Connect with us

ASUS ROG GL502VT Review

asus rog gl502vt review

Notebook

ASUS ROG GL502VT Review

INIGAME.ID – ASUS dengan lini Republic of Gamers miliknya tampaknya kembali akan menjadi topik yang akan dibahas dalam kesempatan review kali ini.

Kini giliran ASUS ROG GL502VT yang hadir menemani INIGAME selama beberapa waktu.

asus rog gl502 vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Laptop ini digadang sebagai mesin gaming kelas menengah atas dengan beragam kelebihan dari segi komponen di dalamnya. Belum lagi ASUS juga menyertakan sebuah mouse gaming standar di dalam paket penjualannya sebagai pelengkap.

asus-rog-gl502vt-review-mouse

Lalu, kira-kira seperti apa performanya? Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Sebelum melihat lebih jauh mengenai desain dan tampilannya, ada hal menarik yang sangat mencuri perhatian saat pertama kali INIGAME melihat unit review ini. Hal ini adalah kesan warna Magenta yang terpampang di logo dan keycaps miliknya.

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Bagi yang belum tahu, ASUS ROG dikenal luas dengan warna merah/ jingga di hamper seluruh lini laptop-nya.

Oleh karena itu, kehadiran warna magenta menjadi keunikan tersendiri yang membuat laptop ini menjadi terlihat sangat seksi dibanding laptop ROG lainnya.

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

 

Sedikit beranjak dari warna dan logonya yang sangat mencuri perhatian tadi, laptop ini memiliki bentuk layaknya laptop ROG pada umumnya yang terkesan minimalis, tapi tetap mewah dengan lapisan brushed aluminium di bagian casing-nya.

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Gamers dapat menemukan beberapa lampu indikator standar di sisi belakang touchpad, sementara di sisi depan, terdapat exhaust fan yang kembali lagi, dibuat dengan kesan warna magenta.

Dari segi fisik, GL502 memiliki ukuran 390 x 266 x 23,5 mm dengan bobot sekitar 2,2 kg.

Spesifikasi Internal

Seperti kabar yang beredar, laptop ini memiliki spesifikasi yang sedikit lebih komplit dibanding apa yang ditawarkan gaming laptop pada umumnya.

Unit ROG GL502VT yang INIGAME terima dibekali dengan prosesor Intel Core i7-6700HQ dan RAM sebesar 16 GB DDR4 (2 x 8 GB).

Sementara untuk kebutuhan grafis, laptop ini dipersenjatai dengan Nvidia GTX 970M dengan VRAM sebesar 14 GB. Dan untuk melakukan kinerja yang lebih ringan, GL502 memiliki Intel HD Graphics 530.

Untuk kapasitas penyimpanan, laptop ini memiliki HDD dengan kapasitas 1 TB dan SSD berkapasitas 256 GB untuk tempat pemasangan OS.

Monitor

ASUS ROG GL502VT memiliki monitor berukuran 15,6 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080. Memiliki lapisan anti-glare, monitor milik laptop ini tetap mampu menampilkan gambar dengan cukup jelas meskipun terpapar cahaya luar.

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Di bagian atas monitor, ASUS menyematkan webcam dengan kualitas 720p lengkap dengan built in mic.

Tidak hanya dari warna yang terlihat cukup akurat, dari panel dan engselnya pun, GL502 memiliki fisik yang kuat dan tidak terasa ringkih saat dibuka tutup.

Keyboard dan Touchpad

Saat melihat keyboard-nya, warna magenta di atas keycaps dan batas touchpad yang sangat cerah sekali lagi menjadi hal pertama yang mencuri perhatian.

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Sayangnya, tidak seperti logonya yang juga berpendar dengan warna magenta, warna backlight yang terpasang malah berwarna merah.

Hal yang sebenarnya sederhana, tapi mungkin bisa membuatnya terasa kurang maksimal bagi beberapa orang.

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Dari segi performa keyboard-nya, tidak banyak hal yang bisa dikomentari. Sama seperti kayboard ROG lainnya, setiap key-nya terasa cukup baik untuk ukuran sebuah laptop. Layout-nya terlihat bagus dan rapi, tanpa ada satu key pun yang dikorupsi ukurannya.

asus rog gl502 vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Sama seperti keyboard-nya, touchpad milik GL502 juga terbilang standar untuk ukuran sebuah laptop. Beragam fitur seperti multi touch dan palm rejection dapat berjalan tanpa ada kendala.

