Connect with us

INIGAME

ASUS N501JW Review

ASUS-N501JW-review-cover

Notebook

ASUS N501JW Review

INIGAME.ID – Beberapa waktu lalu, kami sempat melakukan review untuk salah satu gaming laptop dari ASUS, ROG G501JW. Kali ini, giliran saudara kembarnya di lini laptop profesional, ASUS N501JW yang akan kami pelajari lebih dalam. Bagaikan saudara kembar, keduanya memiliki cukup banyak komponen yang kurang lebih sama. Lalu, bagaimana performa yang ditawarkan oleh N501JW? Berikut pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Laptop ini memiliki ketebalan 2,13cm dalam kondisi tertutup. Menggunakan bahan alumunium berwarna silver, baik untuk lapisan bawah, palm rest, dan layar, laptop ini terasa sangat premium dan kokoh. Selain dari segi warna dan logo, sebenarya tidak ada perbedaan yang cukup berarti antara kedua laptop ini.

ASUS N501JW

Bobot laptop ini hanya sekitar 2,3kg. Bobot dan ketebalan N501J sedikit lebih berat dan besar dibandingkan G501JW, namun tetap mudah dibawa kemana-mana dan ringkas.

Spesifikasi Internal

Pada unit review yang kami terima, spesifikasi yang kami miliki terdiri dari Intel Core-i7 4720 HQ 2,6GHz yang didukung dengan 16GB DDR3L 1600 MHz SDRAM.

ASUS-N501JW-internal

Untuk menunjang keputuhan visual, ASUS N501JW diperkuat dengan GPU Nvidia GTX960M. Sementara untuk kapasitas penyimpanan, N501JW memiliki SSD M.2 128GB dan HDD 5400RPM berkapasitas 1TB.

Monitor

Sama seperti ROG G501JW, N501JW menggunakan layar IPS panel dengan lapisan doff dan anti glare yang tidak memantulkan cahaya dan menjadikannya nyaman digunakan sekalipun di luar ruangan. Resolusi layar yang ditawarkan juga mampu mencapai 4K UHD (3840 x 2160), menghasilkan tampilan layar semakin jernih.

ASUS-N501JW-G501JW

Secara sekilas, N501JW memiliki layar yang cukup tipis, namun hampir tidak terasa ringkih pada bagian engselnyamembuat laptop ini terasa kuat dan tidak mengkhawatirkan saat digerakkan layarnya

Keyboard dan Touchpad

ASUS N501JW menggunakan full-sized keyboard—yang artinya keyboard laptop ini dilengkapi dengan numpadkey. Sayangnya keyboard di laptop ini tidak memiliki backlight LED untuk mendukung penggunaan di tempat yang kurang cahaya. Hal ini menjadi sebuah kekurangan dibandingkan saudara kembarnya, ROG G501JW yang memiliki backlight berwarna merah.

ASUS-N501JW-keyboard

Ketika dicoba untuk mengetik, keyboard laptop ini memiliki key travel yang baik dan nyaman digunakan serta memiliki feedback yang cukup terasa namun tidak berisik.

Sebagai sebuah full sized keyboard, ASUS tetap memasang layout yang serupa seperti keyboard di laptop lainnya. ASUS hanya melakukan perubahan pada ukuran arrow key dan numpad  yang bagi beberapa pengguna mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri.

N501JW memiliki touchpad berbahan doff dan terasa halus. Seperti lapisan doff pada umumnya, touchpad ini sepertinya juga bisa perlahan pudar dalam jangka waktu lama. Akurasi touchpad terasa cukup baik dengan feedback klik kiri dan kanan yang responsif dan memuaskan.

Audio

Untuk kebutuhan audio, ASUS N501JW memiliki 2 stereo speaker yang diletakkan di bawah laptop hasil kerjasama dengan SONICMASTER – ICE Power | Bang Alufsen Technology. ASUS juga meletakkan software Audio Wizard untuk pengguna yang ingin mengutak atik karakter suaranya.

