Connect with us

INI Cara Mendapat Sponsor Untuk Tim eSports

cara mendapatkan sponsor esports

eSports

INI Cara Mendapat Sponsor Untuk Tim eSports

INIGAME.ID – Dalam beberapa tahun terakhir, eSports menjadi niche game yang semakin diminati dan mendapat banyak perhatian dengan masuknya berbagai serial game dan nuansa baru.

Jenis game eSports yang sebelumya terbatas satu, dua sampai tiga tipe (FPS, Strategy, & Arcade/Fighting) kini semakin berkembang dengan jenis-jenis baru.

Bahkan hingga dari segi perangkat game eSports yang semula hanya terbatas untuk PC hingga Console pun kini hadir di Mobile.

Dengan berkembangnya eSports, seiring berjalan dengan mulai bermunculannya tim-tim eSports baru yang hadir untuk menunjukan eksistensinya.

Namun, hal krusial yang sering di hadapi oleh tim eSports baru adalah dalam mencari sponsor untuk menunjang operasional dan nafas dalam keberlangsungan tim.

Berikut cara untuk tim eSports dalam mendapatkan Sponsor.

1. Bentuk Kepengurusan Struktural Tim eSports

Layaknya suatu perusahaan yang well-organized, tim eSports juga harus memiliki kepengurusan struktural yang tertulis dan jelas.

Tanpa adanya struktural yang jelas, tentu hal ini menandakan ketidak seriusan dari tim eSports tersebut dalam kepengelolaan tim.

Tidak ada Calon Sponsor yang bahkan mau meneruskan mengenal tim eSports bila dari awalnya saja tidak memiliki kepengurusan struktural yang jelas.

2. Target Tim eSports

Memiliki VISI dan MISI dari tim eSports WAJIB harus dimiliki untuk dapat menjelaskan posisi dan pandangan tim eSports.

Apa yang mau dicapai dari tim eSports dalam sebulan, setahun, 5 tahun atau tahun-tahun kedepan nantinya ?

Kenapa tim eSports kamu harus ada ? Perubahan apa yang mau dilakukan ? Menguasai Dunia ?

Dengan tim eSports melampirkan target yang ingin dicapai tentu dapat terlihat keseriusan dari tim dalam mengelola kepengurusan.

Calon Sponsor akan senang dengan melihat target dari tim eSports yang OPTIMIS dan REALISTIS.

3. Name is Matter, Brand is King.

Coba gamers lihat, adakah tim eSports profesional di kancah Nasional dan Internasional yang memiliki nama yang too weird.

Atau, yang mempunyai nama tanpa makna ( Pocong Kok Loncat eSports ?) Nope.

BACA JUGA:   Moon Dikeluarkan, Miracle- dan Cr1t- Juga Meninggalkan OG

Definisikan nama dari tim eSports kamu dengan sangat serius dan pastikan ada alasan kuat kenapa nama tersebut menjadi lambang dari tim eSports gamers.

Dari Nama yang baik tentu akan dapat membuat brand dari tim eSports menjadi semakin mudah dan cepat terbentuk sehingga seiring berjalannya waktu, tim eSports akan lebih diakui publik.

Membentuk brand dari tim eSports merupakan faktor krusial yang harus dijaga oleh tim eSports.

Pastikan tim eSports telah menentukan persona dari brand yang ingin dibentuk kemudian kelola dan jaga dengan baik.

Brand itu tidak hanya nama, banyak dari kesatuan faktor yang kemudian membentuk hal yang disebut brand.

Saya akan membahas brand lebih dalam pada artikel berikutnya, namun untuk kali ini mari berfokus dulu pada topik artikel ini.

Naming dan Branding dari tim eSports inilah yang juga menjadi salah satu aset dan faktor pendukung dari tim eSports untuk menjadi bargain yang dapat dipertimbangkan oleh calon Sponsor.

4. Achievement is GOAL

Ketika tim eSports gamers baru terbentuk, jangan terburu-buru untuk langsung mengajukan/menawarkan diri ke calon Sponsor.

Kumpulkan dulu penghargaan/prestasi yang telah diraih dan sebanyak mungkin.

Penghargaan/prestasi dari kemenangan tim eSports merupakan bukti dari hasil kerja keras tim yang tidak dapat terbantah dan faktor ini sangat penting untuk menjadi bargain power dari tim eSports.

