Armaggeddon MKA-3C Review
Connect with us

Armaggeddon MKA-3C Review

armaggeddon-mka-3c-cover-review

News

Armaggeddon MKA-3C Review

INIGAME.ID – Armaggeddon dikenal sebagai salah satu vendor peripheral gaming yang mampu menghadirkan berbagai produk dengan harga yang sangat kompetitif, tanpa memangkas kualitasnya.

Setelah beberapa waktu lalu INIGAME mengulik salah satu mouse terbarunya, Foxbat 3, kini giliran keyboard mechanical-nya, Armaggeddon MKA 3C yang akan diuji. Kira-kira apa saja kejutan yang dihadirkan oleh tenkeyless mechanical keyboard ini?

armaggeddon-mka-3c-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C

Setelah sekitar 1 minggu menggunakannya untuk mengetik dan bermain game, berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Saat pertama kali melihatnya, Armaggeddon MKA-3C berhasil memberikan impresi yang cukup baik untuk sebuah keyboard gaming. Mengusung format tenkeylesskeyboard ini terasa sangat kompak dan to-the-point tanpa menyematkan ornamen-ornamen tambahan yang tidak perlu.

armaggeddon-mka-3c-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C – Tampilan Atas

Di sisi atasnya, keyboard ini dilapisi dengan bahan metal yang terlihat kokoh. Terdapat sedikit hiasan nama keyboard ini yang ditemani dengan dua lampu untuk menandakan aktif atau tidaknya tombol caps lock dan Windows lock.

armaggeddon-mka-3c-button-arrow--review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C – Lampu Indikator

Sementara di bagian bawahnya, keyboard ini tampil dengan sangat sederhana dan dilapisi dengan bahan plastik. Selain logo dan nomor seri produk, hanya ada bantalan karet di sisi bawah dan sepasang kaki di bagian atas untuk menaikkan dan menurunkan ketinggian keyboard.

armaggeddon-mka-3c-back-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C – Tampilan Bawah

Sebagai gambaran teknis, keyboard ini memiliki ukuran dimensi 365mm x 125mm x 32.5mm dengan bobot sekitar 870 gram.

BACA JUGA:   INI 5 Top Merek Gaming Gear Murah Namun Berkualitas

Keycaps

Kembali ke bagian atas, keyboard ini menggunakan keycaps berwarna hitam yang memiliki permukaan cekung yang standar dan nyaman digunakan.

armaggeddon-mka-3c-key-caps-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C – Tampilan Keycaps

Di beberapa tombol, terdapat juga gambar yang menampilkan fungsi sekunder dari sebuah tombol, seperti contohnya untuk menaik-turunkan tingkat kecerahan dan efek backlight, hingga fungsi multimedia.

Switch

Pada unit yang INIGAME terima, Armaggeddon MKA 3C dilengkapi dengan Content Blue Switch. Sebagai gambaran dan bagi yang belum pernah tahu, kesan yang dimiliki Content Switch sangat identik dengan Kailh Switch. Oleh karena itu, Conten Blue Switch juga merupakan switch yang paling berisik, tapi paling nyaman digunakan untuk mengetik karena tactile feedback yang dimilikinya.

armaggeddon-mka-3c-switch-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C – Switch

Selain memiliki ketahanan hingga 50 juta kali klik, switch ini juga dilengkapi dengan backlight dengan beragam warna.

armaggeddon-mka-3c-switch-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C – LED Backlight

Macro & Tombol Lainnya

Armaggeddon MKA 3C tidak dilengkapi dengan tombol macro. Akan tetapi, seperti yang telah disampaikan tadi, beberapa tombol, khususnya yang ada di deretan F1-F12 tersimpan fungsi sekunder yang bisa diaktifkan menggunakan tombol Fn.

armaggeddon-mka-3c-makro-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C – Fn

Sayangnya, di website-nya, Armaggeddon belum merilis driver untuk fitur kustomisasi lebih di keyboard ini.

