem ini bahkan juga diterapkan pada game Nintendo sebelum Super Mario Bros. seperti Donkey Kong dan Mario Bros. pertama.

BACA JUGA:   Nintendo Switch Mungkin akan Mendapatkan Fitur Backward Compatibility di Update yang akan Datang

Lalu apa bedanya beberapa game high-score-oriented ini dengan Super Mario Bros.? Seperti yang telah disampaikan tadi, Super Mario Bros. bukanlah arcade game biasa yang menjadikan raihan poin sebagai segalanya. Memang di dalamnya masih terdapat sistem poin, akan tetapi hal itu tidak lagi menjadi kepentingan utama karena justru yang terpenting adalah bagaimana gamers mampu melewati beragam rintangan di setiap level yang menantang untuk menyelamatkan seorang putri.

BACA JUGA:   Nintendo Switch Hadirkan Detail Fitur Unggulannya dalam Trailer Terbaru

super-mario-bros-princess

Sebagai sebuah hal yang revolusioner pada saat itu, game yang dirancang oleh Shigeru Miyamoto ini berhasil mengubah pandangan terhadap sistem dalam jalannya sebuah game. Tengok saja beberapa judul game yang populer pada saat itu. Mega Man (1987), Sonic the Hedgehog (1991), Metroid (1986), Castlevania (1986), dan Ninja Gaiden (1988), semuanya memiliki sistem dasar permainan yang sama seperti Super Mario Bros. (1985).

Tidak hanya sukses secara “sendirian”, perlu gamers ketahui, game ini telah membantu penjualan konsol Nintendo Entertainment System (NES) ketika Nintendo memutuskan untuk menjual NES dan Super Mario Bros. dalam satu paket. Tanpa adanya game ini, belum tentu NES bisa menjadi sangat populer pada saat itu.

BACA JUGA:   Square Enix akan Lebih Fokus Merilis Game di Nintendo Switch Daripada Xbox Scorpio

super-mario-bros-nes

Satu lagi hal mengesankan dari game dengan musik yang khas ini adalah, setelah 30 tahun lamanya, Super Mario Bros. tetap menjadi game yang menyenangkan untuk dimainkan bagi segala umur. Setuju?

Thanks to VentureBeat

Super Mario Bros. – Gameplay

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!