Kekurangan di segi audio terletak pada suara bass yang terasa kurang kuat dan kurang jelas. Hal ini mungkin diakibatkan oleh peletakkan speaker yang menghadap langsung ke bawah.

Konektivitas

Persis seperti ROG G501JW, di sisi kiri N501JW terdapat power input, mini display port, HDMI, 1 x USB 3.0. Pada sisi depan ASUS hanya meletakkan lampu indikator untuk power, baterai, dan HDD activity. Pada sisi kanan terdapat 2 x USB 3.0, card reader, dan lubang headphone & microphone combo. Tidak ada port apa pun pada sisi belakang, namun jika diperhatikan di antara engsel laptop, terdapat lubang exhaust dan intake untuk airflow.

ASUS tidak meletakkan port LAN dan untuk keperluan VGA display, harus menggunakan converter tambahan. Untuk port LAN ASUS menyediakan USB to LAN converter. Untuk kebutuhan visual eksternal, terdapat mini display to VGA.

Performa dan Baterai

Meskipun bukan ditujukan khusus untuk para gamers, dengan dapur pacu N501JW yang sama seperti ROG G501JW membuatnya mampu melahap beberapa game berat yang kami coba mainkanseperti DotA2, World of Warships, CS:GO, dan GTA V. Kami juga melakukan test benchmark dengan menggunakan software 3DMark11, Unigine Heaven, dan Unigine Valley. Berikut adalah informasi selengkapnya.

ASUS-N501JW-dota2

DotA2 (1080p) , High Settings, 100% render, mencapai 40-55fps/ 30-40fps ketika kondisi ramai

ASUS-N501JW-CS-GO

CS:GO (1080p), High Settings, VSync off, mencapai 55- 60fps

ASUS-N501JW-GTA-V

GTA V (1080p), Medium – Low Settings, TXAA & MSAA off, mencapai 34- 55fps

ASUS-N501JW-WOW

World of Warship (1080p), High Settings, Vsync off mencapai 30-58fps

ASUS-N501JW-firestrike

3D Mark Test – Fire Strike

ASUS-N501JW-firestrike-ultra

3D Mark Test – Fire Strike Ultra

ASUS-N501JW-cloudgate

3D Mark Test – Cloud Gate

ASUS-N501JW-skydive

3D Mark Test – Sky Diver

ASUS-N501JW-heaven

Unigine Heaven (1080p), Medium Settings

ASUS-N501JW-valley

Unigine Valley (1080p), Medium Settings

Dari segi penggunaan daya, ASUS menyematkan baterai sebesar 6000mAh dalam N501JW. Dalam keadaan stand by dan tingkat penerangan layar 20% baterai mampu bertahan selama kurang lebih 3 jam. Perlu diingat bahwa model yang direview memiliki layar 4k UHD sehingga akan lebih memakan banyak daya.

Dalam penggunaan normal (mengetik, browsing, tingkat penerangan layar 50%) baterai mampu bertahan selama sekitar 2 jam 30 menit. Saat digunakan untuk bermain game secara intens, N501JW mampu bertahan selama 1 jam 40menit. Performa yang sangat serupa dengan saudara kembarnya.

Kesimpulan

Dari segi hardware, ASUS N501JW benar-benar mirip dengan ROG G501JW. Perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi tampilandi mana G501JW tampil dengan gaya “gaming banget” sementara N501JW tampil dengan gaya “eksekutif banget”.

ASUS-N501JW-G501JW-compare

Memiliki layar dengan resolusi 4K, tampilan yang kaya warna dan jernih, N501JW sangat mampu memenuhi konsumsi multimedia. Akan tetapi, dengan kualitas layar setajam itu, laptop ini cenderung memakan daya yang cukup besar dalam penggunaannya.

Dari segi body, penggunaan material aluiminium dan bentuk yang tipis membuat suhu laptop ini cepat naik. Akan tetapi, N501JW tetap mampu untuk melakukan pekerjaan yang cukup berat berkat komponen tangguh di dalamnya.

Continue Reading
You may also like...
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!