Audio

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

ASUS menggunakan teknologi SonicMaster dan ICE Power yang diklaim mampu menghadirkan kualitas yang baik.

Sayangnya, saat melakukan pengujian, kualitas audio saat menggunakan speaker terdengar kurang memuaskan karena terkesan kurang bertenaga dan tidak terlalu jernih.

Saat melakukan beberapa pengaturan filter menggunakan software ICE Power pun, kualitas audio masih terdengar kurang memuaskan.

Konektivitas

Seperti spesifikasi internal yang dihadirkan, ASUS ROG GL502VT juga membawa sederet keperluan konektivitas yang lengkap.

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Di sisi kiri, gamers dapat menemui power port, LAN portmini display port, HDMI port, USB 2.0, dan 1x USB type-C.

Sementara di sisi kanan terdapat Kensington Lock, SD Card Reader, 2x USB 2.0, dan audio jack 3,5 mm combo.

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Performa dan Baterai

Dengan spesifikasi yang berada sedikit di atas rata-rata tadi, ASUS ROG GL502VT berhasil membuktikan dirinya untuk menjalankan beragam tes yang dilakukan.

asus rog gl502vt review

ASUS ROG GL502VT Review

Seperti biasa, INIGAME menggunakan beberapa software benchmark seperti Unigine Engine dan Heaven, serta 3D Mark. Berikut adalah hasil selengkapnya.

asus-rog-g502-strix-review-time-spy

asus-rog-g502-strix-review-fire-strike

asus-rog-g502-strix-review-fire-strike-extreme

review-asus-rog-g502vt-unigine-valley-high

review-asus-rog-g502vt-unigine-valley-ultra

review-asus-rog-g502vt-unigine-heaven-ultra

review-asus-rog-g502vt-unigine-heaven-high

Untuk menjalankan game, INIGAME menggunakan beberapa game yang membutuhkan kinerja menengah ke atas seperti Overwatch, Rise of the Tomb Raider, dan Forza Motorsport 6 Apex.

asus-rog-g502-strix-review-rise-of-the-tomb-raider-benchmark

Semua game tadi dapat berjalan dengan sangat baik meskipun menggunakan pengaturan maksimal.

Berbicara tentang penggunaan ekstrem, ASUS cukup berhasil melakukan pembuangan panas sehingga membuat bagian keyboard di sisi tengah ke bawah sama sekali tidak terasa panas.

Sayangnya, udara yang terasa sangat panas justru terasa di bagian atas keyboard dan bagian monitor.

Meskipun tidak terasa oleh tangan yang seringnya berada di bagian tengah keyboard, udara yang demikian panas di sisi atas ini justru malah berbahaya untuk monitor yang terpapar udara panas langsung dari exhaust fan.

asus-rog-g502-strix-review-battery-normal-using

asus-rog-g502-strix-review-battery-high-use

Dari segi performa baterai, GL502 dapat bertahan selama sekitar 4 jam dalam pemakaian normal, serta 1 jam lebih untuk pemakaian ekstrem.

Kesimpulan

Secara keseluruhan ASUS ROG GL502VT berhasil membuktikan dirinya sebagai sebuah mesin gaming yang sangat tangguh untuk menjalankan berbagai macam pekerjaan berat.

Tidak hanya dari segi performa yang memumpuni, laptop ini juga dengan mengejutkan berhasil menarik perhatian dari segi tampilan luarnya yang kini hadir dengan versi warna terbaru, magenta.

Hal ini mungkin sepele bagi beberapa orang, akan tetapi, justru karena hal sepele inilah ASUS tampak sangat berani mengambil resiko untuk menyasar target pasar yang lebih spesifik—dalam hal ini, gamers perempuan—seperti yang diungkapkan oleh salah satu representatif ASUS Indonesia.

ASUS ROG GL502VT sudah tersedia di Indonesia dan dijual mulai dengan harga Rp24 juta.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in Notebook

To Top