BACA JUGA:   Corsair K55 RGB Review

Kabel

MKA 3C dilengkapi dengan kabel sepanjang 1,8 meter dengan lapisan braided yang cukup rapat dan rapi. Kabelnya juga terkesan cukup besar dan kuat, sehingga gamers tidak perlu takut mudah kusut.

armaggeddon-mka-3c-kable-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C – Kabel

Pengalaman Pemakaian

Sebanding dengan apa yang terlihat dari luar, keyboard ini mampu memberikan performa yang terbilang sangat baik di kelasnya.

Seperti yang sempat disinggung di awal tadi, MKA 3C memiliki keycaps yang sangat nyaman digunakan. Dalam melakukan pengetikan, hampir tidak ditemukan kekeliruan yang disebabkan karena desain/ layout keycaps-nya.

armaggeddon-mka-3c-4-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C

Sementara untuk switch-nya, Content Blue Switch memiliki feedback yang terbilang sangat memuaskan. Akan tetapi, untuk ukuran sebuah Blue Switch, kesan tactile-nya seperti kurang berasa. Suara “ribut”-nya memang masih terdengar, tapi tidak terlalu terasa di jari.

Jika dalam mengetik saja MKA 3C sudah berhasil memberikan impresi yang baik, keyboard ini juga sangat cocok menemani aktivitas dalam bermain game. Saat digunakan untuk bermain game dengan pace cepat seperti DotA atau Overwatch, setiap tombol di keyboard ini dapat berkoordinasi secara maksimal dengan gerakan jari.

armaggeddon-mka-3c-button-arrow-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C

Masuk ke dalam backlight-nya, Armaggeddon mampu menyematkan 12 efek lampu yang pergerakkannya beragam tanpa perlu menggunakan software tambahan. Cukup menarik bagi para gamers yang mementingkan penampilan.

armaggeddon-mka-3c-rgb-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C

Berbeda dari komponen di bagian atasnya yang terasa sangat memuaskan, sedikit kekurangan muncul di bagian bawah keyboard ini.

BACA JUGA:   Armaggeddon MKA 3C : Komplit fiturnya, tampil berwarna, cuma setengah juta.

Kekurangan ini memang tidak sepenuhnya buruk, karena hanya muncul ketika kedua kaki di sisi atas dibuka. Kedua kaki yang terbuat dari plastik ini membuat keyboard ini menjadi sangat licin di atas meja.

armaggeddon-mka-3c-back-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C – Kaki

Sebaliknya, jika gamers memutuskan untuk melipat kakinya ini, maka keyboard akan dengan sangat baik mempertahankan posisinya.

Kekurangan ini memang terkesan kecil, akan tetapi bagi beberapa orang yang terbiasa dengan posisi keyboard yang miring menggunakan kaki penopang, hal ini mungkin bisa menjadi kendala.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Armaggeddon MKA 3C merupakan mechanical keyboard yang berhasil tampil memuaskan dari berbagai aspek, mulai dari desainnya yang simpel, layout yang sangat pas dengan posisi jari, hingga tidak ketinggalan performa mechanical switch-nya yang sama sekali tidak mengecewakan.

armaggeddon-mka-3c-3-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon MKA-3C

Hal-hal minor seperti warna backlight, ketiadaan driver, dan kaki penopang yang licin memang menjadi kekurangan. Akan tetapi, bagi para gamers yang lebih mementingkan pengalaman mengetik dan bermain game dengan akurasi yang tinggi—dan tentunya harga yang terjangkau, MKA 3C sangat layak untuk mendapat perhatian dan pertimbangan lebih.

Armaggeddon MKA 3C telah beredar di Indonesia dengan harga mulai Rp540.000,-. Bagi gamers yang tertarik untuk membelinya, bisa segera mengunjungi INIGAME Store yang sudah menjalin afiliasi dengan distributor resmi Armaggeddon, Leapfrog Indonesia.

Beli Armaggedon MKA 3C

More in News

MUST READ

To Top