Connect with us

Corsair Katar Mouse Review

corsair-katar-mouse-cover-review

News

Corsair Katar Mouse Review

INIGAME.ID – Setelah membahas keyboard Corsair K55 RGB sebelumnya, kali ini giliran mouse Corsair Katar yang akan menjadi topik pembahasan kali ini.

Gaming mouse dengan desain ambidextrous ini langsung menarik perhatian dengan bentuknya yang simpel dan mungil. Penasaran dengan performanya? Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Ketika pertama kali melihatnya, beragam image muncul di benak tim INIGAME. Pasalnya, mouse ini memiliki impresi yang sangat beragam dari setiap aspeknya.

Dari bentuknya, mouse ini terlihat sangat mungil dan imut karena bentuknya yang sangat membulat. Secara dimensi, mouse ini memiliki ukuran 110mm x 63,9mm x 38,4mm.

corsair-katar-mouse-1-review

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Katar Mouse Review – Unit dan kotaknya

Jika dilihat dari warna dan bahan yang melapisinya, Corsair Katar terlihat elegan dengan balutan warna abu-abu pada bagian karet di sisi kanan-kiri dan hitam matte pada plastik yang menjadi casing-nya.

corsair-katar-mouse-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Katar Mouse Review – Tampilan depan

Corsair tidak lupa membubuhkan lampu LED berwarna merah pada logo Corsair di sisi belakang mouse ini—memberikan sedikit kesan mahal dan garang.

corsair-katar-mouse-3-review

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Katar Mouse Review – LED

Meskipun terlihat lebih kecil dari mouse rata-rata, saat digunakan, ternyata mouse ini memiliki bobot yang terbilang pas, tidak terlalu ringan seperti dugaan INIGAME sebelumnya. Saat ditimbang, Corsair Katar memiliki bobot sekitar 85 gram.

BACA JUGA:   Corsair Glaive RGB Review

Tombol dan Scroll Wheel

Corsair Katar hanya memiliki empat tombol yang terdiri dari klik kanan dan kiri, tombol DPI, serta scroll wheel yang bisa diklik. Absennya tombol back dan forward di sisi samping mungkin menjadi salah satu kekuragan mouse ini, mengingat rata-rata mouse sekarang, bahkan yang ekonomis seperti Logitech G102 atau Armaggeddon Foxbatt-III, sudah menyematkan kedua tombol ekstra tersebut.

corsair-katar-mouse-4-review

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Katar Mouse Review – Tampilan atas

Sementara untuk scroll wheel-nya, selain dari permukaan karet berulirnya yang sangat nyaman digunakan, tidak ada hal lain yang spesial mengenainya.

Sensor

Masuk ke teknologi sensor di dalamnya, Corsair Katar memiliki sensor optik dengan rentang kerapatan 100 – 8000 DPI. Melalui tombol DPI yang terletak di belakang scroll wheelgamers dapat mengatur DPI ke dalam 5 stop.

corsair-katar-mouse-5-review

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Katar Mouse Review – Tampilan atas

Masing-masing stopnya bisa diatur secara spesifik menggunakan Corsair Utility Engine yang tersedia di website Corsair.

Kabel

Corsair Katar dilengkapi dengan kabel standar yang dilapisi dengan karet. Meskipun tidak dilengkapi dengan lapisan braided dan terlihat cukup tipis, kabel milik Katar ternyata cukup tangguh dan kaku sehingga tidak membuatnya mudah tertekuk atau kusut.

corsair-katar-mouse-cable-review

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Katar Mouse Review – Kabel

Fitur Tambahan

Mouse ini bisa dibilang minim fitur, terlihat dari tombolnya yang terkesan sangat dihemat. Meskipun begitu, Corsair tetap memberikan kebebasan bagi para gamers untuk melakukan kustomisasi pada masing-masing tombol melalui Corsair Utility Engine.

BACA JUGA:   Logitech G102 Prodigy Review

(Gambar Corsair Utility Engine)

Melalui aplikasi ini, tidak hanya mengubah pengaturan fungsi tombolnya saja, gamers juga dapat mengatur efek pencahayaan logo, DPI, hingga performa sensor.

Performa dan Pengujian

Masuk ke dalam performanya ketika digunakan, Corsair Katar sebenarnya terasa cukup memuaskan. Kepuasan pertama tentu saja dimulai dari bahan matte dan karet di sisi samping yang terasa sangat nyaman, tapi tetap tangguh untuk menjaga agar jari tidak terpeleset saat menggenggam.

corsair-katar-mouse-6-review

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Katar Mouse Review – Genggaman

Kepuasan kedua muncul dari performa sensornya yang terasa akurat di permukaan mouse pad manapun. Tidak hanya itu, pengaturan DPI berjumlah lima stop pun dirasa sangat cukup untuk sebuah mouse.

Pengaturan yang sangat mudah melalui software Corsair Utility Engine menjadi poin plus berikutnya. Semua hal yang gamers butuhkan di sini tersaji dengan rapi dan jelas.

review corsair katar software

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Utility Engine

Setelah bicara tentang berbagai kelebihannya, tiba saatnya masuk ke beberapa kekurangan yang INIGAME temui. Salah satunya sudah disebutkan di awal tadi, di mana minimnya jumlah tombol yang hanya terdiri dari empat buah saja tanpa kedua tombol samping.

BACA JUGA:   Armaggeddon Foxbat-III Review

Selain memangkas fungsi ekstra saat bermain game, absennya kedua tombol forward dan back ini juga seringkali berdampak pada fleksibilitas saat bekerja.

corsair-katar-mouse-8-review

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Katar Mouse Review – Genggaman

Beranjak dari tombolnya, kekurangan berikutnya yang INIGAME temui adalah bentuknya yang tergolong mungil. Di sisi lain, Corsair Katar mungkin memang cocok untuk bentuk tangan yang kecil yang menggemari gaya genggam claw grip. Akan tetapi, bagi para pemilik tangan berukuran besar dan jari panjang, mungkin tidak akan nyaman menggunakan mouse ini.

Bahkan bagi beberapa bentuk tangan, jari kelingking mereka tidak mendapatkan pijakan sedikitpun di sisi samping mouse ini.

Kembali ke penggunaan mouse-nya sendiri, gamers tidak perlu ragu lagi dengan kualitas bahan dan ketahanannya. Bahkan muncul impresi lain setelah beberapa lama menggunakannya di mana mouse ini terasa padat dan kokoh—sehingga tidak perlu diberi perhatian khusus ketika ingin dibawa kemana-mana.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Corsair Katar bisa dikatakan sebagai salah satu mouse pilihan bagi para gamers yang mementingkan performa dan kepastian kualitas sebuah brand ternama seperti Corsair. Pasalnya, selama digunakan beberapa minggu, memang terasa built quality di setiap sudut dan teknologi di dalamnya patut diacungi jempol.

corsair-katar-mouse-7-review

INIGAME STOCK IMAGE: Corsair Katar Mouse Review

Akan tetapi, sedikit catatan bagi gamers yang lebih mementingkan tingkat ergonomis dari sebuah mouse, ada baiknya mempertimbangkan lebih lanjut sebelum meminang mouse ini. Terlebih karena seperti yang telah dibahas tadi, Corsair Katar terasa lebih berpihak bagi para gamers yang memiliki tangan berukuran sedang sampai kecil.

Di luar itu, bagi para gamers yang tertarik dan sudah memutuskan untuk memiliki mouse ini, dapat membelinya mulai dari harga Rp495.000,- di INIGAME Store.

https://youtu.be/Xb4-ObIsLfk

Continue Reading

More in News

MUST READ

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!