Tidak ada batas minimal penghargaan/prestasi berapa baru kemudian mengajukan diri ke Sponsor, namun semakin banyak tentu akan semakin baik dan juga memperbesar chance untuk dapat diterima Sponsor.

5. Attitude is EVERYTHING

Let’s say tim eSports gamers sudah well-known di publik dan memiliki sejumlah penghargaan/prestasi yang ada dimana-mana.

BACA JUGA:   INI Roster League of Legends Terbaru Revival e-Sports

Namun, attitude yang dimiliki satu atau dua dari lima anggota tim eSports sangatlah toxic sampai sudah menjadi rahasia umum serta memiliki beberapa kasus entah drama atau masalah lain.

Hal ini akan menjadi concern yang sangat serius bagi calon Sponsor untuk dapat menerima dan mendukung tim eSports gamers.

Tidak jarang kasus dari Sponsor yang telah memberikan sponsorship dari tim eSports sudah berlangsung kontrak satu sampai dua tahun kemudian mencabut di tengah jalan karena ada satu atau dua dari anggota tim eSports yang bermasalah.

Attitude yang negatif tentu sedikit banyak akan memberikan dampak tidak baik kepada satu dan dua pihak bahkan juga kepada fans dari tim eSports.

Pastikan Tim eSports memiliki disiplin dan sikap yang baik serta kelola dan jaga untuk dapat membangun integritas yang kuat.

6. Networking – Follow Up – Networking

Pastikan tim eSports memiliki satu atau dua orang yang in-charge di bagian business untuk dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dengan tim.

Biarkan atlit fokus dengan game dan fokuskan orang bisnis ini untuk dapat mencari cara bagaimana mengoptimalkan dari profil, prestasi, dan aktifitas tim kepada calon client atau sponsor.

Kontak calon client/sponsor dengan media yang sesuai dan benar, jangan langsung nabrak main telepon bila kebetulan memiliki informasi nomor telepon dari calon client/sponsor.

Perkenalkan diri terlebih dahulu via sms/whatsapp chat atau email sebelum menghubungi langsung via telepon.

Jangan lupa untuk follow up setiap partnership dan jangan biarkan clientsponsor menunggu lama dalam proses interaksi.

BACA JUGA:   Dota 2 Patch 7.00, Berikan Scepter Effect Baru dan Hero Talent Tree

Perhatikan juga jam dalam membalas email kepada client/sponsor, jangan membalas email di atas jam 6 malam untuk tetap menjaga privasi dan profesionalitas.

Ikuti setiap acara event yang memiliki potensial client/sponsor yang dapat dilakukan networking.

7. ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi )

Lakukan proses pengamatan terhadap tim eSports yang gamers idolakan dan memiliki kemiripan dengan tim eSports yang ingin gamers buat.

Lihat hal apa saja yang baik untuk dapat kemudian dikembangkan dan singkirkan hal yang gamers rasa kurang baik.

Kompetisi game apa saja yang telah di ikuti, media sosial apa saja yang digunakan dalam berinteraksi dengan para fans-nya, tipe konten apa saja yang diterbitkan setiap harinya, dan banyak hal lain dapat di analisa.

Dengan mengetahui aktifitas yang dilakukan, tentu tidak akan membuat gamers terlalu clueless dalam membuat step by step awal dalam membangun tim eSports.


Apakah INIGAME menerima sponsor tim eSports ? YES ! Kami sedang mencari tim 3 eSports untuk di sponsori di tahun 2019.

Bagaimana cara mendapat sponsor dari INIGAME ?

  • Kirim Proposal ke [email protected]
  • Subject [Proposal Sponsorship] –
  • Lampirkan proposal dari tim eSports.
  • Dalam email, perkenalkan tim dengan jelas dan berikan alasan, mengapa harus mensponsori tim eSports gamers.
  • Pastikan dalam Proposal yang dilampirkan juga diberikan informasi Start Benefit yang dapat diberikan dan juga Expected Benefit dari INIGAME yang diharapkan.
  • Baik Proposal tersebut DITERIMA atau DITOLAK akan tetap INIGAME balas dalam dan kurang 1 MINGGU sejak email diterima.
  • Due Date: 30 MEI 2019. (DIPERPANJANG, SEBELUMNYA 30 APRIL 2019)

Demikian informasi dari INIGAME yang dapat di bagikan dalam bagaimana cara gamers mendapat sponsor untuk tim eSports.

Semoga dapat membantu gamers dalam memberikan pandangan baru kedepannya.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: [email protected]

More in eSports

To Top