Connect with us

ASUS ROG GL752VW Review

ASUS ROG GL752 VW Review

Notebook

ASUS ROG GL752VW Review

INIGAME.ID – ASUS telah dikenal dengan komitmennya untuk memberikan kepuasan bagi para gamers melalui deretan produknya yang diberi label Republic of Gamers (ROG). Produk ROG sendiri memiliki varian yang terbilang luas, mulai dari Entry Gaming, Amateur, hingga Harcore/ Pro-Gaming.

Pada kesempatan kali ini, INIGAME akan mengulas salah satu laptop yang masuk ke dalam kategori Entry Gaming, yaitu ROG GL752VW.

asus rog gl752 vw review audio body

Meskipun tergolong di kelas yang paling rendah, seperti apa performa yang ditawarkan oleh laptop ini? Berikut pembahasannya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Saat pertama kali melihatnya, GL752 sebenarnya terlihat sangat jauh dari kesan Entry Gaming, terutama bagi para gamers yang dulunya menggunakan “laptop biasa”. Memiliki casing berlapis aluminium berwarna abu-abu gelap dengan kontur yang cukup unik di permukaan dan sudutnya, laptop ini mampu membuat image penggunanya sebagai seorang gamer profesional.

asus rog gl752 vw review permukaan

ASUS ROG GL752VW memiliki dimensi 41,5 x 27,3 x 3,8 cm dengan bobot sekitar 3 kg.

Spesifikasi Internal

Untuk kemampuan kinerja, ASUS ROG GL752VW diperkuat dengan prosesor Intel Core i7 – 6700HQ 2,6 GHz (maksimal 3,5 GHz). Sementara untuk kebutuhan visualnya, laptop ini memiliki GPU Nvidia GTX 960M dengan VRAM 4 GB GDDR5 dan Intel HD Graphics 530 untuk menangani keperluan grafis ringan.

asus rog gl752 vw review cpu

asus rog gl752vw 3d mark gpu

Untuk menjalankan program di dalamnya, GL752 dibekali dengan RAM berkapasitas 4 GB. Gamers dapat menambah kemampuan laptop ini dengan menambahkan kapasitas RAM hingga 32 GB (2 x 16 GB). Sementara untuk kebutuhan penyimpanan data, tersedia satu HDD dengan kapasitas 1 TB.

asus rog gl752 vw review general

Monitor

GL752 memiliki monitor 17,3 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 yang terlihat sangat jernih dalam menampilkan gambar. Meskipun mengusung panel TN, laptop ini tetap mampu menawarkan kontras warna yang cukup baik mendekati apa yang dapat dicapai oleh panel IPS.

asus rog gl752 vw review monitor

Meskipun terletak di sisi kiri dan kanan dengan ukuran yang tidak terlalu besar, engsel monitor ASUS GL752VW memiliki grip yang sangat kuat, sehingga saat dibuka tutup dengan cepat sekalipun, sama sekali tidak ada guncangan yang terlihat.

Keyboard dan Touchpad

Saat dibuka, penampakan ciri khas ROG langsung terlihat jelas di atas keyboard-nya dengan sentuhan warna merah yang kontras di atas setiap keycaps-nya.

Dari segi performa, keyboard yang dilengkapi dengan backlight berwarna merah ini terkesan mirip seperti keyboard ASUS pada umumnya. Akan tetapi, ada kesan sedikit membal untuk keyboard yang satu ini yang membuatnya terasa lebih nyaman saat ditekan.

asus rog gl752 vw review keyboard

Sementara untuk touchpad-nya terbilang cukup menarik dari segi desainnya dengan garis merah tipis sebagai penghiasnya, namun tidak ada yang spesial dari segi performanya.

Audio

Untuk kebutuhan audio, ASUS ROG GL752VW menggunakan teknologi Sonic Master yang dilengkapi dengan software ROG Audio Wizard untuk mengatur preset tertentu untuk berbagai kebutuhan yang berbeda.

asus rog gl752 vw review audio speaker

Untuk output-nya, GL752 memiliki dua buah speaker di sisi atas keyboard dan sebuah bass di bagian bawah laptop. Suara yang dihasilkan terasa cukup jernih dan bertenaga.

asus rog gl752 vw review audio bass

Konektivitas

Untuk kebutuhan konektivitas, di sisi kiri, terdapat power/ charging portmini display port, HDMI, RJ45 untuk koneksi LAN, 1x USB 2.0, dan 1x USB type C.

asus rog gl752 vw review sisi kiri

Sementara di sisi kanan, laptop ini menghadirkan DVD Drive, 2x port USB 2.0, microphone-in jack, dan headset-out jack.

asus rog gl752 vw review sisi kanan

Performa dan Baterai

Seperti yang disinggung di awal tadi, meskipun masuk ke dalam kategori Entry Gaming, ASUS ROG GL752VW mampu menghadirkan performa yang terbilang baik saat dites. Menggunakan aplikasi benchmark Unigine dan 3D Mark, berikut adalah hasil beberapa tes yang telah dilakukan.

asus rog gl752 vw review unigine heaven high

asus rog gl752 vw review unigine heaven ultra

asus rog gl752 vw review unigine valley ultra

asus rog gl752 vw review unigine valley ultra

asus rog gl752 vw review fire strike extreme

asus rog gl752 vw review fire strike ultra

Sementara untuk kebutuhan bermain game, laptop ini mampu secara konsisten menghadirkan performa yang baik. Contohnya, saat digunakan untuk memainkan Overwatch dengan pengaturan High, GL752 mampu menjalankannya dengan frame rate rata-rata 60-75 fps.

Sedikit catatan, setelah digunakan untuk bermain selama 1 jam non-stop, sisi kiri keyboard dekat area pembuangan akan terasa cukup hangat. Hal ini memang tidak terlalu mengganggu, akan tetapi sebaiknya laptop diberi istirahat sejenak setiap satu jam, mengingat udara yang dikeluarkan dari lubang ventilasi terbilang cukup panas.

Dari segi penggunaan daya, laptop yang dibekali dengan baterai berkapasitas 3200 mAH ini mampu bertahan selama sekitar 4,5 jam dalam kondisi idle. Sementara saat digunakan secara terus menerus untuk kebutuhan mengetik, browsing, dan menonton dengan brightness 50-60%, baterai mampu bertahan sekitar 2 jam 15 menit. Lalu, saat digunakan untuk bermain game secara terus-menerus, dalam waktu 1 jam, baterai sudah harus diisi ulang.

Kesimpulan

ROG GL752VW merupakan sebuah gaming laptop yang cocok untuk para calon gamers profesional yang membutuhkan mesin yang cukup kuat dalam menjalankan mayoritas game menengah ke atas di zaman sekarang.

asus rog gl752 vw review keseluruhan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, dengan desainnya yang cukup garang, hingga kemampuan komponen di dalamnya saat menjalankan pekerjaan yang cukup berat, pemiliknya tidak perlu ragu untuk menyebut dirinya sendiri sebagai seorang (calon) gamer profesional saat menggunakan laptop ini.

ASUS ROG GL752VW telah hadir di Indonesia, dan gamers bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp17.799.000,- untuk spesifikasi seperti yang telah disampaikan di atas. Bagi yang merasa kurang, gamers juga masih dapat menambah kapasitas RAM dan SSD untuk mengejar kebutuhan performa yang diinginkan.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.
Continue Reading
You may also like...

More in Notebook

To Top